Mudah, Cara Simpan Pesan Email Dari Mozilla Thunderbird Ke Format PDF

Antusias Teknologi | Cara Simpan Pesan Email Dari Mozilla Thunderbird – Karena kemudahan dan kepopulerannya-nya, format PDF sering digunakan oleh banyak pengguna untuk mengirim atau menyimpan dokumen. File PDF merupakan ekstensi file lintas platform, dan bisa dibuka baik melalui windows, linux, android, mac, ataupun ios.

Electronic Mail

Mozilla Thunderbird merupakan aplikasi email client open source, lintas platform yang dibuat oleh Mozilla Foundation.

E-mail client populer ini biasanya digunakan untuk membuka dan membaca pesan email masuk ke inbox, ada banyak pilihan email client yang bisa anda gunakan, namun pada artikel ini saya menggunakan Mozilla Thunderbird.

Salah satu manfaat setelah melakukan konversi pesan email ke dalam format PDF ini anda dapat dengan mudah mengirim dan membagikan-nya kepada pengguna lain, ataupun hanya sekedar menyimpan dan membacanya saat sedang tidak terhubung internet.

Sebelumnya perlu diketahui anda harus menginstall aplikasi novaPDF terlebih dulu agar bisa mengkonversi pesan email, anda dapat mengunduh aplikasinya melalui halaman pembuatnya di http://www.novapdf.com/download.html, fungsinya adalah sebagai virtual printer sehingga anda dapat membuat file PDF dengan cara mencetaknya layaknya seperti printer pada umumnya.

Cara Simpan Pesan Email Dari Mozilla Thunderbird Ke Format PDF

Untuk mengkonversi dan menyimpan pesan e-mail dari Mozilla Thunderbird ke dalam format PDF, anda bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Pertama silahkan anda buka aplikasi Mozilla Thunderbird, dan bukalah salah satu email yang ingin anda konversi ke dalam format pdf.

Aplikasi Mozilla Thunderbird

2. Kemudian tekan tombol Alt pada keyboard untuk menampilkan pilihan menu dan kemudian pilih menu File->Print atau dengan shortcut CTRL+P, dan pada pilihan output printer pilihlah novaPDF printer.

Print Output

3. Tentukan folder penyimpanan file pdf hasil konversi dari thunderbird tersebut, pada menu pengaturan ini anda juga bisa mengatur opsi ukuran file PDF dari berukuran kecil sampai yang terbaik.

Pilihan Pengaturan

Dan inilah hasil dari konversi email ke dalam format PDF menggunakan aplikasi novaPDF.

Hasil Konversi

Hasil Konversi2

Dari cara yang sangat mudah diatas, kini kita bisa dengan mudah membackup email yang sangat penting ke dalam format pdf. Cara ini bisa anda coba pada penyedia layanan email seperti gmail atau yahoo.

Selamat mencoba.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.