10 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Ubuntu Linux

Antusias Teknologi – Ubuntu Linux merupakan sistem operasi sumber terbuka yang populer. Ada banyak alasan mengapa harus menggunakan Ubuntu Linux dengan banyaknya fitur-fitur dan kelebihan yang terdapat dalam distribusi Linux ini. Selain bebas dipakai dan digunakan, tampilan sangat mudah untuk dikustomisasi dan memiliki banyak aplikasi tambahan yang bisa anda pasang.

Ubuntu Linux

Ada banyak distro Linux yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda. Telah menjadi sistem operasi sumber terbuka, Linux memungkinkan para pengembang untuk memilih kode dan menciptakan sesuatu yang baru dan menarik.

Banyak distribusi Linux yang beredar sekarang ini seperti Ubuntu, Mint, Fedora, openSUSE, dan Debian adalah beberapa sistem operasi Linux yang paling populer. Apabila sekarang anda sedang menghadapi masalah dengan gangguan privasi di Windows, anda bisa mencoba menggunakan Linux untuk mendapatkan pengalaman yang baru.

Jika melihat statistik yang ada, Ubuntu adalah sistem operasi open source yang paling populer. Itulah sebabnya di artikel ini akan diberikan 10 alasan terbaik untuk memilih Ubuntu sebagai sistem operasi Linux.

Mengapa Saya Harus Menggunakan Ubuntu Linux?

Ada beberapa kelebihan dari Ubuntu Linux yang membantunya mendapatkan tempat teratas di antara para pengguna-nya. Apa saja kelebihan-nya?

1. Ubuntu Sangat Mudah Digunakan

Banyak pengguna komputer mempertimbangkan untuk menggunakan sistem berbasis Linux dikarenakan susah untuk digunakan dan hanya dibuat untuk ahli/geek. Hal tersebut merupakan kesalahpahaman dan Ubuntu Linux merupakan solusi atas permasalahan tersebut. Sama halnya seperti Windows, instalasi Ubuntu Linux sangat mudah dilakukan bagi pengguna dengan pengetahuan dasar komputer yang dapat memasang dan mengkonfigurasi sendiri sistem-nya.

Selama bertahun-tahun, Canonical telah berupaya meningkatkan pengalaman untuk pengembangan desktop dan antarmuka pengguna. Yang mengejutkan, banyak orang mengatakan bahwa Ubuntu lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Windows.

2. Ubuntu Gratis Digunakan

Tanpa diragukan lagi, ini adalah salah satu alasan terkuat untuk menggunakan Ubuntu Linux. Men-download, menginstall dan menggunakan Ubuntu Linux tidak dikenakan biaya sepeser pun. Cukup hanya dengan men-download file instalasi dari website Canonical atau kunjungi website lokal yang menyediakan distribusi Linux seperti Kambing.ui, maxindo.net, Mirror UGM, Kartolo Surabaya, dan lainnya, setelah mendownload anda tinggal membuat bootable ISO atau membakarnya pada DVD. Sebagian besar aplikasi yang ada di Ubuntu gratis untuk digunakan.

Pada bulan Februari 2018 lalu, versi Ubuntu LTS selanjutnya telah dirilis, yaitu Ubuntu 16.04.4 Xenial Xerus yang didukung hingga bulan April 2021. Sehingga anda juga dapat melihat apa saja fitur-fitur perubahan serta perbaikan dari versi distribusi Ubuntu sebelumnya.

3. Sangat Aman, Dan Katakan Tidak Untuk Anti Virus

Persepsi yang keliru apabila mengatakan bahwa Ubuntu 100% kebal terhadap serangan virus dan malware. Namun, jika dibandingkan dengan Windows yang membutuhkan penggunaan antivirus, risiko serangan malware yang terkait dengan Ubuntu Linux bisa anda abaikan. Sehingga anda bisa menghemat biaya untuk membeli aplikasi antivirus karena tidak lagi dibutuhkan. Memiliki perlindungan Firewall dan proteksi virus terintegrasi yang memastikan bahwa anda telah terlindungi.

4. Kustomisasi Sesuai Dengan Selera

Kebebasan untuk menyesuaikan sistem merupakan salah satu keunggulan utama dari sistem operasi berbasis Linux. Jika anda tidak menyukai lingkungan desktop tertentu, bisa menggantinya dengan yang baru. Dan apabila anda menemukan lingkungan desktop tersebut tidak menyenangkan, jangan ragu untuk bereksperimen dengan sesuatu yang baru.

Karakteristik alami ini diwariskan oleh Ubuntu Linux, menjadikannya pilihan yang cocok untuk penggunaan sehari-hari. Anda dapat mencoba aplikasi kustomisasi tampilan seperti Compiz dan membuat pengalaman menggunakan Ubuntu yang lebih menarik.

5. Berbagai Pilihan Lingkungan Desktop/Desktop Environment

Pengguna baru mungkin tidak mengetahui bahwa selain lingkungan desktop berbasis GNOME, ada banyak lagi pilihan lainnya. Ada berbagai macam pilihan lingkungan desktop Ubuntu yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Apabila anda ingin mencoba tampilan yang modern dari desktop environment KDE, ada Kubuntu, sementara untuk sistem yang mudah dikonfigurasi, tersedia Lubuntu dan Xubuntu.

Ubuntu GNOME dan Ubuntu MATE adalah dua pilihan populer lainnya. Sedangkan distro Linux Edubuntu difokuskan pada sekolah dan lembaga pendidikan.

6. Dukungan Dari Komunitas Ubuntu

Seperti proyek lainnya yang berbasis Linux, Ubuntu memiliki dukungan pengguna yang sangat kuat dan merupakan salah satu kelebihan terbesar dari Ubuntu atas distro lain-nya. Anda dapat mengunjungi Forum Linux Ubuntu dan mendapatkan jawaban atas segala macam pertanyaan dan permasalahan tentang Linux disini https://www.ubuntu.com/support.

7. Persyaratan Sistem Minimalis

Dua distro Ubuntu Linux yaitu Lubuntu dan Xubuntu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sistem yang minimalis, secara default Ubuntu Unity tidak membutuhkan persyaratan sistem tinggi. Persyaratan perangkat keras yang dianjurkan yaitu 700 MHz processor, 512 MB RAM, dan 5GB hard disk.

8. Banyaknya Aplikasi Gratis Di Software Center

Menemukan aplikasi yang menarik jauh lebih mudah di Ubuntu Linux. Anda hanya perlu untuk membuka Ubuntu Software Center dan menemukan semua aplikasi disana. Cukup dengan mengklik tombol Install dan paket akan diinstall. Atau, anda dapat menginstall banyak aplikasi dengan beberapa baris perintah. Untuk penggunaan mendasar, Ubuntu datang pra-install dengan banyak aplikasi seperti Gimp, Chromium, VLC, dan Firefox.

9. Peningkatkan Kompatibilitas, Termasuk Driver Perangkat Keras

Versi baru dari Ubuntu hadir dengan dukungan kernel Linux terbaru. Hal ini memungkinkan untuk menjalankan lebih banyak perangkat keras lama serta sistem baru dengan chip terbaru. Ubuntu juga dilengkapi dengan banyak pra-install driver yang tentunya lebih menghemat waktu.

10. Sistem Operasi Sumber Terbuka

Ubuntu merupakan sistem operasi sumber terbuka sehingga bisa dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan tanpa harus membayar atau gratis.

Bagaimana Cara Menginstall Atau Mencoba Ubuntu?

Anda dapat menggunakan Ubuntu secara Live baik melalui Flashdisk atau DVD dan menjalankannya tanpa harus melakukan instalasi terlebih dulu. Anda juga dapat mencoba sebagai mesin virtual. Ubuntu bisa diunduh langsung dari website resminya di alamat https://www.ubuntu.com/download/desktop.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *