Cara Ekspor Chat Di Telegram Agar Bisa Dibaca Offline

Antusias Teknologi | Cara Ekspor Chat Di Telegram – Aplikasi berkirim pesan Telegram sudah sangat populer dan banyak digunakan dikerenakan fitur-fitur dan keunggulan-nya yang tidak ditemukan dalam aplikasi lainnya.

Aplikasi Telegram

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Di Telegram terdapat banyak grup-grup atau channel dengan beragam topik dan kategori diantaranya seperti pemrograman, teknisi komputer dan jaringan, database, webmaster, belajar sistem operasi Linux beserta permasalahannya, sampai dengan membahas soal-soal CPNS serta rekapan contoh soal CPNS yang bisa diikuti dengan terlebih dulu menjadi anggotanya.

Suatu saat kita mempunyai keinginan untuk membaca chat telegram baik dari grup atau channel tertentu secara offline tanpa adanya koneksi internet apakah mungkin cara tersebut dilakukan, tentu saja jawabannya adalah bisa diwujudkan dengan melakukan langkah-langkah yang terbilang cukup mudah dan cepat.

Tidak hanya bisa di baca secara online, chat telegram juga bisa dibaca secara offline tanpa harus terkoneksi internet, itulah yang akan pembahasan dalam artikel ini.

Ekspor Chat Di Telegram Agar Bisa Dibaca Offline

1. Pilihlah salah satu grup atau channel yang ingin anda ekspor chat-nya, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengekspor chat dengan teman yang sudah ada di kontak ataupun orang lain.

Memilih Channel Dan Grup Di Telegram

2. Klik atau tap pada menu yang terdapat di sebelah kanan layar, kemudian pilih Export Channel History

Memilih Menu Export Channel Atau Grup History

3. Pada pengaturan selanjutnya silahkan anda tentukan apa saja data-data yang ingin di ekspor seperti foto, file video, rekaman suara, pesan video, stiker, animasi gambar gif, dan semua file yang telah dibagikan anggota lainnya, berikan tanda centang untuk memilihnya. Jika sudah selesai melakukan pengaturan kemudian klik atau tap untuk melakukan ekspor data chat.

Selain itu, anda juga bisa menentukan hasil ekspor chat ke dalam folder tertentu dengan cara mengubahnya, secara default hasil ekspor chat akan berada pada folder Downloads\ Telegram Desktop.

Tanggal ekspor data chat juga bisa disesuaikan dengan keinginan misalnya saja anda ingin melakukan ekspor data hanya pada tanggal atau bulan tertentu.

Pengaturan Ekspor Chat

Size limit juga bisa anda tingkatkan dari yang tadinya hanya sebesar 8 MB menjadi sebesar maksimum 1,5 GB, cara mengubahnya dari menu Settings – Advance – ekspor Telegram Data.

Pengaturan Ukuran Ekspor Data Chat

4. Silahkan anda tunggu beberapa saat sampai Telegram selesai menyelesaikan tugas ekspor data chat, lamanya proses penyelesaian tugas ekspor data bergantung dari banyaknya jumlah data atau file dari suatu grup atau channel.

Jangan tutup aplikasi Telegram saat proses ekspor data karena akan gagal atau dihentikan apabila anda keluar dari aplikasi.

Ekspor Data Chat Telegram Selesai

5. Setelah anda selesai mengekspor chat dalam grup atau channel tertentu yang diinginkan, chat akan disimpan pada folder yang telah anda tentukan pada langkah sebelumnya.

Folder Ekspor Data Chat Telegram

Anda bisa membukanya dengan mengklik atau tap file berakhiran *.html dalam folder ekspor yang akan membuka browser Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Isi Folder Chat Telegram Isi Chat Telegram Di Buka Pada Browser

Demikian tips singkat cara ekspor chat di Telegram agar bisa anda baca secara offline.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.