Enam Tool Penyelamat Sistem Windows

Sistem Error

Setiap pengguna Windows haruslah memiliki tool penyelamatan sistem apabila suatu saat Windowsnya mengalami masalah seperti tidak bisa masuk windows atau terdapat kerusakan pada file sistem windows.

Sistem Error

Gambar Ilustrasi: Pixabay

Memang tidak bisa dihindari kerusakan pada sistem tersebut kebanyakan disebabkan oleh berbagai hal diantaranya kesalahan pengguna, virus, perangkat keras atau berbagai hal lainnya. Terdapat beberapa pilihan tool untuk menyelamatkan sistem Windows, beberapa diantaranya bahkan bisa mengembalikan Windows seperti sedia kala.

Enam Tool Penyelamat Sistem

Hiren’s BootCD PE

Hiren's BootCD PE

Hiren’s BootCD merupakan tool suite penyelamatan sistem paling populer yang ada saat ini dan wajib dimiliki oleh administrator sistem atau pengguna komputer biasa.

Walaupun saat ini tidak ada lagi pembaruan resmi dari sejak tahun 2012, namun penggunanya telah membuat dan memperbarui ke versi baru yang disebut dengan Hiren’s BootCD PE. Pada versi ini telah memuat sistem berdasarkan edisi Windows 10 portabel dan telah mendukung booting melalui UEFI.

Fungsi Dari Tool Hiren’s BootCD:

Aplikasi anti-malware untuk menemukan dan membersihkan virus, rootkit, spyware, adware, dan jenis program jahat lainnya.
Backup dan manajemen untuk membuat dan memulihkan partisi harddisk.
Backup dan manajemen untuk membuat, menghapus, mengubah dan menganalisa partisi harddisk.
Penganalisis perangkat keras dan perbandingan yang dapat mendeteksi komponen perangkat keras yang gagal dari komputer Anda.
Pemulihan kata sandi OS Windows yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali kata sandi Windows yang telah lupa atau hilang.
Dan masih banyak lagi kelebihan dan fitur lainnya dari tool pemulihan sistem paling populer ini.

SystemRescue

SystemRescue

SystemRescue, sebelumnya dikenal sebagai SystemRescueCd, menawarkan banyak tool dan aplikasi untuk memulihkan kembali fungsi sistem operasi. Namun tidak seperti kebanyakan tool penyelamat sistem lainnya dalam artikel ini, SystemRescue juga dirancang dengan mempertimbangkan pengguna Linux.

Pengguna Windows juga bisa memanfaatkannya, mudah untuk digunakan bahkan apabila Anda belum pernah menggunakan sistem operasi Linux sekalipun.

Fungsi dari SystemRescueCd meliputi:

Tool file sistem untuk membuat, mengubah ukuran, memindahkan, dan menyalin partisi harddisk dari hampir semua jenis dan format.
Tool pemulihan data untuk mendapatkan kembali data yang hilang dari harddisk yang rusak/berkurang performanya.
Tool penghapus data yang dapat membantu menghapus data-data pribadi dengan aman sehingga tidak bisa dipulihkan.
Tool Benchmark untuk menguji komponen perangkat keras.
Utiliti jaringan yang dapat mengakses data dari suatu jaringan serta menguji perangkat lain dari jaringan lokal.

Ubuntu Atau LIVE CD/DVD Linux Lainnya

Ubuntu

Setiap Linux Live CD atau DVD berisikan banyak tool yang dapat Anda gunakan untuk menyelamatkan komputer khususnya sistem operasi Windows. Selain itu Linux Live CD atau DVD juga bisa menjadi tool penyelamatan sistem, hanya saja mungkin pengguna pemula akan kesulitan menguasainya yang memerlukan waktu.

Apabila Anda bukanlah seorang teknisi dan Anda belum pernah menggunakan sistem operasi Linux sebelumnya, maka Anda harus memilih opsi lainnya dalam artikel ini.

Walaupun terlihat sulit digunakan bagi pengguna yang telah terbiasa menggunakan Windows, seri distribusi Linux populer ini termasuk paling mudah digunakan.

Secara default, Lice CD/DVD Ubuntu meliputi:

Tool partisi dan (pemformatan ulang) yang berfungsi untuk membuat, mengubah ukuran, memformat, dan menghapus partisi harddisk.
Tool backup yang dapat di gunakan untuk mencadangkan data ke folder partisi drive harddisk, server jaringan, atau bahkan ke layanan penyimpanan online seperti Google Drive.

FalconFour’s Ultimate Boot CD

FalconFour's Ultimate Boot CD

FalconFour’s Ultimate Boot CD merupakan versi modifikasi dari Hiren’s Boot CD yang telah memuat aplikasi gratis dan tool aplikasi penyelamatan sistem komersial.

Meskipun tidak lagi diperbarui oleh pmbuatnya dan juga tidak mendukung booting melalui UEFI, tool penyelamat sistem ini masih bisa digunakan bagi pengguna yang masih menggunakan sistem operasi lama seperti Windows 7 atau komputer dengan BIOS yang tidak mendukung UEFI.

FalconFour’s Ultimate Boot CD meliputi:

Tool pengumpulan informasi yang memberi Anda daftar perangkat keras di PC.
Tool backup untuk membuat dan memulihkan data dari harddisk.
Tool partisi yang dapat membuat, menghapus, dan mengubah ukuran partisi harddisk.
Aplikasi penganalisa yang dapat menemukan komponen perangkat keras yang telah rusak dari sistem.
Tool untuk membersihkan CMOS dan mem-flash BIOS motherboard komputer.

Ultimate Boot CD

Ultimate Boot CD

Ultimate Boot CD adalah pilihan lainnya dari penyelamatan sistem berbentuk live CD/DVD yang bisa digunakan oleh pengguna komputer. Meskipun tidak mendukung sistem berbasis UEFI, tool penyelamat masih bekerja dengan baik pada komputer dengan BIOS yang masih menjalankan sistem operasi lama seperti Windows 7 atau bahkan Windows XP.

UBCD memuat sebagian besar tool yang dirancang untuk membantu memecahkan berbagai masalah dan menyelamatkan komputer yang tidak responsif.

ULTIMATE Boot CD meliputi:

Aplikasi penganalisa perangkat keras yang dapat membantu mengidentifikasi komponen yang kemungkinan akan mengalami kerusakan atau sudah rusak.
Solusi manajemen hard disk dan partisi.
Alat pemulihan data untuk mendapatkan kembali file dari drive yang rusak.
Tool perbaikan boot.

ESET SysRescue disc

ESET SysRescue disc

Tool terakhir dalam artikel ini yaitu ESET SysRescue disc. Terkadang semua masalah komputer bisa berasal dari infeksi malware yang tidak mengizinkan Anda menggunakan PC atau memulihkan file terinfeksi. Bagaimana jika antivirus yang di install saat ini tidak dapat membersihkan file-file yang terinfeksi tersebut.

Pada saat itulah tool ESET SysRescue disc antimalware bisa anda gunakan. Beberapa perusahaan antivirus menawarkan tool pembersih malware secara gratis, dan salah satu yang terbaik adalah ESET.

ESET SysRescue disc merupakan pembersih malware yang dapat Anda gunkan pada CD, DVD, atau USB. Caranya yaitu boot komputer Anda dan biarkan tool ini memindai seluruh partisi harddisk dan membersihkan perangkat dari virus dan malware berbahaya.

Tool penyelamat sistem diatas dapat membantu Anda menyelamatkan sistem operasi dan hard disk dari berbagai masalah seperti serangan virus dan malware, backup data, pemulihan sistem operasi, pengelolaan partisi harddisk dan lain-lain. Selamat mencoba.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.