10 Website Terbaik Untuk Scan Virus Dan Malware Secara Online

Antusias Teknologi – Website Terbaik Scan Virus Dan Malware Online Apabila sobat sering mengunduh file dari internet seperti perangkat lunak, buku elektronik, dokumen atau file musik, file-file ini bisa saja disusupi oleh virus atau malware yang dapat merusak komputer sobat.

Alangkah baiknya untuk memiliki aplikasi antivirus terbaik dalam perangkat android atau PC/laptop. Tetapi apabila belum memiliki aplikasi antivirus yang terpasang sistem maka sobat dapat mengunjungi virus scanner online gratis.

Sobat tidak perlu menginstal apapun baik aplikasi atau perangkat lunak khusus untuk memeriksa suatu file. Sobat hanya perlu menscan file menggunakan scanner virus melalui web browser.

Proses scanning dilakukan pada sisi server sehingga tidak akan mempengaruhi kecepatan dan kinerja dari sistem. Proses pemindaian ini berbeda dari antivirus biasanya. Virus scanner online ini sangat efektif dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Basis data dari virus scanner ini juga selalu diperbaharui sehingga tidak ada kesempatan untuk virus atau malware apapun untuk terlewatkan selama proses scaning sedang berlangsung.

Meskipun virus scanner online ini sangat efektif tetapi sobat tidak dapat membandingkannya dengan perangkat lunak antivirus yang telah diinstal di PC atau Laptop karena layanan ini tidak bisa memberikan perlindungan setiap saat.

Ada banyak pilihan virus scanner online yang tersedia di internet tetapi tidak semuanya efektif. Di artikel ini ada beberapa daftar 10 virus Scanner online terbaik yang sangat efektif dan dapat membuat sobat tetap aman dari serangan malware dan virus. Simak selengkapnya.

Website Terbaik Untuk Scan Virus Dan Malware Online

1. BitDefender Quick Scan

BitDefender Quick Scan

Mungkin sobat sudah mengetahui tentang BitDefender sebagai salah satu nama populer di bidang keamanan internet. BitDefender menawarkan perangkat lunak untuk windows serta virus scanner online. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk memindai harddisk komputer dan file sobat.

Pemindai yang sangat cepat dalam mendeteksi malware dan virus. Serta tidak akan banyak mempengaruhi kecepatan komputer sobat sebagai proses pemindaian karena dilakukan pada server remote Bitdefender. Definisi virus BitDefender selalu diperbaharui sehingga mampu mendeteksi dan mengenali file yang terinfeksi oleh malware dan virus.

2. Virus Total

Virus Total

Virus Total adalah salah satu virus scanner online gratis terbaik. Apabila sobat ingin memindai file tertentu sobat dapat mengupload-nya ke virus total. Virus Total lebih dari sekedar file scanner karena layanan ini bahkan dapat memindai URL dan website.

File dengan ukuran sampai dengan 128 MB dapat sobat upload untuk pemindaian. Virus Total juga menawarkan ekstensi untuk browser seperti Internet Explorer, Chrome dan Firefox dan tersedia juga untuk perangkat android. Bersamaan dengan pemindaian file dan halaman website, lampiran email juga dapat dipindai dengan menggunakan Virus Total.

3. Panda Active Scan

Panda Active Scan

Layanan ini disediakan oleh Panda Security yang mampu mendeteksi semua jenis malware, virus dan trojan. Jika sobat ingin memindai dengan cepat dari beberapa proses yang sedang berjalan, maka dapat memilih opsi Quick Scan.

Apabila komputer sobat sedang dalam kondisi yang kritis sobat dapat memilih pilihan Full Scan. Apabila sobat menggunakan browser Mozilla Firefox layanan ini akan meminta untuk menginstal sebuah add-on di Firefox.

4. Tren Mikro Housecall

Tren Mikro Housecall

Trend Micro Housecall adalah virus scanner online yang disediakan oleh perusahaan keamanan dari Jepang Trend Micro. Saat PC sobat sedang terinfeksi dengan beberapa malware atau virus maka dapat memilih Trend Micro Housecall untuk memindai file yang ada di komputer.

Semua jenis malware, trojan dan virus dapat dideteksi oleh Housecall. Juga tersedia pilihan untuk mengunduh antivirus untuk sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Perangkat lunak antivirus untuk Windows ukuran download-nya hanya sekitar 2 MB, belum termasuk instalasi secara online.

5. Metadefender

Metadefender

Layanan ini sebelumnya dikenal sebagai Metascan Online. Sobat dapat meng-upload file dengan ukuran sampai 140 MB seperti file gambar, dokumen, file ZIP atau EXE. Bersamaan dengan pemindaian berkas yang diunggah, URL website dan alamat IP juga dapat dipindai dengan menggunakan Metadefender.

File yang diunggah ke Metadefender dipindai dengan lebih dari 40 engine antivirus terbaru seperti McAfee, Kaspersky, dan Microsoft. Ketika hasil scan ditampilkan, file dengan tanda hijau berarti aman dan tanda merah adalah file yang berbahaya.

6. Dr. Web

Dr. Web

Dr. Web telah menjadi salah satu yang terdepan dalam hal keamanan online untuk waktu yang lama. Mereka juga menyediakan layanan pemindaian file online secara gratis kepada pengguna di seluruh dunia. Dengan pemindaian secara online ini sobat dapat memindai tautan URL untuk diperiksa apakah website tersebut aman untuk dikunjungi.

Dr. Web juga menawarkan keamanan untuk sistem Android, Windows dan Linux. Ini tentunya juga sangat efektif untuk memindai file dari virus secara online lewat internet.

7. ESET Free Online Scanner

ESET Free Online Scanner

ESET adalah perusahaan keamanan IT terkemuka yang juga menyediakan pilihan pemindaian secara online yang bernama ESET Free Online Scanner. ESET juga menyediakan layanan antivirus untuk berbagai platform seperti Android, Windows, MAC dan Linux.

Perangkat lunak dengan ukuran yang kecil perlu diinstal sebelum menjalankan pemindaian. Semua jenis virus dapat dideteksi dan diperbaiki oleh ESET Free Online Scanner. Layanan dari ESET ini juga kompatibel dengan semua web browser termasuk Google Chrome, Internet Explorer, Firefox, Safari, dan Opera.

8. BullGuard Virus Scan

BullGuard Virus Scan

Sobat sebelumnya perlu menginstal ekstensi browser untuk memulai pemindaian file. Layanan ini kompatibel dengan browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Dibutuhkan sedikit waktu untuk memulai pemindaian setelah menginstal ekstensi pada web browser.

Layanan dari BullGuard ini dapat memindai folder sistem, file dari direktori instalasi program, proses yang sedang berjalan, koneksi jaringan dan file autorun. Setelah proses pemindaian selesai maka akan dihasilkan laporan dari pemindaian.

9. F-Secure Online Scanner

F-Secure Online Scanner

Virus scanner online dari F-Secure adalah pilihan lainnya untuk memindai komputer sobat secara online dan gratis. Sobat hanya perlu menginstal perangkat lunak pada sistem sebelum memulai pemindaian.

Perangkat lunak ini sangat ringan dan kecil ukurannya. Hal ini sangat efektif dalam mendeteksi malware dan melindungi sistem terhadap ancaman virus dan malware.

10. Avira

Avira

Avira antivirus merupakan antivirus yang sangat populer di seluruh dunia dan juga dapat digunakan secara online. Sobat dapat mengirim file untuk memindai file dan tautan.

Sobat perlu mengisi formulir sebelum memulai proses pemindaian dengan rincian seperti nama dan alamat email.

Hasil dari pemindaian akan langsung dikirimkan ke alamat email sobat. Sobat dapat mengupload 5 file secara sekaligus dengan ukuran maksimal hingga 50 MB.

Menjaga sistem yang aman dari serangan malware dan virus sangatlah penting untuk dilakukan karena akan mencegah kehilangan data-data yang sensitif seperti data login, data bank dan data-data pribadi.

Sobat dapat menggunakan 10 website terbaik untuk scan virus dan malware secara online diatas untuk melindungi sistem dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.