Tips Menonaktifkan Tab Refresh Otomatis Di Google Chrome

Antusias Teknologi | Tips Menonaktifkan Tab Refresh Otomatis Di Google Chrome – Secara default browser Google Chrome secara otomatis akan menyegarkan atau mereload ulang tab yang tidak anda buka selama beberapa saat. Fitur baru ini merupakan fitur yang baru ditambahkan ke dalam browser ini sejak versi 48.

Apabila anda memiliki beberapa tab yang telah terbuka di Chrome, dan anda tidak mengunjungi tab tersebut dalam waktu yang lama, Chrome akan menyegarkan secara otomatis saat anda kembali mengklik tab tersebut. Fungsinya adalah untuk mendapatkan versi terkini dari halaman website yang anda kunjungi sebelumnya.

Google Chrome Logo

Chrome mengasumsikan bahwa saat anda membuka halaman terakhir dan kemudian kembali mengunjungi tab yang belum dibuka, isi dari website mungkin telah berubah. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa anda selalu mendapatkan versi terbaru dari halaman website yang anda kunjungi.

Fitur ini disebut ‘Automatic tab discarding’. Fungsinya tidak hanya akan memberikan anda versi terkini dari halaman website tetapi juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan memori yang berlebihan saat anda membuka banyak tab sekaligus. Jika anda tidak menginginkan fitur tersebut, anda dapat menonaktifkannya.

Berikut adalah bagaimana anda dapat menonaktifkan automatic tab refresh di browser Google Chrome.

Tips Menonaktifkan Tab Refresh Otomatis Di Google Chrome

1. Buka tab kosong baru di browser.

2. Kemudian ketik atau paste teks berikut ini pada browser:

chrome://flags/#automatic-tab-discarding

Tips Menonaktifkan Tab Refresh Secara Otomatis

3. Selanjutnya, pada pilihan menu dropdown, pilih Disable untuk menonaktifkan-nya.
Tips Menonaktifkan Tab Refresh Secara Otomatis2

4. Tutup dan jalankan kembali browser. Selesai.

Kini seharusnya tab halaman website tidak akan secara otomatis direload apabila tidak dibuka dalam jangka waktu yang lama.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.