Sekarang Pengguna Linux Mint 18.2 Sudah Bisa Mengupgrade Ke Linux Mint 18.3 Sylvia, Begini Caranya

Upgrade dari sistem operasi Linux Mint 18.2 “Sonya” sekarang telah resmi dibuka dan pengguna dapat meng-upgrade rilis instalasi terbaru ke Linux Mint 18.3 “Sylvia”.

Linux Mint 18.3 Sylvia
Image Credit via Softpedia.com

Rilis dari Linux Mint 18.3 Sylvia diluncurkan beberapa hari sebelumnya bersamaan dengan edisi Cinnamon dan MATE, yang sebelumnya telah tersedia untuk di download dari miror FTP proyek utama pengembang. Sekarang, pilihan untuk upgrade sudah dibuka khusus untuk pengguna Linux Mint 18.2, yang memungkinkan anda untuk meng-upgrade sistem operasi ke rilis terbaru Linux Mint 18.3.

Namun, pilihan upgrade nampaknya hanya dibuka secara khusus untuk pengguna Linux Mint 18.2 “Sonya” Cinnamon dan MATE, sepertinya untuk pengguna KDE dan Xfce harus menunggu sampai akhir tahun ini untuk Linux Mint 18.3 Sylvia edisi Xfce dan KDE yang akan dirilis nantinya. Lebih lengkapnya, ikuti petunjuk di bawah ini apabila anda ingin meng-upgrade ke Linux Mint 18.3.

Cara Upgrade Linux Mint 18.2 Ke Linux Mint 18.3

Untuk meng-upgrade instalasi Linux Mint 18.2 anda ke Linux Mint 18.3, langkah pertama anda diharuskan untuk membuat sebuah cadangan/backup file-file sistem yang penting dengan menggunakan utility Timeshift, dan kemudian menonaktifkan screensaver. Pengguna Cinnamon juga bisa meng-upgrade Cinnamon spices.

Meng-upgrade ke Linux Mint 18.3 cukup mudah dengan membuka aplikasi Update Manager, kemudian klik tombol “Refresh” untuk memeriksa rilis versi terbaru dari mint-upgrade-info dan mintupdate packages dan menginstallnya apabila telah tersedia. Selanjutnya, buka System Upgrade utility, buka Edit Menu dan klik pada “Upgrade to Linux Mint 18.3 Sylvia”.

Silahkan ikuti petunjuk yang terdapat pada layar anda untuk meng-upgrade instalasi Linux Mint 18.2 edisi Sonya ke Linux Mint 18.3 edisi Sylvia. Pastikan anda mengganti file konfigurasi selama instalasi apabila diminta untuk melakukannya. Setelah proses upgrade selesai, restart komputer dan anda sudah siap untuk menggunakan Linux Mint 18.3 pada PC.

Developer Linux Mint menginformasikan pengguna bahwa proses upgrade tidak akan memperbarui paket kernel, jadi anda harus melakukannya secara manual apabila anda ingin menjalankan kernel Linux 4.10 dari Linux Mint 18.3. Dan harus secara manual menginstall aplikasi yang baru diperkenalkan seperti Redshift dan System Reports dari repositori resmi aplikasi.

Pilihan Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia
Image Credit via Softpedia.com

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.