8 Aplikasi Freeware Untuk Membagi Dan Menggabungkan File Di Windows

Antusias Teknologi – 8 Aplikasi Freeware Untuk Membagi Dan Menggabungkan File Di Windows – Seiring dengan berjalan-nya waktu, ukuran file dan aplikasi yang ada di komputer anda akan semakin membesar. File foto akan memiliki ukuran piksel menjadi lebih besar.

File video sekarang sering dibagikan dalam format HD dan 4K yang berarti ukuran file menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk game, beberapa game sekarang berukuran sebesar diatas 20GB saat proses download dan setelah selesai instalasi. Aplikasi juga sama, misalnya instalasi dari Microsoft Office yang paling terbaru sekarang ukurannya jauh lebih besar daripada dulu.

Aplikasi Freeware HJSplit

Ukuran data akan bertambah dari waktu ke waktu, akan menjadi masalah saat anda mencoba untuk memindahkan atau menyalin file ke media yang lebih terbatas.

Misalnya mungkin anda mencoba untuk mengirim file video melalui email yang memiliki batasan ukuran pada lampiran, atau anda mungkin bisa mencoba untuk membuat backup atau menyalin file berukuran besar seperti file ISO, media optik atau flash disk.

Apabila file terlalu besar untuk batas ruang yang tersedia, maka perlu dibagi menjadi beberapa bagian.

Memecah file besar menjadi ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil sehingga dapat disatukan kembali adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah diatas.

Hal yang sudah umum dalam membagi sebuah file besar saat harus memasukkannya ke dalam CD atau DVD.

Anda memerlukan bantuan aplikasi untuk membagi file, berikut adalah 8 aplikasi yang bisa membantu anda untuk membagi dan menggabungkan file berukuran besar.

8 Aplikasi Freeware Untuk Membagi Dan Menggabungkan File Di Windows

1. HJSplit

HJSplit

HJSplit merupakan aplikasi gratis untuk membagi dan menggabungkan file besar sampai berukuran diatas 100 giga. Aplikasi buatan Freebyte ini dilengkapi dengan empat fitur untuk digunakan yaitu, Split, Join, Compare dan Checksum.

Saat akan membagi file anda dapat menentukan seberapa kecil atau besar ukurannya. Ukuran file berukuran mulai dari kilobyte (KB) sampai dengan gigabyte (GB) sesuai dengan ukuran pada disket, CD/DVD, USB fash disk dan penyimpanan portabel lainnya.

Atau anda juga bisa mengirimnya melalui email dan menguploadnya ke layanan penyimpanan awan. HJSplit akan menggabungkan file yang telah dibagi dengan ukuran sama seperti aslinya.

Aplikasi ini akan membandingkan antara dua buah file dan memeriksa-nya apakah sama panjang apabila bit data telah berada pada posisi yang sama.

Fitur dari Checksum berfungsi untuk menghasilkan MD5 checksum yang membantu penerima file tidak mengalami perubahan dari file yang dibagi.

HJSplit dapat dijalankan tanpa instalasi dan aplikasi ini juga bisa dijalankan pada versi Windows lama seperti 3.x dan MS-DOS, sehingga file dapat dibagi dan digabungkan seperti aslinya dengan HJSplit pada sistem operasi yang berbeda misalnya Windows XP/7/10.

2. Fastest File Splitter and Joiner (FFSJ)

Fastest File Splitter and Joiner (FFSJ)

Aplikasi FFSJ mengklaim menjadi aplikasi yang cepat dalam membagi dan menggabungkan suatu file, aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan, efisien dan mudah digunakan. Hadir dalam dua versi yaitu versi lite dan standar.

Versi Lite merupakan aplikasi yang berdiri sendiri sedangkan versi standar terdapat pilihan menu membagi dan menggabung dengan cara klik kanan.

FFSJ memiliki fitur baris perintah sehingga file dapat dibagi dan digabung dengan perintah skrip atau melalui Command Prompt Windows.

Membagi file caranya cukup mudah dan anda hanya perlu menarik file ke dalam aplikasi atau memilihnya secara manual, selanjutnya memilih hasil direktori penyimpanan serta menerapkan metode untuk pembagian file.

File dapat dibagi sesuai dengan jumlah atau ukuran tertentu. Fitur enkripsi data berguna agar hanya orang tertentu yang mengetahui kata sandi-nya yang dapat menggabungkan kembali file tersebut.

Untuk menggabungkan file anda hanya perlu melakukan perintah drag dan drop (tarik dan lepaskan), kemudian memilih direktori tujuan penyimpanan. Kata sandi akan diperlukan apabila anda akan mengenkripsi file.

Fitur MD5 Checksum memungkinkan anda untuk mendapatkan checksum dari suatu file sebelum dibagi atau menggabung, sehingga file dapat diverifikasi untuk melihat apakah checksum telah sesuai.

3. KFK

KFK

Aplikasi KFK yang dibuat oleh KC Software juga memiliki fitur membagi dan menggabungkan file, KFK memiliki pilihan untuk memburning file ke dalam CD atau DVD (apabila anda telah memasang aplikasi VSO CopytoDVD).

Anda bisa menarik suatu file ke dalam aplikasi KFK atau memilihnya secara manual. Dalam fitur membagi file, anda dapat menetapkan jumlah bagian atau ukuran tertentu pada setiap bagian-nya.

Kotak centang “Generate automatic rebuild file” fungsinya adalah membuat skrip dalam file sehingga anda dapat menggabung tanpa menggunakan aplikasi KFK.

Disarankan jangan men-download versi biasa dari website KC karena mengandung adware, melainkan memilih versi Lite atau versi portabel sebagai gantinya.

4. GSplit 3

GSplit 3

GSplit 3 merupakan aplikasi dengan pilihan pengaturan lanjutan dalam daftar ini. GSplit dapat membuat kustom tag pada file yang akan dibagi, bahkan ada pilihan menu seperti file yang dapat dipisah satu persatu.

Ada empat metode standar untuk membagi file yaitu dengan nomor file, dengan ukuran setiap file, berdasarkan jumlah ukuran setiap file secara individual atau membagi file teks dengan baris.

Fitur dari self uniting function (SFU) berfungsi untuk menambahkan file executable sehingga dapat digabung tanpa menggunakan aplikasi GSplit.

File SFU dapat disesuaikan dengan pesan buatan anda sendiri seperti mengubah gambar, pilihan folder tujuan, menjalankan aplikasi setelah dibagi dan otomatis memulai atau mengakhiri.

Tombol Express adalah cara cepat untuk membagi file dalam satu windows. Tersedia versi install dan portabel dari aplikasi GSplit 3.

5. Membagi File Dengan Aplikasi Kompresi (PeaZip)

PeaZip

Salah satu cara yang paling dikenal dalam membagi file menjadi beberapa bagian adalah dengan menggunakan aplikasi kompresi berkas.

Sebagian besar aplikasi pengarsipan memiliki kemampuan untuk membuat arsip dalam bentuk format zip atau 7z.

Mungkin anda sering menemukan file berbentuk berkas arsip saat akan men-download game, video, aplikasi dan file besar lainnya dari internet.

Biasanya file tersebut dibuat oleh salah satu kelompok yang telah menetapkan aturan saat membagi file besar agar memudahkan pendistribusian.

PeaZip dapat membagi file dengan dua cara berbeda. Pertama adalah membuat beberapa bagian file arsip. Cara kedua yaitu menggunakan metode langsung dengan membagi file seperti aplikasi di atas.

PeaZip merupakan aplikasi pengarsip berkas yang kemampuannya sangat baik dan kebanyakan orang menginginkan aplikasi ini terinstall di komputer. Tersedia versi portabel apabila anda tidak menyukai menginstall PeaZip.

Untuk membagi file arsip pada PeaZip, klik Add pada menu dan pilih file yang akan ditambahkan. Pilih tempat untuk menyimpan file dan pada menu drop down pilih Self extracting 7z, serta ukuran pembagian file.

Ada 9 ukuran preset yang dapat anda pilih secara khusus dan masukkan ukuran dalam KB, MB atau GB. Dengan adanya fitur self extracting 7z, anda dapat mengirim file tersebut ke seseorang atau internet untuk digabung tanpa harus menginstall aplikasi PeaZip.

Apabila fitur self extracting 7z tidak dibutuhkan, anda bisa memilih format 7z atau Zip. Membagi file dapat dilakukan dengan dua cara dalam aplikasi PeaZip.

Cara paling mudah yaitu dengan mengklik menu Add, kemudian pilih file yang akan dibagi dan tempat menyimpan hasilnya sama seperti cara di atas, dan pilih Split pada menu, kemudian pilih ukuran file dan proses pun akan dimulai.

Cara lainnya untuk membagi file yaitu melalui menu Tools > PeaUtils, tempat menyimpan hasilnya akan sama seperti file yang akan dibagi.

Fitur dari PeaUtils berfungsi untuk menggabungkan file yang telah dibagi menjadi satu file lagi. Caranya adalah dengan mengklik menu drop down dan pilih Join file, kemudian cari file pertama dengan ekstensi (.001) atau menariknya ke dalam aplikasi.

PeaUtils merupakan tool terpisah yang tersedia dari website PeaZip. Oleh karena itu, anda dapat membagi file, menggabungkan file atau menggunakan menu pilihan lainnya yang tersedia tanpa harus menggunakan aplikasi PeaZip.

6. Membagi Dan Gabung File Dengan File Manajer (FreeCommander)

FreeCommander

Beberapa aplikasi gratis seperti NexusFile, Double Commander dan Explorer++ memiliki kemampuan untuk membagi dan menggabungkan file.

Sama halnya dengan aplikasi FreeCommander karena memiliki fitur tambahan untuk membuat suatu file dapat dieksekusi (executable file) yang dapat digabung dengan file lainnya secara bersamaan tanpa memerlukan FreeCommander atau aplikasi lainnya lagi.

Pada versi baru dari aplikasi XE FreeCommander tidak memiliki fitur membagi dan menggabungkan file. Pilih file untuk membagi pada aplikasi FreeCommander dan kemudian pilih menu Split pada toolbar (atau tekan Ctrl+Shift+I di keyboard).

Pada jendela Split File pilih target folder dan tentukan ukuran yang akan ditetapkan pada setiap file. Anda juga dapat mencentang pilihan Create EXE yang sifatnya opsional untuk menambahkan file eksekusi secara terpisah dan klik OK untuk memulainya.

Apabila anda tidak membuat file executable, FreeCommander akan membuat skrip bersamaan dengan file yang telah dibagi sehingga dapat digabungkan dengan menggunakan perintah Windows.

Karena tidak adanya pilihan menu untuk menggabungkan file dalam FreeCommander, sehingga anda harus menggunakan salah satu dari dua metode lain sebagai gantinya.

Atau anda bisa menggunakan aplikasi lain dalam menggabungkan file seperti IgorWare File Joiner yang dapat diintegrasikan ke dalam menu FreeCommander.

7. Membagi Dan Menggabung File Dengan Salah Satu Website

Website Split File

Cara yang satu ini mungkin terdengar agak unik, akan tetapi ada salah satu website yang cara kerjannya sama seperti aplikasi diatas.

Yang harus anda lakukan adalah menarik file ke halaman dan skrip JavaScript digunakan untuk membagi file menjadi beberapa bagian dengan ukuran tertentu.

Kelebihannya adalah file yang telah di-upload atau download menggunakan internet dan seluruh proses dilakukan secara lokal pada komputer Anda.

Saat akan menambahkan file ke dalam website pastikan untuk menambahkannya pada batas warna abu-abu yang telah disebutkan dalam “Drop files here…”, jika tidak file hanya akan tersimpan di dalam browser.

Kotak informasi akan muncul untuk memilih ukuran file dari byte, kilobyte atau megabyte yang bisa diterima.

Tombol dengan nomor warna hijau adalah file yang akan dibagi dan anda cukup mengklik pada masing-masing untuk men-download atau klik “Save all in a Zip” untuk mendapatkan hasilnya dalam satu file zip.

Untuk menggabungkan kembali file tambahkan semua bagian-nya pada kotak warna abu-abu, pilih nama file dan klik Save.

Anda juga dapat menambahkan file ke dalam daftar dari lokasi lainnya dengan menggunakan tombol Add more.

Perlu menjadi catatan fitur membagi dan menggabung memerlukan proses yang tidak sebentar untuk ukuran file yang lebih besar seperti gigabyte, sedangkan file berukuran ratusan megabyte akan diproses lebih cepat.

8. Glary Utilities

Glary Utilities

Cara terakhir ini mirip dengan manajer file karena merupakan aplikasi yang juga terdapat fitur untuk membagi dan menggabung.

Glary Utilities memiliki fitur untuk membagi dan menggabungkan file baik pada versi gratis atau berbayar.

Klik Browse untuk mulai membagi file dan masukkan folder tempat tujuan untuk menyimpan.

Pilih besar ukuran file atau masukkan nilai kemudian anda bisa menambahkan pilihan “Add self joining functionality to the split files set”.

Opsi ini akan menyimpan file eksekusi yang dapat diulai secara otomatis menggabungkan file tanpa memerlukan aplikasi Glary Utilities.

Untuk menggabungkan file caranya adalah sebagai berikut, pilih salah satu file yang telah dibagi, kemudian pilih direktori penyimpanan untuk menggabungkan file dan klik Join.

Aplikasi serupa lainnya yang disebut Puran juga memiliki menu menggabungkan dan membagi file. Puran file splitter hadir dalam versi tersendiri dengan pilihan untuk membuat file executable atau batch.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.