12 Tips Keamanan Agar Anda Tetap Aman Selama Online

Antusias Teknologi | 12 Tips Keamanan Agar Anda Tetap Aman Selama Online – Bukankah internet adalah tempat yang indah untuk dijelajahi? Seperti halnya tujuan wisata yang menarik, apabila Anda tidak menjaga diri Anda dengan aman, daya tarik internet akan dengan cepat bisa memudar.

12 Tips Keamanan Agar Anda Tetap Aman Selama Online

Untungnya, Anda tidak perlu mendapatkan gelar dalam teknologi jaringan untuk melindungi diri sendiri secara online, Anda hanya perlu membaca dan menerapkannya dari 12 tips keamanan berikut ini, yang pada akhirnya bisa meminimalkan risiko dari hal yang tidak diinginkan.

12 Tips Keamanan Agar Anda Tetap Aman Selama Online

1) Aplikasi Tetap Di Perbaharui

Upgrade aplikasi secara diam-diam melalui latar belakang mungkin kadang-kadang bisa menjengkelkan, akan tetapi sebagian besar membuat Anda agar tetap aman, itulah sebabnya pembaruan untuk sistem operasi dan browser sekarang melalui latar belakang sistem.

Biasakanlah untuk menerapkan pembaruan setiap kali Anda diminta untuk memperbaharui semua aplikasi, bukan hanya pada browser.

2) Menghapus Ekstensi Yang Tidak Dibutuhkan Pada Browser

Hapus pemasangan ekstensi pada browser yang tidak digunakan dan Anda tidak percayai sepenuhnya, karena dapat memperlambat kinerja browser dan bahkan bisa memata-matai pada apa Anda lakukan apabila Anda tidak berhati-hati.

Bukalah halaman ekstensi pada browser dan hapuslah beberapa plug-in dan pengaya yang tidak anda butuhkan lagi.

3) Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Dari Google, Apple, dan Microsoft memberikan Anda pilihan untuk mengatur verifikasi dua langkah (atau dua langkah otentikasi) pada akun Anda. Pada dasarnya, Anda menggunakan SMS untuk menambah kata sandi dan nama pengguna saat Anda login pada perangkat baru. Google membuat proses ini agar lebih mudah.

4) Periksa Aktivitas Akun

Beberapa website seperti Facebook, Twitter, dan Gmail membiarkan Anda memeriksa login aktif untuk melihat apakah ada aktivitas mencurigakan yang terjadi walaupun tidak Anda sadari (misalnya seperti seseorang mengakses akun Twitter Anda dari tempat yang berbeda).

Adalah ide yang baik untuk keluar dari setiap aplikasi terhubung yang tidak digunakan secara teratur.

5) Melindungi Telepon Dengan Mengunci Layar

Apabila seseorang mengambil telepon Anda, dan tidak memiliki kunci layar perlindungan, mereka bisa saja mendapatkan akun sosial media dan browser (lengkap dengan nama pengguna beserta kata sandi).

Sebagai pencegahan, Anda bisa menambahkan pola, kode PIN, atau sidik jari, akan tetapi pastikan Anda menambahkan sesuatu yang bisa menghentikan orang yang tidak diinginkan bisa masuk ke ponsel Anda.

6) Melindungi Akun PC Atau Laptop Anda

Hal yang sama berlaku untuk akun laptop atau desktop, terutama jika browser Anda diatur untuk secara otomatis masuk ke dalam website dan aplikasi yang Anda gunakan setiap hari.

Tambahkan kata sandi atau metode perlindungan lainnya, dan pastikan Windows, macOS atau Linux telah diatur untuk membutuhkan kata sandi ketika Anda Login atau screensaver dinonaktifkan, bukan hanya setiap kali pada saat booting sistem.

7) Aktifkan Fitur Enkripsi

Pesan yang terenkripsi tidak dapat dibaca oleh orang lain kecuali oleh pengirim dan penerima, bahkan apabila seseorang ingin memulai mengintai pesan terenkripsi.

Bisa dilihat dari URL website yang diawali dengan HTTPS (ditandai dengan gembok hijau pada address bar pada browser Anda) dan selalu gunakan sepenuhnya enkripsi pesan pada platform seperti di WhatsApp untuk diskusi-diskusi yang sensitif atau pribadi.

8) Harus Berhati-Hati Pada Saat Menggunakan WI-FI Di Tempat Umum

Masalah dengan WIFI adalah jaringan dapat diakses oleh publik, Anda bisa menggunakannya secara gratis, akan tetapi begitu juga dengan orang lain bisa dengan bebas mengaksesnya.

Yang berarti Anda harus lebih berhati-hati mengenai file yang di bagikan atau terima, website yang di kunjungi, dan mungkin dengan memasang aplikasi VPN untuk pencegahan penyusupan ke dalam sistem Anda.

9) Jangan Berbagi Lebih Dari Yang Tidak Diperlukan

Perlu diingat jaringan sosial seperti Instagram dan Twitter adalah publik secara bawaan, jadi siapa pun dapat melihat dimana Anda berada dan apa yang Anda lakukan apabila berbagi terlalu banyak di sosial media tersebut.

Misalnya dengan menghindari mengupload gambar dengan geo tagging beserta alamat rumah atau tempat kerja.

10) Periksa Akun Utama Anda

Apabila seseorang sedang menelepon Anda yang mengaku dari pihak bank atau ISP jaringan? Apakah Anda yakin?

Selalu periksa bahwa informasi penting tentang Anda yang dapat digunakan untuk tujuan pembobolan keamanan akun seperti hari ulang tahun, nama hewan peliharaan, atau alamat bisa saja tersedia secara online.

11) Mendapatkan Bantuan Dengan Keamanan Online

Ada banyak alat keamanan gratis dan berbayar yang tersedia untuk mengawasi aktivitas online Anda dengan menambahkan lapisan tambahan perlindungan pada browser Anda, pilihlah salah satu yang terbaik dan tetaplah perbarui alat tersebut.

Beberapa alat ini mungkin sedikit melebih-lebihkan dalam membantu, akan tetapi akan membantu ketika Anda sedang mendapatkan masalah saat sedang online.

12) Tips Keamanan Dalam Dunia Nyata

Tidak setiap tindakan pencegahan yang dapat Anda coba adalah digital, beberapa nama terbesar dalam teknologi telah diketahui melakukan rekaman melalui webcam untuk menyadap data-data penggunanya.

Menggunakan internet kabel di rumah mungkin adalah pilihan yang lebih baik dan tidak menyimpan informasi password atau login di mana pun sehingga membuat terlalu mudah untuk hacker mengambil alih akun Anda.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.