8 Aplikasi Gratis Scanner Dokumen Android Terbaik

Antusias Teknologi | Aplikasi Gratis Scanner Dokumen Android Terbaik – Perangkat keras seperti scanner dan printer sudah umum digunakan pada kebanyakan PC/Laptop rumahan atau perkantoran, akan tetapi anda tidak harus memiliki scanner untuk melakukan scan dokumen. Apabila anda belum memiliki scanner, anda dapat menggunakan ponsel pintar untuk memindai dokumen.

Kebanyakan ponsel pintar saat ini telah memiliki kamera dengan resolusi sangat baik, sehingga anda dapat dengan mudah memindai dokumen berkualitas tinggi. Selain itu, pemindaian dengan ponsel menjadi proses yang lebih murah, cepat dan mudah dibandingkan harus menggunakan perangkat keras scanner.

Aplikasi Scanner Android

Aplikasi pemindai dokumen di Android memberikan fitur untuk mengakses dokumen dari layanan penyimpanan awan, fitur pengeditan, dan beberapa diantaranya telah dilengkapi dengan dukungan OCR (Pengenalan Karakter Optis).

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu anda dalam melakukan pemindaian dokuman di android, berikut daftarnya.

8 Aplikasi Scanner Dokumen Android Terbaik

1. Clear Scanner

Clear Scanner

Clear Scanner untuk android memungkinkan anda untuk memindai dokumen atau gambar secara langsung dari ponsel pintar. Anda dapat mengkonversi hasil dokumen dan gambar yang telah dipindai ke dalam format file PDF atau JPEG. Aplikasi pemindai ini berukuran ringan dan cepat dalam melakukan pemrosesan.

Anda dapat mencetak hasil scan dokumen atau gambar dengan menggunakan fitur printer awan. Clear Scanner juga memiliki fitur pengeditan secara profesional setelah menyimpan gambar ke dalam galeri.

Selain itu, anda dapat menyimpan beberapa halaman sekaligus ke dalam satu dokumen, menyusun ulang halaman, dan menetapkan ukuran halaman PDF. Aplikasi ini memiliki dukungan penyimpanan awan seperti Google Drive, OneDrive dan Dropbox.

2. Adobe Scan

Adobe Scan

Dengan aplikasi Adobe Scan anda dapat memindai catatan, formulir, dokumen, invoice, dan gambar ke dalam format file PDF. Aplikasi ini sangat mudah dan efektif untuk digunakan. Cukup dengan mengarahkan kamera ponsel pada dokumen yang diinginkan untuk mulai proses scan, maka aplikasi secara otomatis mengenali dan memindai objek.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini yaitu anda bisa menyusun ulang halaman yang diperlukan serta dapat memperbaiki warna dalam salah satu halaman. Selain itu, terdapat OCR (Pengenalan Karakter Optis) terintegrasi sehingga anda bisa menggunakan kembali konten hasil pindaian.

Anda juga dapat memindai beberapa halaman ke dalam satu file PDF. Aplikasi Adobe Scan dapat mengirim file hasil scan melalui email atau ke penyimpanan awan apabila anda menginginkannya. Secara keseluruhan, aplikasi ini memiliki semua fitur penting dan gratis untuk digunakan.

3. CamScanner

CamScanner

CamScanner merupakan salah satu aplikasi pemindai terbaik untuk Android dengan lebih dari 100 juta kali unduhan. Anda dapat memindai faktur, invoice, catatan, gambar, kartu identitas, atau dokumen lainnya dan kemudian menyimpannya ke dalam format file berekstensi PDF atau JPEG.

Setelah anda menyimpan dokumen hasil scan, anda dapat menyimpannya ke dalam folder atau membagikannya melalui sosial media.

Anda juga bisa mencetak dokumen dengan menggunakan pencetakan awa atau fax dengan biaya terjangkau. Selain itu, anda dapat melindungi dokumen penting dengan menambahkan kata sandi saat akan membuka file.

Aplikasi ini berisi iklan dan pembelian di dalam aplikasi untuk mengakses fitur-fitur premium.

Beberapa fitur Camscanner antara lain mudah digunakan, memiliki dukungan OCR dan layanan penyimpanan awan, serta anda dapat mengatur kata sandi untuk mengamankan file penting.

4. Tiny Scanner

Tiny Scanner

Tiny Scanner merupakan aplikasi pemindaian dokumen pada Android yang memiliki sebagian besar fitur standar. Aplikasi ini tidak memerlukan login sebelum dapat dipergunakan.

Anda dapat memindai dokumen, invoice, laporan, atau file lainnya dan kemudian menyimpannya ke dalam format PDF jika suatu saat dibutuhkan kembali.

Memiliki dukungan layanan penyimpanan awan dan anda dapat mencetak file hanya dalam hitungan menit. Selain itu, Tiny Scanner memiliki fitur deteksi tepi otomatis yang dapat membantu mencegah distorsi gambar yang sedang diambil.

Fitur lainnya yaitu pencarian secara cepat dengan mengetik judul dokumen, memiliki perlindungan kata sandi untuk file penting, dll.

5. Office Lens

 Office Lens

Office Lens merupakan aplikasi pemindai yang dikembangkan oleh Microsoft untuk memindai dokumen dan gambar, dapat dengan cepat memindai dokumen dan mengkonversi gambar ke dalam file PDF, Word atau PowerPoint.

Dengan aplikasi ini anda dapat menyimpan file ke OneNote, OneDrive, atau penyimpanan lokal. App relevan untuk bisnis dan tujuan sekolah. Selain bahasa Inggris, juga tersedia dalam bahasa Jerman, Spanyol, dan Cina.

6. TurboScan

TurboScan

TurboScan merupakan aplikasi pemindai android lainnya dengan berfitur lengkap yang memiliki dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Anda dapat memindai dan berbagi beberapa dokumen PDF berkualitas tinggi atau file gambar JPEG.

Memiliki fitur bernama mode SureScan untuk pemindaian, termasuk fitur mengedit beberapa halaman seperti menambahkan halaman, penataan kembali, dan menghapus halaman.

Anda dapat mengatur beberapa invoice atau kartu bisnis dalam satu halaman PDF. Anda juga dapat membuka file PDF atau JPEG pada aplikasi penyimpanan lainnya seperti Dropbox, Evernote, Google Drive atau mencetak dokumen dengan menggunakan pencetakan awan.

7. Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner mempunyai banyak fitur penting untuk pemindaian dokumen, memiliki dukungan OCR untuk mengkonversi gambar ke dalam teks lebih dari 40 bahasa dan pemeriksaan ejaan.

Anda dapat mengatur ukuran halaman, mengaktifkan mode pemindaian dokumen banyak halaman, fitur memotong dan memperbesar halaman dengan cara yang lebih baik.

Mendukung hampir semua format gambar populer seperti JPEG, PNG, BMP, GIP, dan WebP. Terintegrasi dengan Dropbox, Google Drive, dan pilihan penyimpanan awan lainnya.

8. Fast Scanner

Fast Scanner

Fast Scanner merupakan pilihan aplikasi pemindaian android lainnya, anda dapat memindai dokumen, mengekspor ke format PDF atau JPEG, menambahkan beberapa pengeditan setelah dokumen berhasil di pindai.

Anda juga dapat menambahkan beberapa halaman baru atau menghapus halaman yang sudah ada. Selain itu, anda dapat mencetak dokumen dengan menggunakan pencetakan awan/cloud print.

Dari daftar aplikasi diatas, apakah anda telah menemukan aplikasi pemindai terbaik di Android, silahkan bagikan ulasan anda melalui komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.