LibreOffice 6.0 Beta Telah Tersedia Untuk Di Download, Rilis Final Akan Hadir Bulan Januari 2018

Pengembangan siklus rilis dari LibreOffice 6.0, aplikasi perkantoran sumber terbuka dan lintas platform berlanjut dengan hadirnya rilis beta pertama sebagai bagian proyek dari sesi pencarian bug/kelemahan.

LibreOffice 6.0
Sumber gambar dari libreoffice.org

LibreOffice 6.0 Beta saat ini telah tersedia untuk di download, sementara itu juga dirilis sebagian besar untuk mereka yang pernah terlibat dalam sesi pencarian bug yang telah diatur oleh Yayasan Triagge dengan menyelesaikan masalah sebanyak mungkin sebelum rilis final.

Rilis dari Beta kedua direncanakan hadir awal bulan depan apabila masih ada beberapa bug kritis yang ditemukan, akan tetapi siklus pengembangan akan terus di lanjutkan pada paruh kedua bulan Desember dengan rilis kandidat (RC) pertama, diikuti oleh RC kedua dan ketiga di bulan Januari 2018. Rilis final dari LibreOffice 6.0 diharapkan akan hadir pada akhir bulan Januari 2018.

Beberapa Fitur Yang Hadir Di LibreOffice 6.0

Dilihat dari nomor versi yang akan dirilis, LibreOffice 6.0 menjanjikan dalam rilis utama akan menambahkan sejumlah fitur baru dalam komponennya. Di antaranya adalah gaya tabel standar yang baru untuk Writer, pemeriksaan tata bahasa/grammar untuk Writer, fungsi spreadsheet baru untuk Calc, serta tanda tangan dan enkripsi OpenPGP pada dokumen.

Sepuluh template baru untuk Impress juga telah ditambahkan ke LibreOffice 6.0, bersamaan dengan berbagai perbaikan dari template yang sudah ada dan yang baru dengan format slide default berukuran 16:9. Juga telah tersedia dukungan untuk tema ikon kustom melalui manajer ekstensi, implementasi dari font Noto secara default, dan filter impor yang baru dari QuarkXPress versi 3 dan versi 4.

LibreOffice 6.0 juga menghadirkan ekspor filter baru untuk ekspor dokumen Writer ke format EPUB, perbaikan SmartArt dan OOXML impor filter, dukungan yang lebih baik untuk dokumen teks yang di embed, impor filter enhanced Metafile Format Plus (EMF+) dan sejumlah GUI tambahan, termasuk varian baru dari Notebookbar.

Tentu saja, akan ada lebih banyak lagi fitur yang akan dihadirkan ke dalam LibreOffice 6.0 sebelum rilis final nantinya, termasuk peningkatan LibreOffice untuk aplikasi Android, akan tetapi sampai saat itu, anda bisa mendapatkan preview awal yang telah didapatkan sejauh ini dengan men-download LibreOffice 6.0 Beta untuk sistem GNU/Linux, macOS dan Windows melalui website resminya.

Tertarik untuk mencoba, anda bisa mendownload LibreOffice 6 di halaman website resminya di https://www.libreoffice.org/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.