19 Cara Menjadi Seorang Ahli Komputer

Antusias Teknologi | 19 Cara Menjadi Seorang Ahli Komputer – Di era abad ke-21 sekarang teknologi berkembang sangat pesat dari waktu ke waktu. Komputer telah menjadi alat untuk pekerjaan sehari-hari. Banyak manfaat yang bisa diambil dari menjadi seorang ahli komputer.

Salah satu diantaranya adalah terbukanya lapangan kerja di bidang teknologi yang permintaanya hingga saat ini masih tergolong tinggi, terutama di bidang administrator jaringan.

19 Cara Menjadi Seorang Ahli Komputer

Tidak mudah untuk menjadi seorang yang ahli komputer, ada beberapa tahapan yang harus dijalani, apa saja langkah-langkah menjadi seorang Ahli Komputer, berikut adalah ulasannya:

19 Cara Menjadi Seorang Ahli Komputer

1. Pelajari Apa Itu Perangkat Keras

Perangkat keras adalah bagian fisik dari suatu komputer dan media yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer yang lain.

2. Pelajari Apa Itu Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah bagaimana komputer bekerja termasuk didalamnya aplikasi, protokol, dan sistem operasi.

3. Pelajari Spesifikasi Teknis Dari Suatu Komputer

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mempelajari spesifikasi teknis komputer, seperti daftar perangkat keras, sistem operasi yang digunakan, contohnya pada Windows adalah CPU Z atau Speecy.

4. Pelajari Bagaimana Menggunakan Komputer Dengan Baris Perintah

Belajarlah untuk menggunakan baris perintah komputer seperti (MS DOS Prompt/Command Prompt di Windows, Terminal atau Konsole di Linux), hal ini penting untuk setidaknya meningkatkan efisiensi Anda dalam menggunakan komputer.

Di Windows, DOS prompt tidak terlalu berguna, akan tetapi anda juga perlu tau bagaimana cara menggunakannya.

Namun di Linux atau UNIX, Mac atau BSD, atau sistem operasi Unix lainnya, sangat penting anda agar bisa menggunakan baris perintah sehingga dapat bekerja lebih efisien dengan baris perintah.

5. Belajarlah Mengetik tanpa melihat keyboard

Cara ini bukanlah menjadi bagian yang penting, akan tetapi ini nantinya akan meningkatkan efisiensi Anda dalam menggunakan komputer.

6. Bertanya

Apabila seseorang sedang melakukan sesuatu dengan komputer yang ingin anda ketahui, tanyalah sesuatu pada mereka.

7. Pelajari Bahasa Pemrograman

Ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Jangan bingung dengan banyaknya jenis bahasa pemrograman yang ada.

Bahasa-bahasa yang ditafsirkan seperti BASIC tidak sangat baik untuk pemrograman komputer, tetapi jika semua yang ingin Anda lakukan adalah membuat game komputer yang sederhana, dengan BASIC bisa anda lakukan.

Pemrograman HTML atau CSS adalah untuk halaman web, dan mempelajari dan mengetahui adalah hal yang baik, tetapi tidak akan berguna untuk pemrograman komputer.

Sangat dianjurkan bahwa Anda juga belajar bahasa baris perintah seperti Bash sebagai pondasi yang akan membawa anda menjadi seorang programmer dan administrator.

Dan Anda dapat belajar bahasa pemrograman apapun yang Anda sukai.

8. Mulai Belajarlah Tentang Prosedur Dasar Untuk Memperbaiki Komputer

Ini akan sangat banyak membantu Anda apabila Anda atau orang lain mengalami kondisi dimana komputer sedang rusak, yang juga akan meningkatkan reputasi Anda sebagai seorang ahli komputer.

Anda dapat belajar metode lanjutan, namun diperlukan bimbingan dari seorang ahli komputer yang sebenarnya.

9. Bekerja Dengan Orang Lain Yang Juga Mempunyai masalah Yang Sama Tentang Komputer

Dengan berinteraksi dan bekerja dengan pengguna PC lainnya, Anda mungkin akan menemukan bahwa mereka tau tentang beberapa hal yang tidak Anda ketahui dan juga sebaliknya.

Namun sebagai seorang ahli komputer, Anda ingin tau lebih banyak tentang komputer daripada teman-teman Anda pada saat tertentu.

10. Bantulah Orang Lain Dengan Masalah Komputer Mereka

Dengan membantu mereka yang mengalami masalah dengan komputer, Anda akan dianggap sebagai seorang ahli komputer bagi mereka yang membutuhkan bantuan anda.

Cara ini juga nantinya untuk membangun reputasi anda.

11. Pelajari Bagaimana Cara menginstall dan mengupdate driver dari perangkat keras

Ilmu ini akan berguna jika anda akan menginstall ulang seuatu sistem operasi.

12. Belajarlah Untuk Mengenali Perangkat Lunak Yang Berbahaya (Seperti Virus komputer, Spyware, Trojan, Worm, Malware, Dan Perangkat Lunak Berbahaya Lainnya) Sebelum Menjalankan Scan Dengan Antivirus Atau Antispyware.

Dengan Menggunakan firewall yang ketat, ini akan menyebabkan orang awam menjadi bingung karena mereka tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya.

Tentu saja, Anda juga harus tau bagaimana cara menggunakannya terlebih dulu.

13. Gunakan Sistem Operasi Open Source

Seorang ahli komputer harus bisa menggunakan Sistem Operasi Open Source seperti BSD atau Linux, hal ini dikarenakan sistem operasi tersebut gratis untuk digunakan dan banyaknya aplikasi pemrograman yang tersedia.

Hal penting lainnya yaitu dengan Linux anda bisa menjalankan server dan menggunakan baris perintah melalui terminal.

14. Gunakan Jalan Pintas (Shortcut)

Hal ini penting untuk mengetahui cara pintas untuk menghemat detik-detik waktu berharga Anda.

15. Mampu Mengetahui Pekerjaan Yang Ada Di Internet, Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

16. Ingatlah Selalu Hal yang sederhana

Lewatkanlah dulu ide-ide kompleks atau terlalu rumit. Sebaliknya, fokuslah dengan mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang Anda mungkin perlu untuk menyelesaikan sebuah ide besar di masa mendatang.

18. Kembangkan Pengetahuan Tentang Teknologi Komputer

Seorang yang ahli komputer akan selalu terus belajar, dan jika tidak mengerti mereka akan selalu meminta bantuan.

Contohnya adalah seperti membaca-baca artikel melalui internet, serta ikut bergabung dengan forum komputer atau forum bahasa pemrograman dan bertanya disana.

Jika anda memiliki kesulitan dalam belajar, bisa dicoba dengan cara menulis dan menjawab kuis sendiri. Apapun metode yang anda pakai, pastikan anda dapat terus mempelajari tentang teknologi komputer.

19. Perhitungan Sangat Penting Untuk Seorang Ahli Komputer

Satu bit data adalah digit biner yang hanya berisi angka satu atau nol. Belajarlah berapa banyak jumlah bit di Kilobit (KB), Megabit (MB), Gigabit (GB) dan sebagainya.

Kebanyakan orang mengira bahwa ada 1024 megabit dalam gigabit, yang sebenarnya tidak. Persisnya 1000 megabit dalam gigabit.

Lakukanlah penelitian pada topik tentang penyimpanan data. Setelah Anda memahaminya, kemudian dilanjutkan dengan mempelajari data biner.

Dari sana, pelajari juga bagaimana cara menggunakan oktal dan heksadesimal, dan cara mengkonversinya dari satu ke lainnya.

Pada akhirnya anda pada saat ini sedang berada jalan untuk menjadi seorang ahli komputer.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.