13 Aplikasi Pilihan Alternatif Edit Foto Pengganti PhotoShop

Antusias Teknologi | Aplikasi Pilihan Alternatif Edit Foto Pengganti PhotoShop – Sudah umum diketahui bahwa aplikasi PhotoShop merupakan aplikasi populer untuk mengedit foto, dibalik semua kelebihan tentunya adalah masalah harga yang mahal. Beruntungnya masih banyak alternatif pengganti PhotoShop yang bisa digunakan bahkan secara gratis, cukup hanya dengan bermodalkan internet dan browser kita sudah bisa menggunakannya.

KolageFoto

Dengan berbagai fitur dan kelebihan serta kemudahan penggunaan sehingga menjadi pilihan yang bisa anda coba. Kebanyakan aplikasi pada daftar dibawah telah mendukung lintas sistem operasi sistem operasi Windows dan Linux seperti Gimp.

Aplikasi Pilihan Alternatif Edit Foto Pengganti PhotoShop

1. Fotor

Fotor

Fotor mungkin tidak dapat bersaing dengan aplikasi populer seperti Photoshop mulai dari jumlah plugin atau brush, akan tetapi kelebihannya adalah lebih mudah digunakan. Menyediakan berbagai macam fitur seperti frame, stiker, koreksi foto, serta warna.

Anda dapat memotong, memutar, menyempurnakan, mengubah ukuran foto dan masih banyak lagi. Fotor baru-baru ini telah diperbarui, tetapi apabila anda ingin menggunakan Fotor pada versi lama, juga tersedia pilihan untuk kembali ke versi sebelumnya.

Fotor juga menawarkan efek yang biasanya ditemukan pada kamera berharga mahal, pada aplikasi online ini anda dapat menggunakannya secara gratis. Anda juga dapat menggunakan semua fitur yang ada untuk mendapatkan foto yang berbeda sebelum anda edit.

2. Pizap

Pizap

Pizap adalah editor foto secara online gratis lainnya yang menawarkan banyak fitur dari aplikasi edit foto sejenis. Anda dapat melakukan berbagai hal dengan Pizap seperti seperti membuat kolase dan desain, menciptakan emoticon emoji, membuat cover profile untuk Facebook, Twitter dan YouTube.

Saat menggunakan editor foto ini, anda dapat memilih untuk menggunakan versi flash atau versi HTML 5 yang lebih baru. Anda dapat mengontrol saturasi, suhu, kecerahan, warna, dan menggunakan fitur penting lainnya seperti memotong dan memutar pada versi HTML 5.

Apabila Anda menggunakan editor flash maka dapat melakukan seperti membuat meme, menambahkan frame, menggunakan filter, menambahkan teks, dan fitur berbagi dengan teman agar mereka dapat melihat kreasi anda. Pada versi Pro, anda memiliki akses ke beberapa fitur editing lainnya yang tidak terdapat pada versi gratis.

3. Pho.to

Pho.to

Pho.to merupakan aplikasi edit foto online dengan memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk memotong, memutar, menyesuaikan eksposur, warna, ketajaman, menambahkan stiker, menambahkan teks, efek, frame, dan tekstur pada foto.

Terdapat beberapa efek dan tema yang bisa anda gunakan untuk foto. Misalnya, anda dapat memilih dari kategori seperti tema musim panas, ulang tahun, cinta, pernikahan, anak-anak, kolase, olahraga, musim dingin, hari ibu dan masih banyak lagi.

Pada beberapa efek, anda bahkan dapat menambahkan gambar sebanyak empat foto, dan beberapa efek lainnya dalam bentuk animasi. Anda dapat mengunggah foto dari komputer, melalui tautan URL, atau dari Facebook. Semua efek pada editor foto ini bebas untuk digunakan dan diunduh.

4. Be Funky Photo Editor

Be Funky Photo Editor

Sama seperti editor sebelumnya, Be Funky Photo Editor memungkinkan anda untuk mengunggah foto baik dari komputer, penyimpanan awan seperti Google Drive atau Dropbox, Webcam, atau Facebook. Editor foto ini menawarkan fitur seperti tekstur, teks overlay, serta beberapa efek.

Dalam foto editing versi berbayar, ada empat fitur yang perlu diupgrade agar kita bisa menggunakan-nya. Akan tetapi pada Be Funky anda bisa menggunakan secara gratis fitur-fitur seperti memotong foto, mengubah ukuran, memutar, mengubah pencahayaan, mengubah warna, mempertajam foto, efek vignette, memburamkan serta memperhalus foto.

5. iPiccy

iPiccy

iPiccy memberikan anda tiga pilihan untuk menggunakan editor foto, membuat kolase, atau membuat desain. Pada editor foto, anda memiliki begitu banyak pilihan dan fitur yang mungkin tidak tahu harus memulainya dari mana. Aplikasi online ini merupakan yang terbaik dan termudah untuk menggunakan editor foto dalam daftar.

Anda dapat memilih beberapa efek seperti alam, cahaya, kertas dan beberapa daftar frame ekslusif. Pilihan frame sudah tersedia seperti salju, ornamen, objek berbentuk bulat, dan masih banyak lagi.

iPiccy juga menawarkan fitur untuk menggambar, penambah kecantikan foto, dan efek yang dapat membuat foto anda terlihat seperti animasi kartun atau foto klasik.

6. Polar Photo Editor

Polar Photo Editor

Polar Photo Editor merupakan aplikasi bagi anda yang telah mengetahui lebih banyak tentang ilmu fotografi. Foto akan terlihat lebih baik apabila anda telah menyesuaikan warna, saturasi, kecerahan warna, pencahayaan, kontras, serta bayangan.

Apabila anda masih baru atau belum mengetahui terlalu banyak ilmu fotografi, anda mungkin akan menemui kesulitan saat menggunakan aplikasi ini. Editor foto ini menawarkan berbagai filter dan undo yang tidak terbatas sehingga anda dapat membatalkan perintah sampai kembali pada foto sebelum proses pengeditan.

7. Paint.NET

Paint.NET

Paint.NET memiliki banyak fitur untuk edit foto dan tersedia untuk sistem operasi windows, dengan tampilan antarmuka yang mudah dipahami oleh pengguna baru. Beberapa fitur seperti layer, undo tidak terbatas, serta beragam efek bisa anda gunakan.

Selain itu, dukungan komunitas online yang menyediakan panduan, tips dan plugin juga menjadi kelebihan tersendiri dari Paint.NET.

8. Gimp

Gimp

GIMP singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Aplikasi yang gratis untuk digunakan dan lintas sistem operasi serta dapat melakukan apa pun yang anda butuhkan dalam editing foto. Pengguna dapat mengedit foto dengan aplikasi Gimp dan bagi yang mahir dapat menyelesaikan tugas yang kompleks seperti membuat komposisi pada foto dan render foto.

Bagian yang paling menarik mengenai aplikasi Gimp adalah terdapat beberapa plugin yang dapat anda tambahkan ke dalam aplikasi ini untuk membuatnya bisa melakukan apa pun yang anda butuhkan. Apakah sekarang anda membutuhkan aplikasi untuk membuat lukisan yang sederhana, atau aplikasi untuk menggambar, jika ya maka Gimp telah memiliki fitur-fitur tersebut.

9. Pixlr Editor

Pixlr Editor

Pixlr merupakan editor foto online gratis yang dapat dijalankan pada platform apapun melalui browser. Aplikasi ini banyak terdapat pilihan filter dan penyesuaian, tentunya menjadi kelebihan sehingga anda merasa nyaman saat menggunakan aplikasi editor grafis ini.

Perusahaan pembuat Pixlr Editor juga menawarkan Pixlr Express untuk pengeditan dan manipulasi foto yang sederhana. Sementara itu produk lainnya seperti Pixlr-o-matic memungkinkan anda untuk menambahkan beberapa filter pada foto, contohnya seperti efek yang sering terdapat pada Instagram.

Produk lain dari perusahaaan ini adalah Pixlr Grabber, ekstensi untuk browser Firefox atau Chrome yang memungkinkan anda untuk mengklik kanan pada foto pada browser dan secara otomatis akan dimuat ke dalam Pixlr untuk diedit. Ekstensi juga dapat digunakan untuk mengambil gambar pada layar monitor.

Pixlr memiliki aplikasi yang tersedia untuk smartphone atau desktop, serta versi online.

10. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro

Foto Pos Pro dulunya berharga sekitar enam puluh dolar tetapi sekarang telah digratiskan. Aplikasi ini termasuk lengkap untuk pengeditan foto, memiliki kemampuan untuk membuat grafis dari awal, memiliki tool teks, dan banyak efek khusus yang tersedia.

Anda dapat bekerja dengan layer, masking, gradien, pola, tekstur, tools serta script. Operasi batch juga tersedia bagi pengguna tingkat lanjut.

Aplikasi ini mudah digunakan untuk pemula dan dikemas dengan penuh fitur bagi anda yang sudah mahir dalam editing foto. Ada beberapa foto yang telah tersedia di Foto Pos Pro bagi anda yang ingin melakukan latihan dan belajar. Membutuhkan waktu agar anda terbiasa dengan layer dan filter.

Penting untuk diketahui saat anda akan menginstall aplikasi ini, anda harus menghapus centang kotak yang ingin menginstall beberapa toolbar dan pencarian halaman. Setelah melakukannya, anda akan memiliki instalasi yang bersih tanpa adanya aplikasi tambahan.

11. Photoshop Express

Photoshop Express

Photoshop, aplikasi yang dibuat oleh perusahaan yang sama yaitu Adobe. Jika anda sedang mencari aplikasi yang serupa fiturnya dengan Photoshop maka Photoshop Express adalah apa yang anda cari.

Anda perlu mendaftar untuk mendapatkan akun secara gratis agar bisa menikmati fitur yang ada, mendapatkan penyimpanan online sebesar 2 GB, mengedit foto secara online serta tool untuk berbagi, halaman profil dengan galeri dan slideshow template pribadi.

Photoshop Express merupakan aplikasi edit foto yang mudah digunakan, serta memiliki tampilan yang bersih.

12. Photo Filtre

Photo Filtre

Foto Filtre merupakan aplikasi pilihan editor foto lainnya, namun anda memerlukan kecermatan saat menginstall karena file instalasi memuat aplikasi tambahan yaitu Ask toolbar, anda bisa tidak menginstallnya apabila tidak anda inginkan. Aplikasi ini hanya bekerja pada Windows dengan terdapat banyak pilihan bahasa yang berbeda.

Foto Filtre memungkinkan anda untuk bekerja pada beberapa foto sekaligus dan memiliki beberapa fitur bagi pengguna mahir. Hadir dengan beberapa pilihan latar belakang dan gambar yang dapat anda gunakan sebagai layer untuk membuat kreasi.

Ada banyak plugin berbeda yang dapat anda unduh sehingga akan menambah pengalaman anda dalam mengedit foto.

13. Design Wizard

Design Wizard

DesignWizard merupakan tool desain grafis yang sederhana dan mudah lainnya yang bisa anda gunakan. Website ini menawarkan kepada pengguna akses ke lebih dari 1 juta stok gambar dan template untuk berbagai keperuan, termasuk didalamnya template untuk posting ke sosial media dan gambar header, kartu nama, brosur, pamplet dan lainnya.

Anda dapat mengunggah gambar yang anda miliki atau menggunakan yang sudah ada. Semua fitur gratis untuk digunakan. Beberapa fiturnya diantaranya mencari template dan magic resize.

Dengan tampilan yang mudah digunakan bagi pemula, sehingga website ini menjadi salah satu alternatif dari photoshop yang bisa anda coba.

Dari daftar aplikasi pengedit foto baik online ataupun offline diatas, mana yang menjadi pilihan dan favorit anda. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.