AOL Instant Messenger Telah Resmi Ditutup Hari Ini

AIM, yang juga dikenal sebagai AOL Instant Messenger telah resmi ditutup hari ini, sesuai dengan pengumuman perusahaan yang telah dirilis pada bulan Oktober tahun 2017 ini.

AOL Instant Messenger
AOL Instant Messenger via internethistorypodcast.com

Aplikasi berkirim pesan AIM sangat populer di era tahun 90-an, perlahan namun pasti telah kehilangan pasar di dunia berkirim pesan yang telah berkembang sangat pesat saat ini, bersaing dengan perusahaan teknologi besar di dunia seperti Google dan Facebook yang telah ikut andil dalam persaingan layanan di kategori ini.

Yahoo Messenger dan AIM ditutup setelah sebagian besar para pengguna-nya pindah ke produk aplikasi lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan besar tersebut, dan sekarang yang terjadi adalah kedua aplikasi tersebut telah resmi ditutup.

Perusahaan Oath belum memberikan alasannya mengapa mereka menghentikan aplikasi massenger ini, akan tetapi tidaklah sulit untuk dibayangkan bahwa penyebabnya adalah penurunan jumlah pengguna dan biaya yang tinggi untuk mempertahankan infrastruktur yang telah ikut berkontribusi terhadap keputusan ini.

Dalam pengumuman di bulan Oktober yang lalu, perusahaan merekomendasikan agar pengguna membuat backup semua data di AIM atau berisiko kehilangan data penting, dengan setiap satu bit data akan mulai dihapus.

“Kami mencintai bekerja pada AIM. Dari pengaturan pesan sampai chat masuk, AIM akan selalu memiliki tempat khusus di hati kami. Saat kita bergerak ke depan, semua dari kami di AOL (sekarang Oath) sangat bersemangat untuk melanjutkan dalam membangun generasi berikutnya dari ikon dan produk yang telah mengubah hidup bagi pengguna di seluruh dunia”, dikutip dari pengumuman yang telah dirilis.

Saat ini ada banyak alternatif lainnya untuk memilih aplikasi berkirim pesan baik untuk desktop ataupun mobile, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, BBM, Skype, dan lainnya. Semuanya gratis dan menyediakan fitur yang tidak tersedia di AIM, sehingga tidaklah mungkin banyak orang akan kehilangan aplikasi berkirim pesan tersebut.

Apabila anda menggunakan AIM di masa lalu dan tidak menyimpan daftar kontak atau data-data lainnya, anda sebaiknya secepatnya untuk melakukannya karena dalam beberapa jam kedepan, tidak akan dapat lagi login ke dalam akun.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.