8 Aplikasi Pengganti Notepad Untuk Windows

Teks Editor

Anda mungkin sudah sering menggunakan aplikasi Notepad Windows, namun aplikasi bawaan tersebut memiliki keterbatasan fitur, karena Notepad di Windows termasuk editor teks dasar yang hanya dapat digunakan untuk membuat dokumen sederhana, serta tidak tersedia syntax bahasa pemrograman tertentu bagi programmer.

Teks Editor

Gambar Ilustrasi: Pixabay

Apabila sedang Anda mencari teks editor dengan banyak fitur yang tidak ada pada Notepad bawaan seperti macro, markup bahasa pemrograman, editor pemrograman web seperti php, js dan html, maka terdapat beberapa aplikasi pengganti Notepad yang bisa anda coba.

Notepad++

Notepad plus

Notepad ++ merupakan teks/kode editor gratis populer dan pengganti Notepad yang mendukung banyak bahasa pemrograman. Berjalan di lingkungan OS Windows, penggunaannya diatur oleh Lisensi GPL.

Berdasarkan komponen pengeditan Scintilla, Notepad++ ditulis dalam bahasa pemrograman C++ dan menggunakan API win32 dan STL yang memastikan kecepatan eksekusi lebih tinggi dan ukuran program lebih kecil.

Halaman Website Resmi : https://notepad-plus-plus.org/

FluentNotepad

FluentNotepad

FluentNotepad merupakan aplikasi pengganti notepad sederhana lainnya untuk sistem operasi Windows. Memiliki tampilan user interface (UI) berbentuk ribbon dan antarmuka grafis yang mirip dengan Microsoft Office 2010.

Halaman Website Resmi : https://github.com/FluentNotepad

Bend

Bend

Bend adalah editor teks modern, memiliki fitur tab yang terinspirasi dari browser Google Chome. Editor teks ini sangat elegan, dan memiliki tampilan yang bersih untuk digunakan.

Bend mengeksploitasi XAML / WPF untuk merender teks, setiap fitur dipilih dengan cermat untuk menyeimbangkan kinerjanya.

Halaman Website Resmi : https://github.com/sushanthr/bend

PSPad Editor

PSPad Editor

PSPad merupakan editor teks freeware pada sistem operasi Microsoft Windows. Bisa digunakan bagi Anda yang sering membuat berkas file teks, membuat halaman website seperti php, asp, html, ataupun ingin menggunakan tampilan IDE untuk kompiler bahasa pemrograman tertentu. Proses instalasinya tidak rumit dan siap dipakai tanpa memerlukan banyak pengaturan.

Editor ini mendukung banyak jenis file dan bahasa pemrograman, disertai dengan fitur penyorotan sintaks. Juga terdapat fitur makro, file klip, dan template untuk mengotomatiskan tugas berulang.

Editor HEX Terintegrasi, klien FTP, perekam makro, pencarian / penggantian file, penjelajah kode, konversi halaman kode, dan itu hanyalah beberapa dari banyak fitur yang ditawarkan oleh PSPad.

Halaman Website Resmi : http://www.pspad.com/

NoteTab Light Versi Gratis

NoteTab Light

NoteTab Light versi lite dapat membuka banyak dokumen sekaligus melalui tampilan tab. Menawarkan mode aksesibilitas komprehensif bagi pengguna tunanetra dan penyandang disabilitas, juga mendukung file UTF-8 dan Unicode, serta dokumen ANSI berdasarkan set karakter non-Barat.

Fitur Power-Search-nya memungkinkan pencarian dan penggantian multi-baris di seluruh dokumen yang terbuka atau mencari file apa pun yang ada di harddisk. Mengintegrasikan mesin ekspresi reguler PCRE untuk operasi pencarian dan penggantian wildcard fleksibel dan tool statistik teksnya akan menunjukkan jumlah karakter, kata, dan frekuensi dari setiap kata dalam dokumen.

Halaman Website Resmi : https://www.notetab.com/notetab-light

Notepad2

Notepad2

Notepad2 merupakan pengganti Notepad berukuran ringan dan cepat. Notepad2 adalah editor sumber terbuka dengan fitur penyorotan sintaks. Aplikasi ini dapat dijalankan tanpa instalasi terlebih dulu dan tidak akan menambahkan kunci dan entri apapun ke dalam sistem registri.

Halaman Website Resmi : https://notepad2.com/

NotepadTabs

NotepadTabs

NotepadTabs adalah pengganti Notepad yang dapat membuka beberapa file teks dalam satu notepad dan dengan mudah beralih dari satu file ke file lain melalui tab di bagian atas aplikasi ini.

Unduh aplikasi NotepadTabs : https://www.softpedia.com/get/Office-tools/Text-editors/NotepadTabs.shtml

Glass Notepad

Glass Notepad

Glass Notepad memiliki tampilan glass/transparan sepenuhnya yang cocok dengan tema Aero pada Windows.

Unduh aplikasi Glass Notepad : https://www.softpedia.com/get/Office-tools/Text-editors/Glass-Notepad.shtml

Selain itu masih ada beberapa aplikasi notepad lainnya yang juga bisa Anda coba seperti:

1. TED Notepad / https://jsimlo.sk/notepad/
2. Tomboy / https://wiki.gnome.org/Apps/Tomboy
3. EditPadLite / https://www.editpadlite.com/
4. QText / https://www.medo64.com/qtext/
5. AkelPad / http://akelpad.sourceforge.net/en/download.php
6. Appy Text / http://www.appytext.net/
7. HandyPad / https://www.softpedia.com/get/Office-tools/Text-editors/HandyPad.shtml
8. Cypher Notepad / https://cyphernotepad.com/
9. Crypto Notepad / https://crypto-notepad.github.io/

Selamat mencoba.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.