Microsoft Rilis Update Windows 10 (KB4057291) Untuk Perbaiki Driver Kartu Grafis AMD

Microsoft baru saja telah merilis pembaruan untuk sistem operasi Windows 10 bagi sistem yang menjalankan Windows Creators Update (versi 1703) dan Fall Creators Update (versi 1709) untuk memperbaiki masalah driver kartu grafis AMD.

Windows 10 Logo
Windows 10 Logo via techhive.com

Update KB4057291 tersebut hanya ditujukan bagi sistem dengan kartu grafis AMD yang telah menjalankan Driver versi 22.19.128.0, nampaknya menyebabkan beberapa masalah yang hanya mendukung maksimal tiga resolusi walaupun sudah diatur baik melalui pengaturan layar monitor dan kartu grafis.

Dari catatan yang telah dirilis oleh GHacks, hanya terdapat tiga layar resolusi yang ditawarkan setelah menginstall driver versi terbaru ini yaitu 800×600, 1024×768 dan 1280×1024, sehingga mengembalikan driver ke versi sebelumnya merupakan satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini.

Pembaruan tersebut menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang tidak terduga ini, menurut artikel Microsoft yang diterbitkan pada tanggal 18 Desember lalu.

Dijelaskan oleh Microsoft, tampilan multi monitor dan resolusi layar tidak akan bekerja bagi beberapa kartu grafis AMD (misalnya seri Radeon HD 2000, HD 3000, dan HD 4000) yang telah keliru menerima driver versi 22.19.128.0. Pembaruan ini nantinya akan menginstall driver untuk mengambalikan tampilan multi monitor serta kemampuan dalam mengontrol resolusi.

Pembaruan ini telah tersedia melalui windows update pada sistem dengan kartu grafis AMD, akan tetapi di saat yang bersamaan, juga telah diterbitkan pada katalog Microsoft Update dan harus melalui sistem administrator apabila ingin menginstallnya secara manual. Restart disarankan setelah menginstall patch tersebut.

Komputer yang telah dikonfigurasi Windows Update akan secara otomatis menginstall update kemungkinan telah menerima patch terbaru. Untuk memeriksa patch telah diinstall, jalankan Pengaturan(Settings) kemudian pilih menu Update & Security > Windows Update > View installed update history dan carilah KB4057291 dalam daftar pembaruan yang telah diinstall.

Sampai saat ini belum ada laporan mengenai kegagalan dalam hal instalasi, namun sepertinya masih harus menunggu apakah pembaruan ini sudah final sehingga tidak terdapat masalah yang tidak terduga lainnya dikemudian hari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.