Aplikasi GPU-Z Pemberi Informasi Akurat Dari Kartu Grafis

Antusias Teknologi | Aplikasi GPU-Z Pemberi Informasi Akurat Dari Kartu Grafis – Baik gamer ataupun pembuat animasi telah mengakui bahwa pentingnya keberadaan dari komponen perangkat keras kartu grafis, idealnya dengan penggunaan beberapa unit pemrosesan grafis mampu menunjang pekerjaan membuat dan kebutuhan untuk bermain game-game berat.

Kartu grafis yang tepat dapat mempercepat kinerja komputer, permasalahan selanjutnya adalah bagaimana anda telah yakin bahwa memilih produk kartu grafis yang tepat sesuai dengan deskripsi produsen kartu grafis? Bagi pengguna yang berpengalaman akan secara rutin bermain-main dengan overclock dan membutuhkan suatu cara untuk memastikan pengaturan grafis tetap optimal, efisien serta aman.

Versi terbaru dari aplikasi GPU-Z akan memungkinkan anda untuk mencapai kedua tujuan tersebut. Dalam artikel ini anda akan memahami bagaimana untuk mengunduh aplikasi GPU-Z dan memahami data-data yang berkaitan dengan driver, kecepatan clock serta suhu. Anda juga akan belajar bagaimana cara untuk mengekspor file rekaman GPU ke dalam bentuk spreadsheet excel.

GPU-Z Pemberi Informasi Akurat Dari Kartu Grafis

Mengunduh Aplikasi GPU-Z

Website Aplikasi GPU-Z

Bukalah browser favorit anda dan tujukan ke halaman unduhan aplikasi GPU-Z disini. Kemudian Klik tombol Download GPU-Z. Anda akan diarahkan ke sebuah halaman baru. Pilih versi Standar, kemudian klik Download. Aplikasi GPU-Z kompatibel dengan semua versi Windows mulai dari Windows XP dan versi selanjtunya.

Website TechPowerUp memiliki berbagai server dari berbagai negara seperti Belanda, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat. Pilihlah salah satu server yang anda inginkan misalnya server dari Amerika TechPowerUp US1, kemudian unduhan dimulai.

Setelah selesai bukalah folder unduhan yang terdapat file GPU-Z.2.11.0.exe. Aplikasi ini dapat dijalankan dari lokasi manapun pada harddisk, akan tetapi apabila anda ingin melihat spesifikasi detail kartu grafis pada beberapa komputer, anda dapat memilih untuk menyalinnya ke Flashdisk agar bisa dijalankan secara portable.

Klik dua kali untuk menjalankan GPU-Z. Saat pertama dijalankan anda perlu menggklik Yes untuk memungkinkan aplikasi membuat perubahan ke perangkat.

Setelah menjalankan aplikasi, GPU-Z akan menawarkan pilihan untuk menginstall pada sistem anda. Pilihan ini akan menambah entri pada start menu dan shortcut Desktop untuk aplikasi GPU-Z apabila anda inginkan.

Analisa Kartu Grafis

Aplikasi GPU-Z

Secara default, GPU-Z akan memulai memunculkan tab kartu grafis saat dijalankan dan jumlah informasi yang ditampilkan sangatlah banyak.

Nama dari kartu grafis anda dapat ditemukan pada bagian Name. Klik tombol Lookup untuk melihat spesifikasi detail dari produsen kartu grafis anda sesuai dengan database pada website TechPowerUp.

GPU jenis apapun akan tercantum di bawah nama kartu grafis. Aplikasi GPU-Z hanya dapat menampilkan satu kartu grafis saja, jadi apabila anda memiliki beberapa kartu grafis, pada bagian Memori Size akan memberikan daftar ukuran dari masing-masing GPU, bukan ukuran total dari memori kartu grafis.

Perlu diingat bahwa nama yang tercantum pada GPU adalah berupa codename internal yang biasa digunakan oleh produsen misalnya kode GT2 untuk Ivy Bridge.

Beberapa bagian seperti tipe memori rinciannya sangat jelas. Jika anda tidak yakin mengenai salah satu istilah yang digunakan, seperti Revision maka gerakkan kursor mouse pada bagian tersebut, GPU-Z akan menampilkan informasi tambahan berupa tooltips.

Juga perlu diperhatikan pada bagian Driver Version dan Driver Date. Agar kinerja kartu grafis tetap optimal, anda harus selalu memeriksa secara rutin pada website produsen untuk memastikan bahwa anda telah memiliki versi driver terbaru.

Mengumpulkan Rincian Data Sensor Kartu Grafis

Sensor Kartu Grafis GPU-Z

Bagian menu tab Graphic Card merupakan cara untuk melihat secara rinci spesifikasi keseluruhan kartu grafis, anda dapat menelusuri data kinerja VGA secara real-time dengan mengklik tab Sensor.

Pada bagian GPU Core Clock akan menampilkan frekuensi GPU saat ini. Apabila anda memiliki lebih dari satu GPU maka dapat beralih dengan menggunakan menu drop down. Anda juga dapat melihat frekuensi GPU ditampilkan secara visual dalam grafik pada di sisi sebelah kanan jendela.

Informasi ini sangat berguna jika anda sedang berusaha untuk melakukan overclock GPU. Pastikan anda juga memeriksa bagian temperatur GPU (GPU Temperature) dan kecepatan fan (Fan Speed) agar lebih aman-nya.

Jika anda ingin menganalisis data GPU dari waktu ke waktu, GPU-Z dapat menyimpan data berupa file log. Caranya cukup dengan mengklik kotak centang yang ditandai dengan Log to File yang terdapat pada bagian kiri bawah aplikasi, GPU-Z akan meminta anda untuk memilih lokasi penyimpanan.

File log tersebut berbentuk format TXT dalam bentuk tabel dan dipisahkan dengan menggunakan koma, sehingga anda dapat membukanya dengan aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel atau LibreOffice Calc. Dengan adanya file log tersebut, anda dapat dengan mudah membuat grafik data-data penting seperti suhu GPU.

Fitur Lanjutan

Fitur Lanjutan GPU-Z

Versi terbaru GPU-Z saat ini sudah termasuk fitur tab Advanced untuk memberikan informasi lebih rinci dari kartu grafis. Saat anda pertama kali memilih tab, anda akan melihat menu drop down General secara default yang menampilkan informasi mengenai versi driver.

Dari menu drop down terdapat pilihan ASIC Quality, pada bagian ini sangat berguna jika anda berencana menggunakan komputer untuk menambang mata uang crypto seperti Ethereum. GPU-Z akan menampilkan kartu grafis anda dalam persentase dan menentukan apakah termasuk kategori tinggi atau rendah.

Apabila anda menggunakan versi Windows Vista atau selanjutnya, bagian WDDM (Windows Display Driver Model) akan menampilkan informasi lebih lanjut tentang adaptor grafis, driver video memori dan tampilan.

Informasi ini akan bermanfaat jika anda sebelumnya telah memiliki masalah dengan kinerja sistem WDDM pada aplikasi sistem dan Windows desktop. Selain itu anda juga dapat mengakses bagian-bagian yang ditujukan untuk Direct X, OpenCL dan Vulkan untuk memeriksa terhadap masalah kompatibilitas.

Jika memiliki beberapa GPU, anda dapat memeriksa pengaturan untuk masing-masing menggunakan menu drop-down pada sebelah kiri bawah jendela.

Validasi Kartu Grafis

Validasi Kartu Grafis

GPU-Z memiliki fitur untuk mengupload pengaturan kartu grafis ke website TechPowerUp. Tujuan utamanya yaitu untuk pengguna berpengalaman untuk memamerkan seberapa banyak mereka telah melakukan overclocked. Namun, anda juga dapat memilih untuk mengupload pengaturan untuk meminta bantuan dukungan pengembang atau untuk berbagi solusi masalah teknis tertentu.

Untuk memulai, pilih tab menu Validation pada aplikasi GPU-Z. Kemudian, masukkan nama dan alamat email. Email tersebut jika anda ingin menyimpan catatan permanen ID validasi, karena Anda dapat memilih opsi E-mail me my validation ID dibawahnya.

Apabila anda membutuhkan bantuan teknis pastikan untuk menempatkan informasi sebanyak mungkin pada bagian Comments/Komentar.

Untuk pengguna yang tidak ingin berbagi pengaturan kartu grafis kepada pengguna lainnya di seluruh dunia centanglah Private Project. Anda masih dapat mengirim ID validasi kepada orang lain apabila anda menginginkannya.

Apabila anda memerlukan bantuan teknis centang kotak centang Bug Report. Setelah anda mengisi semua isian yang dibutuhkan, klik tombol Submit. GPU-Z akan secara otomatis menampilkan validasi ID. Klik untuk menampilkan informasi pengaturan kartu grafis anda pada website TechPowerUp.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.