Cara Membaca E-Book Yang Dibeli Dari Google Play Buku Dengan Aplikasi Adobe Digital Edition

Antusias Teknologi | Cara Membaca E-Book Dari Google Play Buku – Google Play Buku merupakan tempat yang paling populer untuk membeli buku digital seperti E-Book, terdapat ratusan ribu buku hingga saat ini yang ada di Google Play Buku, dan tersedia untuk lintas platform baik PC, ponsel pintar ataupun tablet.

Buku Digital

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Adobe Digital Edition merupakan salah satu aplikasi pembaca E-Book Digital keluaran Adobe, bisa anda manfaatkan untuk membaca koleksi buku digital yang telah dibeli dari Google Play Buku.

Dengan aplikasi ini anda bisa mengelola, berbagi, dan membaca koleksi E-Book. Mendukung format file PDF dan EPUB yang merupakan standar dari format buku digital atau ebook. Selain itu aplikasi ini telah mendukung berbagi dokumen antar perangkat dan otentifikasi pengguna melalui Adobe ID.

Pembahasan dalam artikel ini lebih menekankan kepada penggunaan aplikasi Adobe Digital Editions untuk menghubungkan dan membaca koleksi digital E-Book yang telah dibeli khususnya dari Google Play Buku.

Cara Membaca E-Book Yang Dibeli Dari Google Google Play Buku

1. Silahkan anda buka halaman Buku Google Play, yang bisa diakses di alamat https://play.google.com/store/books.

Halaman Google Play Buku

2. Kemudian masuk ke halaman Buku Saya dengan cara mengklik/tap menu tautan Buku Saya, disana anda akan menemukan semua buku yang telah dibeli dari Buku Google Play.

Tautan Buku Saya

Halaman Buku Saya

3. Pilihlah buku yang ingin anda baca dengan cara mengunduhnya menjadi file EPUB atau PDF, misalnya saya disini ingin membaca buku yang berjudul Perjalanan Ruh karya Ibnu Qayyim Al-Jauziah.

File tersebut berbentuk ekstensi *.acsm dan tidak bisa anda baca dengan aplikasi pembaca file PDF seperti adobe pdf reader, sumatra pdf, foxit reader dan aplikasi lainnya karena terproteksi.

Memilih Unduhan Buku

4. Setelah berhasil terunduh file tersebut bernama Perjalanan_Ruh-epub.acsm yang bisa anda buka melalui aplikasi Adobe Digital Edition.

File unduhan E-Book

5. Unduhlah terlebih dulu aplikasi Adobe Digital Edition yang berukuran sekitar 8,5 MB khusus untuk Windows, saat artikel ini dibuat telah mencapai versi 4.5 pada halaman https://www.adobe.com/la/solutions/ebook/digital-editions/download.html, pilihlah sesuai dengan sistem operasi yaitu Windows Dan MacOS.

Halaman Unduhan Adobe Digital Edition

Kemudian install aplikasi seperti biasanya, setelah selesai jalankan Adobe Digital Edition.

Aplikasi Adobe Digital Edition

6. Setelah aplikasi Adobe Digital Edition berjalan, anda membutuhkan authorisasi Adobe ID, bila sudah punya anda bisa langsung login melalui menu Help – Authorize Computer, jika belum punya anda bisa langsung membuatnya dan jangan khawatir karena membuat akun adobe gratis tanpa biaya.

Adobe ID bisa dibuat dari website adobe, dan hanya membutuhkan alamat email dan kata sandi, pembuatannya pun cukup singkat dan cepat sama halnya seperti membuat akun member di website pada umumnya.

Authorisasi Adobe Digital Edition

7. Apabila authorisasi berhasil akan ditandai dengan informasi This Computer Is Already Authorized, ditandai dengan akun anda dibawahnya.

Authorisasi Berhasil

8. Klik dua kali file ebook yang telah anda unduh dalam langkah sebelumnya, atau bisa melalui menu File – Add To Library.

Menambahkan File E-Book

9. Tunggu sebentar aplikasi Adobe Digital Edition akan mengunduh file ebook tersebut dari server google, dan setelah berhasil diunduh anda dapat langsung membacanya.

E-Book Berhasil Dinduh Dan Siap Dibaca

Demikian tips membaca e-book yang dibeli dari Google Play Buku dengan aplikasi adobe digital edition. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.