6 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Di Linux

Antusias Teknologi | Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Di Linux – Banyak yang mengatakan bahwa sistem operasi Linux lebih aman dibandingkan dengan Microsoft Windows, namun sebetulnya virus komputer terus berkembang makin canggih tiap tahunnya.

Mungkin sekarang kita jarang mendenger berita bahwa sistem operasi Linux terinfeksi oleh virus, walaupun bukan tidak mungkin dari kurangnya informasi bisa saja saat kita mengakses internet dan mengunduh file terinfeksi virus yang didesain khusus untuk Linux sistem menjadi terinfeksi.

Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Linux

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Oleh karena itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dari serangan virus di Linux, sangat disarankan untuk menginstall aplikasi antivirus baik di sistem operasi Linux sekalipun, tidak ada sistem yang 100 persen benar-benar aman.

Apa saja rekomendasi Antivirus gratis terbaik untuk sistem operasi linux, berikut adalah ulasannya.

6 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Di Linux

1. Sophos Antivirus Untuk Linux

Sophos Antivirus Untuk Linux

Sophos antivirus untuk Linux merupakan solusi antivirus gratis yang bisa anda gunakan. Antivirus ini menggunakan deteksi berbasis heuristik untuk menemukan ancaman dan serangan.

Juga tersedia pilihan pemindaian on demand dan real time, fitur Sophos Live Protection menggunakan basis data yang sama dengan Windows dan macOS untuk memastikan agar dapat mendeteksi virus dan malware.

Sophos antivirus untuk Linux memiliki beberapa tool lainnya, misalnya Sophos akan mencegah sistem Linux anda menjadi titik distribusi sistem operasi lainnya dengan menghapus malware Windows, macOS, dan Android. Sophos juga merupakan aplikasi Linux gratis yang ringan, dengan pembaruan secara berkala.

Fitur:

  • Ringan
  • Gratis
  • Memiliki kinerja yang tinggi
  • Kompatibilitas lintas platform
  • Bisa memblokir dan menghapus malware di luar Linux

2. Comodo Antivirus Untuk Linux

Comodo Antivirus Untuk Linux

Comodo merupakan aplikasi antivirus populer baik untuk sistem operasi Windows dan macOS. Comodo antivirus untuk Linux memberikan perlindungan yang sama dan tersedia untuk arsitektur 32 bit dan 64 bit.

Fitur dari Comodo antivirus untuk Linux atau bisa disingkat dengan CAVL menampilkan analisis perilaku virus secara real-time, pemindaian sesuai dengan permintaan, serta Proteksi anti phishing dan perlindungan dari email spam.

Fitur:

  • Gratis
  • Pemindaian sesuai dengan permintaan pengguna, penjadwalan scan, profil pemindaian khusus
  • Pembaruan berkala
  • Kompatibilitas lintas platform

3. ClamAV

ClamAV

ClamAV merupakan salah satu antivirus untuk Linux gratis paling populer. ClamAV menggunakan baris perintah dalam pengoperasiannya, maksudnya anda menjalankan pemindaian antivirus dan tool lainnya langsung melalui terminal.

Selain itu tersedia tampilan antarmuka GUI yang bernama ClamTK, yang juga dapat anda install agar saat menggunakan ClamAV menjadi lebih mudah. ClamAV dan GUI-nya ClamTK tersedia melalui repositori utama Ubuntu.

Anda dapat menginstal ClamAV menggunakan baris perintah berikut di terminal:

sudo apt install ClamAV

Apabila anda menginginkan untuk menginstall ClamTK GUI setelahnya, gunakan perintah berikut ini:

sudo apt install ClamTK

Fitur:

  • Sumber terbuka/open source
  • Antarmuka baris perintah (atau opsi tampilan antarmuka GUI)
  • Pemindaian sesuai dengan permintaan

4. F-Prot

F-Prot

F-Prot adalah antivirus Linux gratis yang menyediakan dukungan teknis untuk pengguna perseorangan dan perusahaan. Pengguna perseorangan dapat menggunakan pemindai antivirus F-Prot untuk memberikan perlindungan sistem Linux agar bebas dari virus dan malware.

F-Prot dapat memindai dan menghapus virus boot sektor, ransomware, dan jenis-jenis malware lainnya, dengan puluhan juta basis data digital terhadap file berbahaya yang telah di uji oleh berbagai individu di seluruh dunia.

Fitur:

  • Gratis
  • Kompatibel dengan arsitektur sistem 32 dan 64 bit
  • Tidak mempengaruhi kinerja sistem
  • Antarmuka dengan baris perintah atau GUI

5. Chkrootkit

Chkrootkit

Chkrootkit merupakan pemindai malware rootkit untuk Linux. Chkrootkit tersedia gratis dan termasuk aplikasi sumber terbuka. Namun, aplikasi ini tidak sepenuhnya antivirus untuk Linux. Karena hanya memindai dan menghapus malware tertentu, yang dikenal sebagai rootkit.

Chkrootkit memiliki beberapa fitur yang berguna diantaranya sangat ringan, fitur lainnya yaitu anda dapat melakukaan booting Chkrootkit saat pc atau laptop dihidupkan langsung dari Linux live CD atau Live USB.

Atau dengan cara lainnya yaitu dengan menginstall Chkrootkit langsung dari repositori Ubuntu dengan menggunakan baris perintah ini di terminal:

sudo apt install chkrootkit

Anda kemudian dapat menjalankan pemindaian rootkit di seluruh sistem dengan menggunakan perintah:

sudo chkrootkit

Chkrootkit menerima pembaruan secara berkala. Daftar definisi secara terus menerus menerima tanda tangan digital paling terbaru. Chkrootkit dapat memindai lebih dari 70 rootkit, worm, dan jenis malware berbasis kernel.

Walaupun bukan termasuk antivirus, Chkrootkit merupakan tool yang bisa anda gunakan untuk pemindaian rootkit di linux.

Fitur:

  • Rootkit, worm, dan deteksi dan penghapusan malware berbasis kernel
  • Berukuran sangat ringan
  • Bisa dijalankan dari live CD atau live USB
  • Antarmuka menggunakan baris perintah

6. Rootkit Hunter

Rootkit Hunter

Rootkit Hunter, atau rkhunter adalah tool pemindai rootkit Linux gratis lainnya yang bisa anda gunakan. Sama seperti Chkrootkit, rkhunter memindai sistem Linux untuk mengenali rootkit, backdoor, dan malware eksploit lainnya. Rootkit Hunter menggunakan algoritma hashing SHA-1 untuk mendeteksi malware.

Rootkit Hunter bisa digunakan secara portabel dan kompatibel dengan sejumlah besar sistem berbasis UNIX.

Anda dapat menginstal rkhunter dari repositori Ubuntu dengan menggunakan perintah:
sudo apt install rkhunter

Kemudian jalankan pemindaian rootkit pada sistem menggunakan perintah:

sudo rkhunter-c

Fitur:

  • Mampu mendeteksi dan menghapus rookit, backdoor, dan malware eksploit lainnya
  • Portabel
  • Ringan
  • Antarmuka menggunakan baris perintah

Pilihan Antivirus Linux Berbayar

Daftar pilihan antivirus gratis di Linux tidak begitu banyak tersedia seperti yang bisa anda temukan untuk Windows. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena Windows secara signifikan lebih rentan dari serangan virus dan malware daripada Linux.

Jika anda memiliki dana lebih, terdapat beberapa pilihan antivirus linux berbayar yang perlu di pertimbangkan, diantaranya:

ESET Nod32 Antivirus untuk Linux
https://www.eset.com/us/home/antivirus-linux/

F-Secure Linux Security
https://www.f-secure.com/en/web/business_global/downloads/linux-security

Dr.Web untuk Linux
https://products.drweb.com/linux/?lng=en

Avast Linux
https://www.avast.com/en-gb/linux-server-antivirus

Pilihan antivirus Linux gratis yang anda pilih bergantung pada lingkungan kerja anda, serta perangkat keras yang digunakan.

Apabila anda menginginkan perlindungan sistem secara penuh, bisa menggunakan antivirus dari Sophos dan ClamAV. Sedangkan apabila memerlukan pemindai rootkit, anda memiliki dua pilihan yaitu Chkrootkit dan Rootkit hunter. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.