10 Aplikasi Yang Harus Anda Miliki Pada Sistem Operasi Windows

Antusias Teknologi – 10 Aplikasi Yang Harus Anda Miliki Pada Sistem Operasi Windows – Sekitar dari 90 persen komputer menggunakan sistem operasi Microsoft Windows yang paling banyak digunakan di dunia. Mungkin Anda saat ini juga menggunakan Microsoft Windows pada sistem komputer Anda. Artikel ini berisi apa saja aplikasi yang harus dimiliki oleh semua pengguna Windows PC.

10 Aplikasi Yang Harus Anda Miliki Pada Sistem Operasi Windows

Apabila anda saat ini baru saja membeli komputer baru dengan sistem operasi windows atau ada rencana ingin membelinya, maka anda harus mengerti mengenai aplikasi yang harus diinstal pada Windows. Apliksi ini sangat diperlukan dalam membantu tugas sehari-hari pada komputer anda.

Daftar aplikasi dibawah ini beberapa fungsinya adalah untuk mendeteksi malware serta menghapus virus, pembaca file PDF, layanan penyimpanan awan, pemutar file multimedia, membuka file zip dan rar dan ada beberapa lagi lainnya.

Semua orang mempunyai kebutuhan aplikasi yang berbeda-beda dan mungkin anda juga ingin menginstal aplikasi edit video, game tertentu, aplikasi edit foto atau aplikasi lainnya.

Di bawah ini adalah daftar aplikasi terbaik yang direkomendasikan untuk di install pada setiap sistem berbasis Windows. Kita akan lanjutkan pembahasannya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi yang harus dimiliki oleh sistem operasi Windows.

10 Daftar Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pada Sistem Operasi Windows

1. Microsoft Office

Microsoft Office

Microsoft Office adalah salah satu aplikasi perkantoran yang paling populer dan harus dimiliki pada setiap sistem operasi windows. Microsoft Office juga dikenal sebagai MS Office.

MS Office adalah paket aplikasi yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Microsoft. Paket dari Microsoft Office termasuk didalamnya seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Access, Outlook, Publisher, dan OneNote.

Setiap aplikasi pada Microsoft Office memiliki fungsi yang unik dan berbeda. Anda dapat membuat dokumen, presentasi, spreadsheet, database dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan jarang ditemukan PC atau laptop dengan sistem operasi Windows dimana Microsoft Office tidak terinstall didalamnya.

Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dan harus dimiliki untuk sistem operasi Windows.

Apabila Anda tidak ingin menggunakan uang hanya untuk membeli aplikasi ini, Anda dapat menggunakan pengganti aplikasi Microsoft Office seperti LibreOffice, WPS Office, atau OpenOffice.

2. Antivirus Avast Dan AVG

Avast Dan AVG

Setelah membeli komputer baru atau setelah menginstal sistem operasi Windows, melindungi sistem dari serangan virus dan malware harus menjadi prioritas yang utama.

Malware serta virus dapat dengan mudah merusak data dan aplikasi dari setiap sistem yang terinfeksi sehingga memerlukan perhatian yang serius.

Antivirus Avast merupakan aplikasi antivirus gratis terbaik dan dapat melakukan pekerjaan-nya dalam melindungi sistem Anda dari serangan virus dan malware. Dalam beberapa pengujian antivirus ini bahkan berhasil mengalahkan antivirus berbayar.

Sementara itu antivirus gratis dari AVG merupakan aplikasi antivirus gratis populer lainnya.

Antivirus ini menyediakan perlindungan dasar dari serangan virus dan malware, dan Anda dianjurkan untuk menginstal-nya.

3. Adobe Reader Dan Foxit Reader

Adobe Reader Dan Foxit Reader

Aplikasi apa yang akan Anda gunakan untuk membuka dan membaca file PDF? Anda dapat menginstal aplikasi Adobe Reader atau Foxit Reader.

Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi untuk membaca file PDF. Adobe Reader adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Dengan Adobe Reader, anda dapat membuka, melihat, membuat, mengedit dan mencetak file PDF.

Foxit Reader adalah alternatif terbaik dari Adobe Reader. Anda dapat melakukan semua tugas dasar seperti membuat, melihat dan mengedit file PDF. Foxit Reader merupakan pembaca PDF yang sangat cepat dan telah diunduh oleh lebih dari 275 juta pengguna di seluruh dunia.

4. CCleaner

CCleaner

CCleaner adalah aplikasi gratis yang sangat efektif dalam membersihkan file-file sampah atau tidak berguna dari sistem anda. Aplikasi ini juga memindai dan membersihkan sistem registri dari sampah.

Dengan CCleaner, anda dapat mengkonfigurasi aplikasi yang dijalankan pada saat startup, aplikasi yang berjalan pada saat startup bisa dihentikan atau secara otomatis dijalankan dengan CCleaner.

CCleaner merupakan aplikasi yang harus anda miliki untuk pemeliharaan PC secara rutin.

5. Browser Mozilla Firefox, Google Chrome Dan Opera

Mozilla Firefox, Google Chrome Dan Opera

Sebagian besar pengguna komputer sering menjelajah internet di komputer mereka, sehingga PC atau laptop harus diinstal web browser yang cepat dan stabil. Anda dapat memilih browser yang populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera.

Google Chrome merupakan browser cepat yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Google. Di sisi lain, Mozilla Firefox adalah browser paling stabil yang dikembangkan oleh Mozilla.

Dua browser ini, Google Chrome dan Mozilla Firefox merupakan browser paling populer dan paling sering digunakan di dunia.

Mungkin anda juga pernah mendengar tentang browser Opera atau bahkan sudah pernah menggunakannya. Opera sangat terkenal dengan browser Opera Mini-nya pada perangkat ponsel pintar.

Dan anda juga dapat menginstall browser Opera pada desktop. Browser Opera dengan platform desktop ini juga sangat cepat dan ringan.

6. VLC Media Player Dan Daum Pot Player

VLC Media Player Dan Daum Pot Player

VLC Media Player adalah salah satu aplikasi pemutar video terbaik untuk sistem operasi Windows. Dapat memutar sebagian besar semua file multimedia dengan format apapun.

Anda juga dapat melakukan streaming video langsung dari VLC Media Player. VLC Media Player sudah mencakup banyak codec untuk memainkan semua jenis file multimedia.

Bahkan, aplikasi ini juga dapat memutar file yang baru setengah di download atau file yang rusak. VLC Media Player akan melengkapi kebutuhan Anda untuk memainkan semua file multimedia.

Daum Pot Player adalah aplikasi media player yang juga dapat memutar file multimedia lainnya. Salah satu kelebihan dari Pot Player adalah aplikasi ini menggunakan lebih sedikit memori dan penggunaan CPU.

7. WinRar Dan 7-Zip

WinRar Dan 7-Zip

WinRar dan 7-Zip adalah dua aplikasi utilitas terbaik untuk mengompresi file dan membuka file yang terkompresi. Jenis file yang terkompresi umumnya memiliki format .zip dan .rar.

Anda dapat menggunakan salah satu dari aplikasi ini untuk melakukan tugas kompresi data dan file. 7-zip sangat dianjurkan untuk digunakan karena memiliki antarmuka pengguna sangat sederhana dan gratis untuk digunakan.

8. Dropbox Dan Google Drive

Dropbox Dan Google Drive

Untuk mengamankan data-data penting Anda dan mengaksesnya dari mana saja, anda memerlukan layanan penyimpanan awan. Dropbox dan Google Drive adalah dua layanan komputasi penyimpanan awan terbaik yang dapat Anda pilih.

Kedua layanan penyimpanan awan ini akan menyimpan data Anda secara sinkron di setiap perangkat mobile. Anda juga dapat memilih layanan penyimpanan awan lainnya seperti Microsoft Onedrive.

Anda harus men-download aplikasi-nya pada sistem operasi Windows sebelum bisa menggunakannya, dan anda juga dapat menggunakan layanan mereka yang berbasis website.

9. Adobe Flash Player

Adobe Flash Player

Adobe Flash Player juga termasuk aplikasi yang harus dimiliki untuk setiap PC dengan sistem operasi Windows. Tanpa aplikasi ini Anda akan tidak akan dapat menonton video streaming melalui browser.

Video YouTube tidak akan dapat dijalankan tanpa adanya flash player. Apabila Anda ingin bermain game online lewat browser maka menginstal flash player harus anda lakukan.

uTorrent Dan Skype

uTorrent Dan Skype

uTorrent adalah aplikasi yang harus anda memiliki untuk men-download file Torrent. Sebagian besar orang men-download file torrent dari internet. Aplikasi uTorrent ini diperlukan untuk men-download dan membuka file Torrent.

Sementara aplikasi Skype, juga termasuk dalam daftar aplikasi yang harus dimiliki. Pengguna internet saat ini telah biasa melakukan video chat untuk berkomunikasi jarak jauh satu dengan yang lain.

Mungkin saat ini tidak ada layanan yang lebih baik daripada Skype untuk melakukan video chatting.

Kesimpulan

Itulah daftar aplikasi yang harus dimiliki pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini akan memenuhi kebutuhan Anda dari browsing halaman website, penyimpanan awan, pencegahan virus dan semua kebutuhan dasar dalam beraktifitas dengan menggunakan komputer.

Sebagian besar aplikasi penting telah disertakan dalam daftar diatas. Apabila anda mengetahui aplikasi penting lainnya selain dari daftar diatas, silahkan menuliskannya dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.