8 Tips Tingkatkan Ruang Penyimpanan Internal Ponsel Pintar

Ponsel Pintar

Kehabisan ruang penyimpanan internal di ponsel pintar Anda memang sangat mengganggu, terutama apabila terjadi saat Anda sedang merekam video, memotret foto atau mengunduh aplikasi baru. Meskipun ponsel pintar saat ini memiliki kapasitas penyimpanan lebih dari sekedar cukup untuk sebagian besar pengguna-nya.

Ponsel Pintar

Tidak jarang kehabisan ruang penyimpanan terjadi saat menggunakan ponsel dalam waktu beberapa tahun atau kurang dari itu. Jika ini masalah Anda, baca cara mempelajari tips untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan memori internal di ponsel Anda pada artikel ini.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Ponsel Di Android

Aplikasi Pembersih Ponsel Di AndroidAplikasi Pembersih Ponsel Di Android

Di sistem operasi android, di Google Play Store terdapat pilihan aplikasi pembersihan ruang penyimpanan pada ponsel pintar Anda, salah satunya adalah aplikasi yang bisa anda unduh gratis di Play Store Phone Cleaner.

Dengan menggunakan aplikasi pembersih tersebut, Anda dapat membersihkan cache browser dan aplikasi secara bersamaan, meningkatkan RAM, meringankan beban kinerja CPU, serta menghemat baterai.

Membersihkan Cache Browser

Aplikasi BrowserAplikasi Browser

Cache browser bisa menggunakan memori ponsel hingga ratusan megabyte atau gigabyte, itulah mengapa pentingnya untuk membersihkannya secara teratur. Apabila Anda pengguna iOS, Anda dapat menghapus cache browser Safari dari Pengaturan – Safari – Lanjutan – Data Situs Web – Hapus Semua Data.

Di Android, Anda dapat menghapus cache Google Chrome dengan menekan tombol Lainnya (terletak pada kanan atas browser) dan mengakses Histori. Anda kemudian perlu memilih periode dan periksa pilihan Cache Gambar dan file dan Data situs dan cookie.

Menyimpan Foto Di Penyimpanan Awan

Penyimpanan AwanPenyimpanan Awan

Salah satu penyebab paling umum berkurangnya ruang penyimpanan memori internal di ponsel pintar Anda adalah banyaknya file foto dan video yang disimpan pada perangkat.

Apabila Anda menggunakan ponsel sebagai kamera utama dan telah mendokumentasikan aktifitas sehari-hari, perjalanan dan liburan, librari foto dan video Anda bisa menghabiskan memori sampai berukuran puluhan gigabyte.

Pertimbangkanlah untuk menggunakan berbagai layanan penyimpanan awan, foto dan video sehingga dapat diakses kapan saja dengan adanya jaringan internet, selain itu juga cara ini sebagai backup data-data Anda, layanan penyimpanan awan seperti Google Foto, iCloud, Dropbox, atau layanan sejenis.

Dengan demikian, Anda dapat menyimpan sebagian atau semua foto dan video tanpa harus menggunakan lebih banyak ruang penyimpanan internal ponsel.

Hapus Musik Yang Telah Diunduh

Musik Di Ponsel PintarMusik Di Ponsel Pintar

Seiring waktu, musik yang diunduh pada perangkat pada akhirnya akan memenuhi sebagian besar memori internal ponsel Anda. Untuk memperbesar ruangan penyimpanan ini, Anda bisa menggunakan salah satu platform musik streaming.

Contohnya Anda dapat menggunakan platform streaming musik seperti Apple Music atau Spotify untuk mulai mendengarkan musik tanpa terlebih dulu harus mengunduhnya.

Cari Tau Aplikasi Mana Yang Memakan Ruang Memori Terbanyak

Aplikasi Ponsel PintarAplikasi Ponsel Pintar

Penting agar periksa aplikasi yang menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan dan melakukan pembersihan secara berkala.

Apabila Anda menggunakan perangkat ponsel sudah bertahun-tahun lamanya, Anda mungkin telah menginstall banyak aplikasi yang tidak sering Anda gunakan, dengan menghapusnya memungkinkan Anda memperbesar ruang penyimpanan internal.

Apabila Menggunakan iPhone, Anda dapat memeriksa penyimpanan perangkat dari Pengaturan – Umum – Penyimpanan iPhone.

Dan jika Anda menggunakan Android, Anda dapat mengakses menu penyimpanan yang dapat di temukan pada pengaturan (dapat berbeda tergantung merek ponsel Anda), di mana Anda akan menemukan daftar aplikasi yang telah diinstall dan seberapa banyak menggunakan memori internal.

Periksa Penyimpanan WhatsApp

Aplikasi WhatsappAplikasi Whatsapp

Anda bisa percaya atau tidak, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang dapat mengkonsumsi banyak ruang penyimpanan ponsel dan sangat penting untuk dilakukan pembersihan.

Chat dan grup yang biasanya memakan ruang penyimpanan ratusan mega bahkan sampai ukuran giga, terutama apabila Anda sering berbagi banyak file.

Anda dapat memeriksa chat mana yang memakan banyak penyimpanan dengan membuka WhatsApp dan masuk ke Pengaturan – Penyimpanan Dan Data – Kelola penyimpanan.

Anda dapat memilih untuk menghapus file multimedia yang memakan banyak penyimpanan secara manual dan tanpa harus menghapus seluruh percakapan.

Menambahkan Ruang Penyimpanan Tambahan Ke Ponsel Anda

Kartu Memori MicroSDKartu Memori MicroSD

Apabila setelah melakukan beberapa tips di atas Anda masih juga tidak memiliki cukup ruang memori di ponsel pintar, ada pilihan lainnya untuk menambahkan ruang tambahan yaitu dengan menggunakan kartu memori microSD, biasanya berkapasitas 32, 64, 128, 256 GB.

Dengan cara ini, Anda dapat membebaskan banyak ruang memori internal di ponsel Anda dengan menyimpan file-file besar pada kartu memori, tidak lagi menggunakan memori internal ponsel pintar.

Penting untuk diketahui bahwa pengguna iPhone membutuhkan adaptor agar dapat menggunakan kartu memori.

Transfer Berkas File Besar Ke Komputer Atau Laptop

Transfer File Ke LaptopTransfer File Besar Ke Komputer Atau Laptop

Meskipun tips diatas sudah begitu jelas, namun masih banyak pemilik ponsel pintar mengeluhkan kurangnya penyimpanan tetapi tidak mau mentransfer file-file besar ke komputer.

Jika ruang penyimpanan ponsel Anda hampir habis, segera pindahkan atau transfer file foto, video, musik, dan konten multimedia lainnya ke komputer untuk menghemat ruang penyimpanan, terutama file multimedia berukuran besar yang tidak terlalu dibutuhkan pada ponsel.

Dengan mengikuti tips-tips di atas Anda akan dapat membebaskan sebagian besar ruang penyimpanan internal ponsel. Sebelum Anda berencana menambah atau mengganti ponsel karena kurangnya ruang penyimpanan.

Masalah penyimpanan pada ponsel pintar dapat diatasi dengan mudah apabila kita meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pembersihan secara teratur dan berkala.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Sumber Foto Dan Ilustrasi: Pixabay, Burst Shopify, Dan YayImages.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.