10 Aplikasi Linux Terbaik Di 2018

Antusias Teknologi – 10 Aplikasi Linux Terbaik Di 2018 – Kebanyakan orang telah mengetahui bahwa sebagian besar distribusi Linux (distro) bebas dan gratis untuk di download, namun tidak semua orang belum menyadari bahwa Linux juga memiliki akses ke ribuan aplikasi gratis melalui manajer paket.

10 Aplikasi Linux Terbaik Di 2018

Sebagian besar distro linux hadir dengan beragam pilihan aplikasi yang telah terinstal untuk mempermudah pekerjaaan anda, akan tetapi masih ada lebih banyak aplikasi yang belum pernah dicoba, baik aplikasi yang masih terus dikembangkan ataupun sudah dalam versi stabil.

Di dalam artikel ini akan dibahas tentang 10 aplikasi desktop terbaik pada sistem operasi Linux. Semua aplikasi tersebut dapat diinstall melalui baris perintah atau dengan menggunakan aplikasi manajer paket seperti Synaptic Package Manager.

10 Aplikasi Linux Terbaik Di 2018

1. Synaptic

Synaptic

Beberapa distro Linux seperti Ubuntu telah dilengkapi dengan toko aplikasi tersendiri, akan tetapi tidak ada yang cepat dan mudah digunakan seperti Synaptic, yang berfungsi sebagai antarmuka aplikasi berbasis grafis dengan penggunaan baris perintah ‘apt-get’.

Anda dapat menginstall-nya pada setiap distro berbasis Debian Linux seperti Ubuntu atau Linux Mint.

Menelusuri beragam kategori aplikasi seperti game dan hiburan bisa menggunakan panel yang terdapat di sebelah kiri. Dengan cara mengklik kotak di samping nama aplikasi untuk menandai instalasi atau penghapusan instalasi kemudian klik Apply pada bagian atas untuk menjalankan perubahan.

Semua aplikasi yang terdapat dalam distro Linux tertentu dapat di install melalui Synaptic.

2. VLC Media Player

VLC Media Player

VLC merupakan aplikasi yang paling dikenal sebagai media player. Saat terinstall, secara otomatis VLC akan mendownload codec untuk hampir setiap jenis file audio atau video, yang berarti anda tidak akan pernah memiliki masalah dalam pemutaran file.

Aplikasi ini juga dapat memainkan kepingan DVD. Anda dapat menggunakan klip file video dan mengkonversi dari satu format ke format lainnya seperti dari AVI ke MP4.

Media player ini juga dapat bertindak sebagai server, yang memungkinkan anda untuk melakukan streaming media dari perangkat lain.

3. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox

Firefox merupakan web browser default pada distro Linux seperti Ubuntu dan Linux Mint. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan adalah salah satu kelebihannya.

Firefox dapat memutar video YouTube langsung dari browser, dan dapat men-download plugin untuk memainkan format video lainnya. Browser juga dapat di update secara otomatis, yang berarti anda akan selalu memiliki versi terbaru.

Firefox mendukung sejumlah ekstensi untuk meningkatkan pengalaman dalam menjelajahi suatu halaman web, dan anda dapat menyesuaikan browser ini lebih lanjut melalui halaman add-ons, dimana anda bisa menginstal berbagai macam tema.

4. Gimp

Gimp

GIMP (GNU Image Manipulation Program) merupakan editor gambar populer gratis lintas platform. Dapat digunakan untuk mengedit foto seperti mengubah ukuran, menambahkan layer dan efek khusus lainnya.

Anda dapat mengakses menu ini melalui toolbox atau menu dropdown. Website GIMP memiliki banyak pilihan tutorial yang bisa membantu anda dalam menggunakan aplikasi ini.

Apabila anda telah terbiasa dengan aplikasi Adobe Photoshop, mungkin akan sedikit memakan waktu bagi anda untuk menyesuaikan dengan tampilan antarmuka GIMP, dan dapat melakukan hampir semua editor gambar profesional dapat lakukan.

Anda bahkan dapat menambahkan plugin Photoshop tertentu pada GIMP. Secara default aplikasi GIMP akan memakan kurang dari 100MB ruang harddisk yang merupakan kelebihan lainnya, terutama bagi anda yang memiliki penyimpanan hardisik berukuran kecil.

5. Deluge

Deluge

Banyak distribusi Linux hadir dengan klien BitTorrent, Deluge merupakan aplikasi yang ringan dan memiliki fitur yang lengkap dalam men-download file.

Tampilan antarmuka sangat mudah untuk dikuasai dan dapat ditingkatkan dengan sejumlah plugin seperti shutdown komputer saat download telah selesai.

Anda bahkan dapat mengatur Deluge sehingga dapat diakses melalui antarmuka website dari perangkat lain-nya, sehingga anda bisa men-download file ke komputer di rumah saat sedang pergi.

6. Thunderbird

Thunderbird

Thunderbird merupakan aplikasi email klien gratis lintas platform. Dengan beberapa langkah anda dapat membuat alamat email baru atau menggunakan email yang sudah ada.

Database Thunderbird berisi pengaturan email untuk penyedia layanan email umum seperti gmail, Yahoo, microsoft dan lainnya, dan anda dapat menambahkan akun email sebanyak yang diinginkan.

Sama seperti Mozilla Firefox, fungsi Thunderbird dapat ditingkatkan dengan adanya add-ons/pengaya, seperti tema agar membuatnya lebih berwarna-warni, atau add-ons yang berfungsi lebih baik dalam mengurutkan folder pesan.

Add-ons penting lainnya seperti ekstensi Lightning yang akan menambahkan kalender berfungsi sepenuhnya ke email klien.

7. LibreOffice

LibreOffice

LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran populer, sebagai pengganti dari aplikasi berbayar Microsoft Office. Tampilan antarmuka mungkin terlihat sangat standar, walaupun begitu produk ini memiliki beberapa fitur yang sangat banyak.

Pengolah kata LibreOffice Writer, aplikasi pembuat spreadsheet Calc dan pembuat slide presentasi Impress telah terinstall di Ubuntu dan pada sebagian besar turunannya.

Aplikasi perkantoran ini termasuk tiga aplikasi yang kurang dikenal, Draw, Math Dan Base yang digunakan untuk mengedit vektor grafis, menyusun formula matematika dan mengelola database.

8. Pidgin

Pidgin

Pidgin adalah aplikasi pesan instan yang bisa anda gunakan untuk terhubung ke dalam beberapa jaringan chatting secara sekaligus, seperti AIM, Bonjour, IRC dan Google Talk. Sayangnya Facebook chat tidak lagi tersedia karena jaringan sosial tersebut tidak lagi mendukung pesan protokol XMPP terbuka.

Pidgin dapat ditingkatkan dengan memasang plugin pihak ketiga. Salah satunya adalah memungkinkan anda untuk terhubung ke jaringan chat lainnya seperti Skype, sementara plugin lainnya dapat digunakan untuk melindungi percakapan anda seperti plugin OTR (Off the Record).

9. ClamAV/ClamTk

ClamAV

Meskipun sistem Linux tidak akan terpengaruh oleh virus yang telah dirancang untuk menginfeksi sistem operasi Windows, PC Anda mungkin secara tidak sengaja dapat meneruskan file virus berbahaya ke komputer lain-nya misalnya dalam lampiran email atau flashdisk.

Dan saat ini, bahkan ada beberapa kasus virus dan malware yang ditujukan untuk menyerang sistem operasi Linux. Antivirus ClamAV menyediakan perlindungan dari virus dan malware untuk Linux dan dapat mendeteksi berbagai jenis malware.

Antivirus ini sering digunakan pada server mail tetapi juga dapat dijalankan pada sistem desktop apabila anda ingin memindai file atau folder.

Secara default ClamAV hanya dapat digunakan dari baris perintah, akan tetapi anda juga dapat menggunakan Synaptic untuk menginstal ‘clamtk’ dan ‘nautilus clamtk’ yang memungkinkan untuk memindai sistem dan file secara individu dengan beberapa klik mouse.

10. Audacity

Audacity

Audacity merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk merekam dan mengedit file audio. Audacity tidak hanya dapat merekam audio secara simultan dari berbagai input seperti USB mikrofon, juga dapat memotong dan mengedit klip audio.

Selain itu, Audacity juga mendukung beberapa trek sekaligus, sehingga anda dapat merekam lirik dan musik secara terpisah.

Aplikasi Audacity mendukung efek audio seperti pengurangan suara noise/bising, yang telah dijelaskan secara rinci dalam panduan manual dan juga tersedia secara online. Audacity juga mendukung Plugin VST (Virtual Studio Technology).

Trek dapat diekspor ke dalam berbagai format populer seperti WAV, OGG dan MP3.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.