9 Cara Jalankan Aplikasi WordPad Di Windows

Microsoft Wordpad

WordPad telah ada sejak dari Windows 95 dirilis, berarti sudah berusia lebih dari 25 tahun. Apabila Anda termasuk pengguna lama Windows, Anda tentu saja masih bisa menggunakannya untuk mengedit dokumen yang tidak terlalu kompleks pemformatannya di Windows.

Microsoft Wordpad

Meskipun aplikasi WordPad aksesnya agak sedikit tersembunyi di Windows, masih terdapat banyak cara untuk menemukan dan menjalankannya. Berikut ini adalah beberapa cara membuka WordPad di Windows 10 atau Windows 7.

Cara Cepat Membuka Aplikasi Wordpad, dari Menu Start:

  1. Klik Start dari sudut kiri bawah layar monitor Anda.
  2. Gulir ke bawah daftar program aplikasi sampai Anda mencapai huruf berawalan W.
  3. Bukalah folder Windows Accessories dan klik shortcut WordPad.

Beragam Cara Jalankan Aplikasi WordPad

1. Cara Menjalankan WordPad Di Windows 10 Atau Windows 7 Menggunakan Pencarian

Menjalankan WordPad Menggunakan Pencarian

Cara paling cepat untuk menjalankan aplikasi apa pun di Windows 10 adalah dengan menggunakan pencarian atau Search. Untuk membuka WordPad, pertama- tama klik kotak pencarian dari taksbar. Kemudian, ketik wordpad dan klik dari hasil hasil pencarian yang sesuai.

Untuk membuka WordPad di Windows 7, klik tombol Start dan ketik wordpad pada kotak pencarian. Kemudian, klik WordPad dari hasil pencarian yang ditemukan.

2. Cara Jalankan WordPad Dari Menu Start

Jalankan WordPad Dari Menu StartJalankan WordPad Dari Menu Start

Apabila Anda pengguna Windows 10, Anda bisa menggunakan mouse untuk membuka WordPad. Caranya, klik tombol Start dari sudut kiri bawah layar monitor.

Selanjutnya, gulir ke bawah daftar aplikasi sampai Anda mencapai huruf W. Bukalah folder Windows Accessories dan klik shortcut WordPad.

3. Buka WordPad Di Windows 10 Menggunakan Cortana

Apabila Cortana telah diaktifkan di sistem Windows 10, Anda dapat menggunakan langkah-langkah untuk membuka WordPad atau memintanya untuk membuka WordPad menggunakan suara. Aktifkan Cortana dengan mengucapkan Cortana atau dengan mengklik tombolnya dari sebelah kanan pencarian taskbar.

Kemudian, pada jendela popup Cortana, ketik Open wordpad atau klik tombol mikrofon dan ucapkan Open Wordpad. Setelah Cortana memahami apa yang Anda inginkan, aplikasi WordPad akan segera dijalankan pada Windows 10 Anda.

4. Cara Membuka WordPad Dari Run

Membuka WordPad Dari RunMembuka WordPad Dari Run

Cara lainnya untuk menjalankan WordPad di Windows 10 atau Windows 7 yaitu dengan menggunakan Run. Tekan Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka jendela Run, ketik wordpad, lalu klik OK. Cara ini merupakan salah satu cara tercepat membuka aplikasi WordPad.

5. Cara Buka WordPad Menggunakan Shortcut Yang Dapat Di Letakkan Di Mana Saja Yang Di Inginkan

Buka WordPad Menggunakan ShortcutBuka WordPad Menggunakan Shortcut

Jika shortcut termasuk cara pilihan Anda untuk memulai aplikasi apapun, Anda juga bisa membuatnya untuk WordPad. Jika menggunakan Windows 10, cara paling mudah adalah dengan menarik atau drag dan meletakkan shortcut WordPad dari Menu Start ke desktop atau di folder lainnya yang di inginkan.

Baik di Windows 10 atau Windows 7, Anda dapat membuat shortcut WordPad secara manual, caranya yaitu pada menu Create Shortcut (klik kanan area kosong di desktop, pilih New, kemudian Shortcut), dan ketik write pada teksbox yang tersedia.

6. Cara Buka Wordpad Dengan Menempatkannya Ke Menu Start Atau Taskbar

Buka Wordpad Dengan Menempatkannya Ke Menu StartBuka Wordpad Dengan Menempatkannya Ke Menu Start

Jika Anda sering menggunakan WordPad, tempat yang mudah diakses yaitu pada taskbar dan Menu Start.

Di Windows 10, temukan WordPad di Menu Start. Kemudian klik kanan (atau tekan dan tahan) pada shortcut-nya. Pada menu yang muncul, klik atau ketuk Pin to Start atau pilihan Lainnya dan pilih Pin to taskbar tergantung dari opsi yang Anda inginkan.

Di Windows 7, buka Menu Start, temukan shortcut WordPad, dan klik kanan. Pada menu yang muncul, pilih Pin to Start Menu atau Pin to Taskbar tergantung pada apa yang Anda inginkan.

Sekarang, Anda bisa membuka WordPad menggunakan shortcut yang telah Anda sematkan.

7. Cara Jalankan WordPad Dari Command Prompt Atau PowerShell

Jalankan WordPad Dari Command PromptJalankan WordPad Dari Command Prompt

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt atau PowerShell. Pada salah satu aplikasi ini Command Prompt atau PowerShell, ketik huruf write dan tekan Enter di keyboard Anda untuk menjalankan WordPad.

8. Membuka Aplikasi WordPad Menggunakan Task Manager

Aplikasi WordPad Menggunakan Task Manager

Anda bisa membuka WordPad menggunakan Pengelola Tugas atau Task Manager. Jalankan Task Manager (tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard), pada File, klik Run new task di Windows 10 atau New Task (Run…) di Windows 7.

Sehingga akan membuka jendela baru yang disebut Create new task. Ketik huruf wordpad tekan Enter pada keyboard atau klik OK.

9. Jalankan WordPad Menggunakan File Yang Dapat Dieksekusi Pada File Explorer Atau Windows Explorer

Jalankan WordPad Menggunakan File ExplorerJalankan WordPad Menggunakan File Explorer

Cara lainnya untuk menjalankan WordPad di Windows 10 adalah menggunakan File Explorer. Sama halnya di Windows 7, Anda dapat menggunakan Windows Explorer. Jalankan File Explorer atau Windows Explorer dari drive C.

Selanjutnya, arahkan ke ke Program Files\Windows NT\Accessories dan carilah file berekstensi *.exe bernama wordpad.exe.

Klik ganda wordpad.exe tersebut, dan aplikasi WordPad akan diluncurkan.

Cara Mana Yang Paling Cocok Untuk Anda

Sekarang Anda telah mengetahui berbagai cara untuk menjalankan aplikasi desktop WordPad bawaan sistem operasi Windows. Anda bisa menggunakan WordPad untuk mengedit dokumen yang sudah ada, membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dan sebagainya. Selamat mencoba.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.