10 Website Terbaik Untuk Mengunduh Musik Secara Resmi

Antusias Teknologi – Website Terbaik Untuk Mengunduh Musik – Internet menawarkan banyak hal yang menarik dan salah satu di antara-nya yaitu tersedia musik gratis. Anda dapat menemukan banyak website yang menawarkan download musik secara gratis, namun tidak semuanya resmi.

Apabila saat ini anda sedang mencari musik yang aman dan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya, ada beberapa pilihan website musik terbaik yang bisa anda kunjungi.

Musik

Mungkin anda berpendapat mengapa harus mengunduh musik secara gratis dimana anda bisa melakukan streaming. Streaming musik memang sangat mudah untuk dilakukan apabila memiliki jaringan internet yang kencang, namun apa yang akan anda lakukan ketika koneksi jaringan selular atau Wi-Fi sedang lambat.

Itulah saat dimana anda memerlukan musik yang bisa diputar tanpa menggunakan internet, dan keuntungan-nya anda dapat membawa musik favorit ke manapun tanpa harus mengeluarkan biaya.

Website dibawah adalah daftar terbaik di mana anda dapat menemukan musik dengan jumlah yang tidak terbatas secara gratis. Namun, tidak semua musik pada website ini gratis karena ada beberapa diantaranya yang berbayar dan hanya tersedia untuk streaming langsung.

10 Website Untuk Mengunduh Musik Secara Resmi

1. SoundCloud

SoundCloud

SoundCloud merupakan salah satu website musik populer yang memungkinkan anda untuk melakukan streaming musik tanpa batasan dan mengunduh musik secara gratis.

Merupakan Alternatif terbaik pengganti Spotify dimana anda bisa mendapatkan musik tanpa harus mengeluarkan uang.

Melalui komunitas streaming musik online ini, konten diunggah oleh musisi independen dan terkenal. Anda dapat mencari musik melalui tag band atau artis pada kotak pencarian.

Namun kekurangan-nya, tidak semua musik yang ada di website SoundCloud tersedia gratis, beberapa diantaranya bahkan meminta anda untuk me-like halaman Facebook terlebih dulu agar bisa mendapatkan trek.

Tetapi kebanyakan musik yang ada di SoundCloud dapat di unduh dengan menekan tombol Free Download yang berada di bawah dari soundtrack.

2. Jamendo

Jamendo

Musik yang diunggah pada Jamendo Music dilindungi oleh lisensi Creative Commons, yang berarti anda dapat dengan aman mengunduh musik yang ditawarkan di website ini.

Semua konten yang ada di website ini adalah musik independen, sehingga apabila anda sedang mencari trek yang umum, anda mungkin akan memilih untuk mencari di tempat lainnya.

Jamendo sangat cocok untuk yang memiliki hobi mendegarkan musik karena mereka memiliki playlist dan stasiun radio yang diperbarui secara teratur. Apabila anda menginginkan lisensi musik untuk video, komersial, atau film. Selain itu, Jamendo juga menawarkan banyak koleksi dengan harga yang terjangkau.

3. SoundClick

SoundClick

SoundClick merupakan tempat terbaik untuk mengunduh musik secara langsung dari website artis, dan ada beberapa artis yang menawarkan musik mereka secara gratis. Anda juga dapat membeli musik berlisensi atau mengunduh secara gratis dan resmi.

Anda dapat menjelajahi koleksi musik yang tersedia menurut jenis-nya. Anda juga dapat melakukan streaming atau mengunduh musik sesuai dengan kebutuhan, setelah anda melakukan pendaftaran gratis di website SoundClick.

Meskipun mengunduh musik di website ini tampilan-nya kurang begitu ramah terhadap pengunjung, namun ada beberapa fitur menarik seperti membuat kustom stasiun radio, berinteraksi dengan pendengar lainnya pada forum dan membaca lebih lanjut tentang artis favorit anda.

Ada juga fitur yang memungkinkan anda mengirim kartu pribadi elektronik kepada siapapun dengan tema ulang tahun, hari valentine atau pesta dengan kustom teks dan musik serta latar belakang apapun pilihan anda pada SoundClick.

4. Internet Archive (Audio Archive)

Internet Archive (Audio Archive)

Internet Archive audio tidak hanya menawarkan musik gratis, tetapi juga berisi koleksi audiobook, podcast, program radio, dan live musik. Perpustakaan audio ini berisi lebih dari 4 juta file audio digital.

Meskipun musik tidak memiliki kategori, pecinta musik dapat mengurutkan trek audio yang tersedia sesuai dengan tahun publikasi, pencipta, bahasa, dan filter lain-nya seperti terbanyak dilihat, tipe media, topik dan subjek.

Kategori musik di website ini terlihat agak sedikit membingungkan, namun dengan mencari-nya dengan teliti dan kesabaran anda dapat menemukan musik yang di inginkan.

Pada website Internet Archive anda akan menemukan musik dari berbagai macam artis baik dari Indonesia ataupun mancanegara, untuk musisi dari Indonesia seperti Ari Lasso, Dewa 19, Letto, Godbless, Iwan Fals, Ebiet G Ade, Wali Band, Sheila On 7, Tipe-X, Noah, Peterpan, Slank, Padi, Stinky, Gigi, Radja, Sandhy Sondoro, dan lainnya.

Sementara untuk mancanegara contohnya seperti Ed Sheeran, John Mayer, Coldplay dan Kendrick Lamar. Anda dapat mengunduh musik dengan aman dan gratis dalam berbagai format file seperti MP3 dan OGG.

5. Free Music Archive

Free Music Archive

Anda dapat mengunjungi salah satu website penyedia musik gratis ini secara resmi. Free Music Archive menawarkan berbagai macam koleksi musik dari berbagai label dan musisi.

Disini anda dapat mengunduh musik tanpa harus membuat akun terlebih dulu, yang merupakan salah satu persyaratan bagi sebagian besar website musik.

Pada website Free Music Archive, siapa saja dapat berkontribusi dengan membuat playlist tersendiri dari koleksi musik favorit pribadi. Selain itu, anda juga dapat menjelajahi musik baru dari jenis, artis atau dari grafik musik terbaik berdasarkan semua waktu, minggu dan bulan.

6. Audiomack

Audiomack

Audiomack merupakan website berbagi musik dengan tampilan yang user friendly sehingga membuatnya menjadi salah satu alternatif dari SoundCloud. Website pengunduh musik gratis ini dibuat khusus untuk para artis, label rekaman, dan pecinta musik untuk menemukan dan berbagi musik.

Audiomack memiliki kategori yang telah terorganisir dengan baik seperti musik yang sedang tren, musik serta album terbaik yang akan membantu anda untuk menemukan musik dengan mudah. Pada bagian musik yang sedang tren memiliki musik populer dari kategori Hip Hop, elektronik, dan Reggae yang populer di kalangan anak muda.

Tidak semua musik di website Audiomack tersedia gratis, akan tetapi banyak musisi yang menawarkan musik dan remix secara gratis. Tapi Anda dapat melakukan streaming dalam jumlah yang tidak terbatas melalui website pada desktop PC, atau ponsel melalui aplikasi iOS dan Android.

7. NoiseTrade

NoiseTrade

NoiseTrade memiliki koleksi album dari beberapa artis. Apabila anda menyukai-nya, maka bisa memberikan dukungan kepada artis tersebut dengan memberikan donasi.

Semua koleksi musik yang ada di website ini gratis untuk di unduh. Musik tersebut dapat langsung dimainkan sebagian, untuk mendapatkan akses penuh atau mengunduh album, anda diharuskan untuk mendaftarkan alamat email beserta dengan kode pos.

Setelah anda menyelesaikan langkah sebelumnya, album musik akan disimpan sebagai berkas file ZIP dengan berformat track MP3. Mencari koleksi musik baru di website NoiseTrade juga cukup mudah, cukup hanya dengan membuka menu Trending dan Top Download.

8. CCTrax

CCTrax

Musik yang ada di website CCTrax tersedia berbentuk lisensi Creative Common sehingga bebas dan aman untuk di unduh. Memiliki layout yang baik sehingga anda dapat mencari musik menurut lisensi, genre, label, dan artis.

CCTrax menawarkan musik dalam beberapa kategori seperti Electronica, Dub, Techno, Ambient, dan lainnya. Anda dapat mendengarkan atau mengunduh musik tanpa harus membuat akun dan juga tersedia pilihan untuk mendapatkan semua album secara sekaligus.

9. Epitonic

Epitonic

Epitonic merupakan website yang memiliki koleksi musik yang sangat banyak dan tersedia untuk di unduh dan di streaming dengan gratis dan resmi. Dibuat pada tahun 1999, sehingga website ini termasuk salah satu website tertua yang menawarkan musik MP3 gratis yang dibuat oleh industri rekaman, indie serta musisi populer.

Anda dapat menjelajahi trek baru melalui streaming berbasis web dan membuat playlist tersendiri dengan cara mendaftar. Musik yang ada disini dikategorikan berdasarkan label, artis dan genre untuk membantu anda menemukan musik dengan mudah.

10. YouTube Audio Library

YouTube Audio Library

YouTube merupakan salah satu website terbesar di internet yang menawarkan sangat banyak video streaming dan kebanyakan dari kita juga menggunakannya sebagai layanan streaming musik karena memiliki hampir semua jenis musik di dalamnya.

Alasan menempatkan YouTube diakhir yaitu mendapatkan musik dari YouTube agak sedikit susah, karena tidak semua musik yang ada di YouTube bisa di unduh, namun anda dapat mencari musik dengan menerapkan filter lisensi Creative Commons dan genre yang anda inginkan.

Trek musik dengan lisensi Creative Commons bebas dan aman untuk di unduh, akan tetapi bergantung pada persyaratan lisensi, anda mungkin perlu memberikan kredit kepada pembuatnya sebelum menggunakan-nya pada video anda.

Penutup

Daftar website diatas telah diurutkan berdasarkan dari kemudahan penggunaan serta popularitas-nya. Menurut pendapat saya, website Internet Archive bagian Audio menawarkan banyak koleksi musik secara gratis karena saya dapat menemukan hampir setiap artis dan musisi di sana.

Anda bebas untuk menentukan salah satu website yang cocok yang sesuai dengan kebutuhan.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.