SumatraPDF Aplikasi Pembuka Dokumen PDF Ringan Di Windows 10

Antusias Teknologi | – File bertipe PDF sudah sangat umum kita temukan baik di grup telegram, atau whatsapp maupun berbagai website yang ada di internet, dan biasanya file PDF ini sangat mudah dan cepat untuk disebarluaskan karena keuntungan dari ukuran yang kecil dan popularitasnya.

Aplikasi SumatraPDF

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru buatan microsoft, penggunaan memori dibawah dua giga akan terlihat sekali beratnya ditandai dengan seringnya muncul sistem hang atau tidak merespon dalam beberapa saat sewaktu membuka banyak aplikasi secara bersamaan, untuk itulah kita perlu selektif dalam memilih aplikasi jika masih mempunyai kapasitas RAM yang terbatas, terutama khususnya aplikasi-aplikasi ringan dan memiliki fitur optimal.

Apabila anda sedang mencari pembuka dokumen PDF khususnya untuk Windows 10 yang berukuran ringan, mudah digunakan, dan tidak memberatkan sistem, maka anda bisa memilih aplikasi SumatraPDF sebagai pilihan utama, aplikasi yang berkategori sumber terbuka ini gratis untuk digunakan dan mendukung banyak format dokumen seperti PDF, CHM, DjVu, EPUB, FB2, MOBI, PRC, OpenXPS, OXPS, XPS, dan file CB7, CBR, CBT, CBZ.

SumatraPDF juga bisa digunakan pada sistem operasi linux dengan bantuan aplikasi Wine, dan aplikasi ini hanya dikhususkan untuk dapat membaca file PDF saja, sehingga tidak bisa untuk mengedit ataupun membuat file PDF. Aplikasi ini dibuat oleh seorang desainer dan pengimplementasi aplikasi bernama Krzysztof Kowalczyk.

Selain itu, SumatraPDF dapat anda pakai langsung dari flashdisk atau harddisk eksternal karena aplikasi ini berjenis portable dan ringan, ini terlihat saat SumatraPDF hanya menggunakan memori sebesar 14 mb saja di task manager saat aplikasi ini sedang dijalankan. SumatraPDF telah mendukung banyak bahasa selain Indonesia yang dapat anda ubah melalui Pengaturan – Ubah Bahasa.

Beberapa fitur berguna diantaranya anda bisa melakukan perbesaran da perkecilan halaman dokumen pdf, menambahkan halaman tertentu ke dalam favorit, mengubah tata letak dan tab, membuka bookmark dengan cepat dari sisi kiri layar, dan fitur pencarian kata dalam dokumen pdf.

Untuk mencobanya anda dapat mengunduh aplikasi langsung dari website resminya di alamat https://sumatrapdfreader.org.

Selamat mencoba.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.