5 Aplikasi Alternatif Microsoft Office Terbaik

Antusias Teknologi – 5 Aplikasi Alternatif Microsoft Office Terbaik – Dari semua aplikasi yang disebut sebagai “Harus Dimiliki” untuk setiap Komputer atau Laptop, perangkat aplikasi Office adalah salah satu yang paling penting.

Dari pelajar sampai mahasiswa dan mahasiswi membutuhkan aplikasi ini untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas kuliah, sementara untuk pekerja kantoran harus membuat presentasi bisnis dengan aplikasi perkantoran ini, maka dari itu setiap orang membutuhkan perangkat office.

Dan merupakan fakta jika berbicara mengenai perangkat aplikasi office, Microsoft Office jadi pilihan utama, dan juga sekaligus pemimpin pasar dalam aplikasi perkantoran.

5 Aplikasi Alternatif Microsoft Office Terbaik

Meskipun Microsoft Office sangat mengesankan dan memiliki banyak fitur, ada sebagian orang yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi lain dengan berbagai alasan, salah satunya adalah keuangan yang terbatas.

Apabila anda termasuk salah satunya, maka artikel ini tepat untuk Anda. Kita mulai dengan menguraikan secara singkat alasan pengguna yang mungkin ingin menggunakan alternatif selain dari Microsoft Office.

Kemudian kita akan berpindah ke daftar terbaik alternatif aplikasi Microsoft Office yang dapat anda gunakan.

Mengapa Anda Membutuhkan Alternatif Selain Microsoft Office?

Ada banyak alasan mengapa memilih aplikasi alternatif Microsoft Office. Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut:

* Harga yang tinggi dari lisensi Microsoft Office.
* Microsoft Office terbaru terlalu banyak menggunakan sumber daya, sehingga menyebabkan melambatnya kinerja pada PC yang sudah lama/tua.
* Sejumlah fitur yang sangat banyak, sebagian orang menganggapnya terlalu berlebihan, terutama bagi mereka yang hanya membutuhkan fungsi dasarnya saja.
* Tidak tersedianya lintas platform (contohnya di Linux).

5 Aplikasi Alternatif Microsoft Office Terbaik

1. Apache OpenOffice

Apache OpenOffice

Apache OpenOffice merupakan alternatif yang paling populer untuk Microsoft Office, Apache OpenOffice memiliki banyak fitur.

Aplikasi ini benar-benar gratis dan berbasis open source, termasuk didalamnya standar aplikasi perkantoran (pengolah kata, spreadsheet, serta presentasi), juga tersedia editor grafis dan aplikasi DBMS.

Selain kompatibel dengan format file Microsoft Office, OpenOffice mendukung sejumlah besar format lainnya seperti SWF dan PPT. Juga bisa ditambahkan dengan berbagai ekstensi yang bisa anda download.

Serta modul yang mencakup semua fitur standar seperti untuk pembuatan diagram, melengkapi kata secara otomatis dan beberapa pilihan bahasa.

Tersedia pada platform: Windows 10, 8, 7, Vista dan XP, Mac OS X 10.4-10,8, dan Linux.
Harga: gratis

2. LibreOffice

LibreOffice

Meskipun sebelumya kita telah membahas OpenOffice, LibreOffice juga memiliki banyak fitur untuk aplikasi perkantoran dan termasuk salah satu alternatif Microsoft Office terbaik yang dapat anda gunakan.

LibreOffice mencakup aplikasi untuk mengedit dokumen, membuat spreadsheet, serta membuat presentasi. Selain dari perbedaan antarmuka, LibreOffice juga memiliki fitur yang serupa/identik dengan OpenOffice.

Keunggulan lainnya dari LibreOffice yaitu penggunaan kode sumber telah dioptimalkan, sehingga membuatnya lebih cepat. Selain itu, LibreOffice lebih aktif dikembangkan, dan merupakan perangkat office standar yang ikut disertakan pada mayoritas distro-distro Linux.

Bahkan aplikasi ini memungkinkan anda untuk memasang font pada dokumen, dan memiliki aplikasi tersendiri untuk melihat file (masih dalam versi beta) untuk Android.

Tersedia pada platform: Windows 10, 8, 7, dan Vista, Mac OS X 10,8 dan versi diatasnya, Linux.
Harga: gratis

3. WPS Office

WPS Office

Apabila kebutuhan dasar anda tidak mengharuskan menggunakan aplikasi perkantoran secara penuh, maka WPS Office cocok untuk anda. Dikemas dengan hanya tiga aplikasi standar seperti pengolah kata, presentasi dan aplikasi untuk membuat spreadsheet, dan berukuran ringan (di bawah 100 MB)

Namun kekurangannya adalah tidak banyaknya fitur yang ada. Selain memiliki semua kemampuannya dalam membuat atau mengedit dokumen, WPS Office memiliki ratusan font dan template secara gratis yang bisa anda pakai.

Dalam versi gratis memungkinkan anda untuk membuat dan mengedit dokumen dalam format yang kompatibel dengan Microsoft Office.

Namun, untuk menyimpannya ke dalam format Microsoft Office, anda perlu untuk meng-upgrade aplikasi ini ke versi berbayar, yang juga akan menambahkan fitur-fitur lainnya seperti dukungan VBA/Makro.

Tersedia pada platform: Windows, Linux (Desktop), iOS, Android (Mobile)
Harga: Gratis (dengan beberapa fitur yang terbatas), versi bisnis berbayar dengan biaya 44.99 dolar (tagihan dalam setiap tahun)

4. Softmaker FreeOffice

Softmaker FreeOffice

Softmaker FreeOffice memiliki ukuran yang ringan termasuk didalamnya aplikasi standar seperti pengolah kata, presentasi, dan pembuatan spreadsheet, serta memberikan sejumlah fitur-fitur lainnya seperti smart teks, format sel dan presentasi otomatis.

SoftMaker FreeOffice memiliki dukungan yang baik untuk format file Microsoft Office, serta kompatibilitasnya terhadap file XML Office yang lebih baik. Di versi berbayarnya, telah mencakup fitur tambahan seperti kamus bahasa yang berfungsi untuk pemeriksaan pada kata agar lebih efisien.

Tersedia pada platform: Windows, Linux (Desktop), Android (Mobile)
Harga: Gratis, versi berbayar mulai dari 69.95 dolar

5. NeoOffice

NeoOffice

Apabila saat ini anda sedang mencari aplikasi alternatif selain Microsoft Office khusus untuk sistem operasi MAC OS, maka NeoOffice merupakan pilihan yang tepat untuk anda.

NeoOffice merupakan aplikasi yang komersial, walaupun kode sumber-nya masih tersedia secara gratis. NeoOffice memiliki semua fitur standar dari OpenOffice, dan datang dengan pengolah kata, spreadsheet, presentasi, serta aplikasi grafis.

Selain itu, aplikasi ini juga menambahkan beberapa fitur tambahan untuk Mac OS X, seperti pemeriksaan tata bahasa, sorot teks, dan fungsi integrasi dengan OS X lewat drag dan drop.

Meskipun begitu, aplikasi ini tidak kompatibel dengan format Microsoft Office yang baru, dan tentunya ini sedikit mengecewakan.

Tersedia pada platform: Mac OS X 10,8 dan versi diatasnya
Harga: versi berbayar mulai dari 10 dolar

Alternatif Perangkat Aplikasi Perkantoran Online lainnya:

Apabila kebutuhan produktivitas anda cukup baik dan tidak ingin direpotkan dalam mendownload aplikasi berukuran besar yang penggunaannya tidak begitu sering, maka anda bisa memilih aplikasi perkantoran online.

Karena ada banyak aplikasi perkantoran secara online yang dapat anda gunakan untuk bekerja dengan dokumen, spreadsheet, presentasi, dan lainnya langsung melalui web browser.

Yang anda butuhkan hanyalah koneksi internet, dan sekarang anda telah memiliki alternatif dari Microsoft Office. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Office Online: Ini adalah yang paling mirip yang bisa anda dapatkan versi gratisnya dari Microsoft Office.

Office Online memungkinkan anda untuk membuat dan mengedit dokumen, presentasi, dan spreadsheet dengan mudah. Tersedia dukungan penuh untuk file PDF, kolaborasi secara real-time, dan semua dokumen anda secara otomatis tersimpan pada akun OneDrive.

Google Docs: Apabila anda sering menggunakan layanan Google seperti Gmail sebagai bagian dari kerja harian Anda, Google Docs merupakan salah satu layanan-nya.

Telah terintegrasi sepenuhnya dengan layanan Google lainnya, Google Docs memiliki dukungan yang sangat baik untuk format file Microsoft Office.

Aplikasi berbasis web ini dapat digunakan untuk bekerja dengan dokumen secara offline, dan perubahan akan disinkronisasi kemudian ke akun Google anda.

iWork (dengan iCloud): Berasal dari Apple, dengan versi berbasis web iWork Suite sangat cocok untuk bekerja dengan dokumen, spreadsheet, dan presentasi.

Memiliki aplikasi yang lengkap dengan banyaknya template yang telah tersedia. Anda hanya membutuhkan akun gratis iCloud, dan semua perubahan yang dilakukan akan disimpan secara real-time.

Zoho Office Suite: Dijalankan melalui browser dan anda hanya perlu membuat akun secara gratis, maka anda akan mendapatkan 5 GB penyimpanan untuk membuat atau menyunting dokumen apapun mulai dari presentasi sampai ke spreadsheet.

Format file Microsoft Office juga telah didukung sepenuhnya.

Keuntungan Menggunakan Office Online:

* Layanan yang sempurna untuk membuat dan mengedit dokumen ringan, dengan dukungan antar kompatibilitas perangkat.
* Berbagi dan kolaborasi dokumen secara real-time.
* Semua dokumen secara otomatis disimpan pada penyimpanan awan masing-masing layanan.
* Bekerja pada semua platform PC, Android, MAC dan hanya membutuhkan browser serta koneksi Internet.

Microsoft Office Bukanlah Satu-Satunya Pilihan

Meskipun ada sedikit keraguan mengenai fakta bahwa Microsoft Office merupakan standar untuk produktivitas aplikasi perkantoran, dan walaupun memiliki banyak fitur.

Tetapi seperti yang telah dibahas di atas, jika kebutuhan anda terbatas dan tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membeli aplikasi yang mahal, maka ada beberapa alternatif dari Microsoft Office baik untuk desktop atau berbasis web yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.