Mendengarkan Radio Streaming Indonesia PC Dan Android

Antusias Teknologi | Mendengarkan Radio Streaming Indonesia – Mendengarkan Radio merupakan salah satu sarana hiburan untuk mendapatkan informasi terbaru ataupun relaksasi pikiran.

Dengan kemudahan dan tersedianya akses internet, menjadikan stasiun radio telah ikut berevolusi tidak hanya bisa didengarkan dari satu daerah saja melainkan juga bisa didengarkan di seluruh dunia.

Stasiun radio tertentu dapat dengan mudah didengarkan baik melalui PC ataupun ponsel android.

Mendengarkan Radio Streaming

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Aplikasi Foobar2000 bisa anda jadikan salah satu pilihan untuk mendengarkan streaming stasiun radio yang ada di indonesia, aplikasi ini berukuran cukup kecil dan ringan.

Yang diperlukan untuk mendengarkan radio streaming yaitu:

* Aplikasi Foobar2000 atau aplikasi lainnya yang mendukung format M3U
* Alamat IP Server Radio Streaming
* Internet yang stabil

Kelebihan:

* Penggunaan memori RAM yang begitu rendah dibandingkan dengan aplikasi lain yaitu hanya sekitar 13 MB saja.
* Bebas dari adanya iklan.

Kekurangan:

* Kekurangan dari cara ini adalah kita tidak bisa mengganti atau memperbaharui nama stasiun radio, misalnya saja kita ingin mengganti stasiun radio menjadi 93.7 FM Paramuda Bandung tetapi yang tertulis adalah AlienWare sehingga kita akan kesulitan dalam menemukannya di kemudian hari, terkecuali anda ingat betul di nomer berapa stasiun radio tersebut.

Mengunduh Aplikasi Foobar2000

Anda bisa mengunduh aplikasi Foobar2000 pada website resminya di alamat https://www.foobar2000.org/download, install seperti biasa dan jalankan.

Aplikasi Foobar2000

Tips Mendapatkan Alamat IP Server Streaming Radio

Ada beberapa referensi website yang bisa anda gunakan dalam mencari alamat IP server stasiun radio streaming yang ada di Indonesia, diantaranya seperti Fmstream, Worldradiomap, Xatworld, dan Shoutcast Directory.

Begitu pentingnya menemukan alamat IP server stasiun radio streaming ini menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian dari anda khususnya bagi yang baru mengenal streaming radio di internet.

Namun jangan khawatir karena saya akan memberikan daftar referensi website yang bisa anda jadikan acuan dalam menemukan IP server radio streming dengan mudah.

Website Fmstream

Website Fmstream

Merupakan pilihan utama dalam mencari dan menemukan alamat IP server stasiun radio streaming yang ada di Indonesia, selain itu anda juga bisa mendengarkan langsung stasiun radio tertentu di websitenya dan menambahkan alamat IP-nya kemudian dengan aplikasi Foobar2000.

Website Shoutcast Directory

Website Shoutcast Directory

Anda dapat dengan mudah menemukan alamat IP server stasiun radio indonesia pada website ini, anda tinggal mengunduhnya ke dalam format .m3u dan dapat diputar dengan player apapun yang mendukung format tersebut, saat artikel ini ditulis terdapat 64 stasiun radio yang bisa anda dengarkan.

Website Worldradiomap

Website Worldradiomap

Website lainnya yang bisa anda gunakan adalah Worldradiomap, terdapat banyak stasiun radio yang ada pada website ini khususnya stasiun radio indonesia.

Website Xatworld

Website Xatworld

Pada website ini anda dapat menemukan alamat ip streaming indonesia yang dikhususkan untuk mencari server radio yang menggunakan SHOUTcast.

Membuat Playlist Atau Daftar Putar Di Aplikasi Foobar2000

Sebelum anda menambahkan alamat IP server radio streaming, sangat direkomendasikan anda membuat Playlist/daftar putar terlebih dulu agar tidak bercampur dengan musik lainnya yang ada di PC/Laptop/Ponsel Pintar anda, playlist ini hanya di khususkan untuk mendengarkan radio streaming indonesia saja.

Membuat Playlist Baru Atau Daftar Putar Di Aplikasi Foobar2000

Dari menu File pilih New Playlist atau menggunakan shortcut CTRL+N.

Membuat Playlist Di Aplikasi Foobar2000

Setelah playlist baru berhasil dibuat, klik kanan playlist baru tersebut kemudian pilih Rename Playlist dan beri nama dengan Radio Streaming Indonesia atau sesuai dengan keinginan anda.

Rename Playlist Di Aplikasi Foobar2000

Selanjutnya silahkan anda lihat pembahasan bagaimana cara menambahkan alamat IP server radio di aplikasi Foobar2000.

Menambahkan Alamat IP Server Radio Di Aplikasi Foobar2000

Setelah anda mendapatkan alamat IP salah satu stasiun radio dari langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menambahkannya pada aplikasi Foobar2000 agar stasiun radio anda tersebut bisa di dengarkan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama adalah jalankan aplikasi Foobar2000.

Kemudian klik menu File, dan pilih Add Location atau shortcut pada keyboard tekan CTRL+U.

Add Location Foobar2000

Misalnya saya akan menambahkan stasiun radio Megaswara 100.8 FM Bogor yang berada di alamat IP; http://103.53.189.18:8010, silahkan anda masukkan alamat IP tersebut pada teks box yang tersedia.

Add Location2 Foobar2000

Apabila alamat IP server radio streaming benar atau tidak terdapat adanya kesalahan, maka stasiun radio tersebut langsung bisa anda dengarkan dengan mengklik menu Play atau dengan menekan Enter pada keyboard.

Radio Megaswara 100.8 FM Bogor

Radio Megaswara 100.8 FM Bogor Info

Membuat Playlist Atau Daftar Putar Di Aplikasi AIMP Android

Pada pembahasan ini dikhususkan bagaimana cara membuat playlist atau daftar putar dan mengimpor daftar putar alamat IP radio streaming bagi pengguna ponsel android, pertama silahkan anda unduh dan install aplikasi AIMP di Google PlayStore terlebih dulu.

Aplikasi AIMP Android

Kemudian Tap menu Baris Strip 3 di kiri atas aplikasi AIMP dan tap menu simbol Plus untuk menambah Playlist atau Daftar putar baru.

Tambah Playlist AIMP

Beri nama Playlist baru tersebut, misalnya Radio Streaming Indonesia atau dapat disesuaikan dengan keinginan anda.

Tambah Playlist AIMP2

Playlist baru telah berhasil dibuat, silahkan anda lanjutkan dengan mengimpor daftar alamat IP radio streaming indonesia ke aplikasi AIMP.

Mengimpor File Daftar Radio Streaming Indonesia Ke Aplikasi AIMP Android

Setelah Playlist berhasil dibuat, tap simbol Titik Tiga yang terletak di pojok kanan atas aplikasi, dan pilih Add.

Menambah IP Radio Streaming AIMP

Kemudian pilih Tambah Berkas, dan pilihlah folder tempat dimana anda telah mengunduh file RadioStreamingIndonesiaList.m3u sebelumnya.

Tambah Berkas AIMP

Berilah tanda centang pada file RadioStreamingIndonesiaList.m3u, dan tap tanda centang OK.

Impor File Daftar Radio Streaming Indonesia

Sehingga hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini, dimana Playlist telah berisi Daftar Putar Stasiun Radio Indonesia dan siap untuk di streaming.

Daftar Radio Streaming Indonesia

Bagaimana cara mengunduh dan mendapatkan file RadioStreamingIndonesiaList.m3u, silahkan anda lihat pembahasan cara mengunduh daftar putar 154 alamat IP server radio streaming indonesia dibawah.

Mengunduh Daftar Putar 154 Alamat IP Server Radio Streaming Indonesia

File ini merupakan Daftar Alamat IP Server Radio Streaming Indonesia yang saya dapatkan dari berbagai referensi website. Dengan total terdapat kurang lebih sekitar 154 stasiun radio Indonesia yang hampir 95 persennya bisa di streaming saat artikel ini dibuat.

Github

Dan kalaupun ada stasiun radio yang sudah tidak bisa di streaming harap di cek perkembangannya dalam 4 sampai 5 hari kedepan dan jika masih tidak bisa harap dimaklumi karena kemungkinan telah berganti alamat IP atau server sudah offline.

Daftar putar yang berjumlah sekitar 154 stasiun radio streaming Indonesia ini bisa anda unduh melalui website github.

github.com/compzone08/StasiunRadioIndonesiaStreaming

Anda cukup mengimpor file RadioStreamingIndonesiaList.m3u tersebut ke dalam aplikasi Foobar2000 atau AIMP, maka stasiun radio tertentu sudah bisa didengarkan.

Demikianlah artikel bagaimana cara mendengarkan radio streaming indonesia baik melalui PC/Laptop dengan aplikasi Foobar2000 dan AIMP di Android.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.