6 Aplikasi E-Mail Client Terbaik

Antusias Teknologi | Aplikasi E-Mail Client Terbaik – Klien email merupakan aplikasi yang anda install ke pc atau laptop untuk mengelola pesan email yang telah dikirim dan diterima. Untuk mengakses akun email ini, aplikasi klien akan berinteraksi dengan remote email server. Mungkin anda pernah mendengar aplikasi email klien seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, SeaMonkey, atau Apple Mail.

E-Mail

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Apabila anda ingin mengakses email bukan dari website penyedia layanan email melainkan menggunakan aplikasi email klien, maka klien email menggunakan salah satu protokol email yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Sebagai contohnya anda memiliki akun gmail, anda tetap dapat masuk ke akun gmail melalui aplikasi klien email menggunakan protokol email tertentu.

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, menggunakan aplikasi standar Outlook bisa menjadi salah satu pilihan, akan tetapi kekurangannya Outlook Mail untuk Windows memiliki keterbatasan dan tidak memiliki fitur di mana semua email dapat ditampilkan bersama-sama.

Bagi pengguna yang memiliki beberapa akun email yang ada pada layanan penyedia email berbeda seperti gmail, yahoo mail, windows live mail, menggunakan aplikasi yang berada dalam daftar dibawah tentunya akan sangat membantu selain menambah fitur-fitur yang tidak tersedia pada email client bawaan windows.

Aplikasi E-Mail Client Terbaik

1. Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird

Aplikasi populer untuk membuat dan mengelola email dengan mudah. Thunderbird merupakan aplikasi pengelola email gratis yang mudah untuk mengatur dan menyesuaikan serta memiliki banyak fitur.

Mendukung protokol POP yang dapat menyimpan e-mail pada hard disk anda sehingga dapat diakses tanpa koneksi internet, dan protokol IMAP. Memiliki fitur untuk penyaring email yang sangat baik. Thunderbird bisa menjadi pilihan klien email menggantikan outlook. Mendukung sistem operasi windows dan linux.

Fitur:

* Proteksi dari phishing: Thunderbird akan melindungi anda dari penipuan email yang mencoba untuk menipu pengguna dengan mengirimkan informasi pribadi dan rahasia dengan menunjukkan saat pesan terdeteksi email phishing. Thunderbird akan memperingatkan anda saat akan mengklik tautan yang akan membawa anda ke salah satu website yang dianggap berbahaya.

* Membuang secara otomatis email sampah: tool Thunderbird junk mail telah diperbarui untuk mengatasi email spam. Setiap email yang anda terima akan terlebih dulu melewati Thunderbird junk mail filter.

Setiap kali anda menandai pesan sebagai spam, Thunderbird akan mempelajari dan meningkatkan penyaringan sehingga anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu membaca email yang penting. Thunderbird juga dapat menggunakan filter spam penyedia email untuk membuang email sampah dari kotak masuk.

* Keutamaan Privasi: Thunderbird menawarkan dukungan untuk privasi pengguna, sehingga memastikan keamanan privasi pengguna menjadi prioritas utama. Thunderbird secara otomatis akan memblok gambar dalam pesan email.

2. SeaMonkey

SeaMonkey

Proyek SeaMonkey merupakan aplikasi yang dibuat dari komunitas dalam mengembangkan SeaMonkey untuk semua fungsi internet dalam satu bundle aplikasi. Seperti aplikasi bundle populer yang sebelumnya dibuat oleh Netscape dan Mozilla, SeaMonkey terus mengembangkan dan memberikan fitur kualitas tinggi dalam pembaruan aplikasi.

Seamonkey berfungsi sebagai browser internet, email klien, newsgroup, feed reader, HTML editor, IRC chat, dan pengembangan/pembuatan website. pengembang SeaMonkey beryakinan akan menarik pengguna tingkat lanjutan, pengembang website dan pengguna korporasi.

Fitur:

* Komponen tambahan termasuk Editor HTML yang mudah digunakan, aplikasi IRC chat ChatZilla dan tool pengembangan website seperti DOM Inspector dan JavaScript debugger.
* Jika masih belum cukup, SeaMonkey dapat ditambahkan dengan banyak pengaya yang menyediakan fungsionalitas tambahan dan kustomisasi untuk pengalaman menjelajahi internet secara lengkap.

3. Mailpile

Mailpile

Mailpile merupakan aplikasi untuk berkomunikasi di Internet. Suatu proyek yang mengutamakan privasi pengguna serta mencegah percakapan disadap tanpa izin untuk keuntungan perusahaan terentu.

Mailpile lahir dari sebuah keyakinan bahwa setiap orang berhak memiliki privasi, Mailpile bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan “Bagaimana saya bisa melindungi privasi saat sedang online”.

Fitur:

* Enkripsi OpenPGP adalah keutamaan dari aplikasi Mailpile. Mailpile akan menandatangani dan mengenkripsi pesan yang dibuat oleh pengguna.
* Privasi: Simpan pesan penting pada perangkat. Indeks pencarian akan di enkripsi sehingga apabila komputer dicuri, pesan email anda tetap aman.

4. MailBird Lite

MailBird Lite

Mailbird adalah klien email berbasis Windows yang kompatibel dengan Windows 7, 8 dan XP. Mailbird memiliki tampilan yang bersih, sederhana dan cepat. Versi gratis dari Mailbird memiliki dukungan multi akun untuk layanan Gmail, Yahoo, Outlook.com, iCloud, dan penyedia email IMAP/POP3 lainnya.

Fitur:

* Mengelola semua email dan kontak dari beberapa akun dengan mudah dalam satu kotak masuk.
* Tampilan tata letak yang dapat disesuaikan: tersedia banyak pilihan tema, sehingga akan mengubah tampilan klien email Mailbird menjadi sesuai dengan keinginan.
* Integrasi aplikasi: mendukung aplikasi Facebook, Twitter, Whatsapp, Dropbox, Google Kalender, Asana, Todoist dan masih banyak lagi.
* Tunda pesan: fitur menunda pesan untuk fokus hanya pada email yang penting saat ini.
* Kustomisasi suara notifikasi: memilih salah satu pemberitahuan suara yang ada pada aplikasi atau menggungah suara yang ada pada pc atau laptop sendiri.
* LinkedIn Lookup: menghubungkan Linkedin hanya dengan satu klik dari dalam kotak masuk.
* Pencarian lampiran: menemukan lampiran email dengan fitur pencarian lampiran.
* Tema berwarna gelap: mengubah secara cepat diantara tema berwarna gelap atau terang.

5. eM Client

eM Client Free

eM Client adalah email klien berfitur lengkap dengan tampilan modern dengan kemudahan penggunaan. eM klien juga menawarkan fungsi kalender, tugas, kontak dan chatting.

eM Client telah mendukung enkripsi PGP, membuat atau mengimpor kunci PGP untuk mengirim pesan email yang telah di enkripsi dan di tandatangani.

Anda tidak lagi harus menutup aplikasi eM Client hanya untuk membuat backup data email. eM klien bisa membackup data email saat sedang berjalan sehingga anda hanya tetap melanjutkan aktifitas seperti biasa sementara backup data sedang dijalankan.

Fitur:

* Menawarkan fitur kalender, tugas, kontak, dan bahkan chatting.
* Mendukung semua layanan email populer seperti Gmail, Yahoo, Live, Exchange, iCloud, dan Outlook.com.
* Kemudahan dalam mengimpor data dari klien e-mail lainnya seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Windows Mail, Windows Live Mail, Thunderbird, The Bat dan lainnya.
* Sepenuhnya telah mendukung perangkat layar sentuh baik laptop atau tablet.
* Kemudahan dalam menemukan email, kontak, atau lampiran hanya dalam hitungan detik dengan adanya fitur pencarian super cepat.

6. Mailspring

Mailspring

Mailspring adalah aplikasi desktop email klien yang dibuat untuk digunakan pada sistem operasi macOS High Sierra, Windows 10 dan Linux. Dengan memiliki fitur modern seperti dapat menunda pesan, beragam template, pencarian offline, dan dukungan untuk label pada Gmail.

Mailspring tersedia gratis dan mendukung semua penyedia layanan IMAP seperti Gmail, Office 365 dan iCloud. Namun sayangnya mailspring tidak mendukung Exchange ActiveSync.

Fitur:

* Melihat semua email dalam mode tampilan tunggal.
* Pencarian: pengunaan sintaks pencarian Gmail di semua akun.
* Gerakan: Swipe untuk mengarsipkan dari daftar thread.
* Tanda tangan digital: membuat tanda tangan dan menetapkannya secara default per masing-masing akun.
* Alias: kirim email alias dari pengaturan yang telah dikustomisasi.
* Integrasi QuickLook: melihat preview dari lampiran dan PDF dari dalam aplikasi.
* Pemberitahuan: membalas pesan email langsung dari Notification Center.
* Tarik dan lepas: memindahkan email, menambahkan lampiran, dan banyak lagi dengan cara menarik dan melepas.
* Label untuk Gmail: menambahkan, menghapus, dan mengelola label dalam aplikasi.
* Pintasan tombol keyboard: memiilih dari preset yang telah ada atau membuat cara pintas sendiri.
* Pesan template; menyimpan email sebagai template secara lengkap dengan variabel dan dengan cepat mengisi pesan secara otomatis.
* Batalkan kirim pesan: tidak pernah sengaja salah dalam mengirimkan email lagi.

Dengan adanya aplikasi email client kita tidak perlu repot dalam membuka akun email satu-persatu dari layanan penyedia email berbeda. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.