5 Pilihan Aplikasi Pemutar Musik Di Fedora Linux

Antusias Teknologi | 5 Pilihan Aplikasi Pemutar Musik Di Fedora Linux – Apakah anda menyukai memutar musik? Jika jawabannya adalah iya maka Distro Linux Fedora memiliki apa yang sedang anda cari saat ini, yaitu pilihan aplikasi pemutar musik yang dapat anda gunakan saat sedang memiliki banyak waktu luang atau santai.

Musik

Daftar aplikasi dibawah memiliki banyak fitur-fitur yang dapat anda eksplorasi dan jelajahi, dari menjalankan musik, pengaturan equalizer, mengelola librari sampai dengan mendengarkan stasiun radio secara online.

Berikut ini adalah lima pilihan aplikasi pemutar musik baik dalam bentuk grafis dan berbasis terminal yang bisa anda coba.

5 Pilihan Aplikasi Pemutar Musik Di Fedora Linux

1. Quod Libet

Quod Libet

Quod Libet merupakan aplikasi manajer lengkap untuk mengelola perpustakaan audio/musik. Apabila anda memiliki jumlah musik yang banyak dan tidak hanya ingin didengarkan tetapi juga dikelola, maka Quod Libet mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Quod Libet dapat mengimpor musik dari beberapa lokasi harddisk, dan memungkinkan anda untuk mengedit tag file audio. Fitur lainnya adalah terdapat berbagai plugin yang tersedia dari equaliser sampai sinkronisasi last.fm. Anda juga dapat mencari dan memainkan musik secara langsung dari Soundcloud.

Quod Libet telah mendukung layar HiDPI, dan tersedia sebagai RPM di Fedora ata Flathub apabila anda menjalankan Silverblue. Untuk menginstalnya anda bisa menggunakan aplikasi Gnome atau melalui baris perintah:

$ sudo dnf install quodlibet

2. Audacious

Audacious

Apabila anda menyukai pemutar musik sederhana yang tampilannya terlihat seperti Winamp, maka Audacious mungkin pilihan yang tepat bagi anda.

Audacious mungkin tidak akan mengelola semua koleksi musik anda secara sekaligus, tetapi bekerja dengan sangat baik jika anda ingin mengatur musik sebagai file. Anda juga dapat mengekspor dan impor playlist tanpa harus melakukan reorganisasi file musik.

Sebagai tambahan, anda dapat membuatnya terlihat mirip dengan Winamp. Untuk melakukannya, buka menu Settings / Appearance, kemudian pilih Winamp Classic Interface pada bagian atas. Dan kini tampilan dari Audacious akan mirip dengan aplikasi Winamp.

Audacious telah tersedia sebagai RPM di Fedora, dan dapat diinstal dengan menggunakan aplikasi Gnome atau perintah berikut melalui terminal:

$ sudo dnf install audacious

3. Lollypop

Lollypop

Lollypop adalah pemutar musik yang menyediakan integrasi dengan GNOME shell. Jika anda telah menikmati tampilan dari GNOME, dan ingin pemutar musik dengan tampilan yang mirip, maka Lollypop bisa menjadi pilihan anda.

Selain integrasi visual yang baik dengan GNOME Shell, juga bekerja dengan baik pada layar HiDPI, dan memiliki tema berwarna gelap.

Selain itu, Lollypop memiliki pengunduh cover musik yang telah terintegrasi, dan mode Party Mode (tombol catatan yang berada di sudut kanan atas) yang akan memilih dan memainkan musik secara otomatis untuk anda. Juga telah terintegrasi dengan layanan online seperti last.fm atau libre.fm.

Tersedia baik RPM di Fedora atau Flathub untuk workstation pada Silverblue, untuk menginstallnya bisa menggunakan aplikasi Gnome atau menggunakan perintah melalui terminal:

$ sudo dnf install lollypop

4. Gradio

Gradio

Bagaimana jika saat ini anda tidak memiliki musik apapun, tetapi masih ingin mendengarkan musik? Atau anda hanya menyukai mendengarkan radio? Maka Gradio hadir untuk anda.

Gradio merupakan pemutar radio sederhana yang memungkinkan anda untuk mencari dan memutar stasiun radio dari internet. Anda dapat menemukannya dengan mudah mulai dari negara, bahasa, atau hanya dengan menggunakan pencarian.

Dan tambahan fitur lainnya yaitu visual terintegrasi ke dalam GNOME Shell, bekerja dengan baik dengan layar HiDPI, dan memiliki pilihan untuk tema berwarna gelap.

Gradio telah tersedia di Flathub yang bekerja dengan Fedora Workstation dan Silverblue. Cara menginstallnya bisa menggunakan aplikasi Gnome.

5. sox

sox

Apakah anda suka menggunakan terminal di linux, dan sering mendengarkan musik sementara anda sedang bekerja? Maka anda tidak harus meninggalkan terminal dengan adanya sox.

SOX merupakan pemutar musik yang sangat sederhana dengan berbasis terminal. Yang perlu anda lakukan adalah menjalankan perintah berikut ini:

$ play file.mp3

Maka sox akan memutarnya untuk anda. Selain file audio, sox juga mendukung playlist dalam format m3u.

Karena sox adalah sebuah aplikasi berbasis terminal, maka anda dapat menjalankannya dengan SSH. Apakah Anda memiliki sebuah server dengan tambahan speaker ? Atau anda ingin memainkan musik dari komputer yang berbeda? Mencoba menggunakannya bersamaan dengan aplikasi tmux, sehingga anda dapat tetap mendengarkan musik bahkan saat sesi telah tertutup.

SOX tersedia di Fedora sebagai RPM. Menginstalnya bisa dengan menjalankan perintah:

$ sudo dnf install sox

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.