6 Aplikasi File Kompresi Terbaik Di Windows

Antusias Teknologi | Aplikasi File Kompresi Terbaik Windows – Aplikasi kompresi file akan sangat membantu apabila anda sedang ingin berbagi file berukuran besar di internet, media sosial, ataupun aplikasi berbagi pesan seperti whats app, line dan telegram.

Apabila anda belum terbiasa dengan cara kerja dari kompresi file, anda dapat membaca panduan manualnya secara terperinci mengenai kompresi file.

Aplikasi File Kompresi

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Akan sangat efisien dan menghemat banyak kapasitas hard disk dengan menggunakan aplikasi kompresi file ini karena jika anda akan mengirimkan banyak file sekaligus, anda cukup mengirimkan satu file berkas saja dalam bentuk yang telah diarsipkan.

Terdapat banyak aplikasi kompresi file yang tersedia apabila anda ingin mengecilkan ukuran file tertentu. Setiap aplikasi mendukung format pengarsipan file berbeda beserta kelebihan dan kekurangannya serta menawarkan fitur-fitur yang berbeda.

Memilih yang terbaik dari banyaknya aplikasi kompresi file bisa jadi akan sedikit memakan waktu. Berikut ini adalah daftar enam aplikasi kompresi file terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengecilkan/memampatkan ukuran file sehingga dapat dengan cepat dibagikan yang ada pada sistem operasi Windows.

6 Aplikasi File Kompresi Terbaik Di Windows

1. WinRAR

WinRAR

WinRAR merupakan aplikasi kompresi populer untuk sistem operasi Windows, hampir setiap pc/laptop kebanyakan telah terinstall aplikasi ini. Termasuk aplikasi yang direkomendasikan untuk mengompresi file multimedia karena secara otomatis memilih metode kompresi terbaik.

Aplikasi kompresi lainnya hanya dapat mengekstrak file RAR, tetapi WinRAR bisa menciptakan file berkas berformat RAR.

Anda dapat mengkompresi file menggunakan WinRAR dengan fitur Solid Archive Box. Selain enkripsi AES 256-bit, WinRAR juga menawarkan fitur untuk membagi berkas arsip ke dalam volume terpisah, memperbaiki arsip rusak, dan dukungan penamaan file yang panjang.

Kekurangan dari WinRAR yaitu kerumitan pada menu-menu yang ada terutama khususnya bagi pengguna baru yang akan mengkompresi file. Selain itu, jika anda masih menggunakan versi gratis dari Winrar, anda akan melihat pop-up agar membeli versi berbayarnya.

Dukungan format: RAR, CAB, ZIP, UUE, Z, ACE, ARJ, 7-ZIP, dan TAR.

Harga: Gratis, 29 dolar pada versi berbayar untuk pengguna personal.

2. 7-zip

7-zip

Aplikasi kompresi file 7-zip merupakan aplikasi sumber terbuka paling populer dengan memiliki rasio kompresi tinggi. Apabila prioritas anda adalah mengompresi file dan tetap menjaga agar ukuran file kompresi yang dihasilkan seminimal mungkin, maka 7-zip bisa menjadi pilihan utama anda.

7-zip bebas dan gratis untuk digunakan, dengan adanya fitur enkripsi AES-256 dan manajer file terintegrasi, integrasi dengan Windows shell, kemampuan mengekstrak file tersendiri dalam format 7z dan terdapat plugin untuk FAR Manager, aplikasi 7-zip banyak digunakan dalam skala bisnis dan komersial.

Salah satu kelebihan dari 7-zip dibandingkan aplikasi kompresi lainnya yaitu bebas dan gratis untuk digunakan.

Dukungan format:

Kompresi: 7z, XZ, bzip2, gzip, tar, zip dan Wim.
Ekstrak File: AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VMDK, WIM, XAR dan Z.

Harga: Gratis

3. WinZip

WinZip

WinZip tidak perlu lagi diperkenalkan karena merupakan salah satu aplikasi populer dalam mengkompresi file yang banyak digunakan pengguna komputer. Anda dapat mengkompresi, melindungi, membagikan serta ekstraksi file.

Aplikasi ini menerapkan algoritma enkripsi pada tingkat perbankan sehingga data lebih aman dan juga menyediakan fitur untuk menghubungkan beberapa akun penyimpanan awan seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox.

Salah satu fitur unggulan dari WinZip adalah ZipSend yang berfungsi untuk mengirimkan file arsip zip besar dan mengirimkannya sebagai lampiran dalam e-mail.

Namun selain kelebihan, salah satu kekurangan dari WinZip yaitu hanya kompatibel dengan platform Windows. Mengingat banyaknya fitur-fitur yang ada dan kemudahan penggunaan, WinZip merupakan salah satu yang aplikasi kompresi file terbaik yang bisa anda gunakan.

Dukungan format: zip, tar, gzip, CAB, RAR, 7z, IMG, ISO, XZ, VHD, VMDK, lha/LZH

Harga: 45 hari masa percobaan gratis, 35.34 dolar untuk versi standar

4. PeaZip

PeaZip

Apabila anda sering menggunakan berkas file ZIP dalam setiap penggunaan setiap hari, maka PeaZip bisa anda coba. Aplikasi kompresi file gratis ini dapat menangani kompresi dan pengarsipan file dengan sangat mudah.

Telah Mendukung lebih dari 150 format berkas berbeda, PeaZip juga memiliki beberapa fitur tambahan seperti pengelola kata sandi terenkripsi, autentikasi dua faktor, mampu mencari berkas duplikat, membagi arsip menjadi beberapa berkas dan menjadwalkan pengarsipan.

PeaZip memiliki banyak fitur lanjutan yang mungkin akan anda butuhkan apabila ingin mengkompresi berbagai jenis file secara sekaligus namun hanya memiliki sumber daya yang terbatas.

Dukungan Format: z, Google Android’s apk, bz, bz2, bzip2, tbz2, tbz, gz, gzip, tgz, tpz, tar, zip, zipx, z01, smzip, arj, cab, chm, chi, chq, chw, hxs, hxi, hxr, hxq, hxw, lit, cpio, deb, lzh, lha, rar, r01, 00, rpm, z, taz, tz, iso, Java (jar, ear, war), pet, pup, pak, pk3, pk4, slp, [Content], xpi, wim, u3p, lzma86, lzma, udf, xar, Apple’s dmg, hfs, part1, split, swm, tpz, kmz, xz, txz, vhd, mslz, apm, mbr, fat, ntfs, exe, dll, sys, msi, msp, Open Office / Libre Office (ods, ots, odm, oth, oxt, odb, odf, odg, otg, odp, otp, odt, ott), gnm, Microsoft Office (doc, dot, xls, xlt, ppt, pps, pot, docx, dotx, xlsx, xltx), Flash (swf, flv), quad, balz, bcm, zpaq, paq8f, paq8jd, paq8l, paq8o, lpaq1, lpaq5, lpaq8.

Harga: Gratis untuk digunakan

5. Zipware

Zipware

Zipware merupakan aplikasi kompresi file lainnya untuk sistem operasi Windows. Mendukung hampir semua format arsip populer dan dapat dengan mudah menangani file arsip kecil dan besar.

Dengan Zipware, anda dapat membuat file arsip yang dapat dilindungi kata sandi, melakukan fungsi pengarsipan langsung dari Windows Explorer dan dapat mengkonversi format Arsip populer ke berkas 7z dan zip.

Aplikasi ini juga memberikan pilihan untuk membagi arsip ke dalam volume yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Zipware telah dilengkapi fitur manager kata sandi untuk menyimpan dan mengelola kata sandi anda.

Dukungan Format: ZIP,ZIPX,7Z,RAR,RAR5,ISO,VHD,MSI,GZIP,BZIP2,TAR,CPIO,DEB,DMG,LZH,LZMA,LZMA2,PPMd, NSIS,RPM,UDF,WIM,XAR,XPI,CBR,CBZ,XZ,Z

Harga: Gratis

6. Hamster Zip Archiver

Hamster Zip Archiver

Apabila anda menginginkan aplikasi kompresi file yang mudah digunakan dan juga dapat melakukan operasi kompresi canggih maka apliksi Hamster Zip Archiver bisa menjadi pilihan anda.

Aplikasi gratis ini mendukung hampir semua format populer dan tampilan antarmuka drag-drop (tarik/lepas) yang membuatnya mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Selain itu, adanya integrasi dengan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan Yandex Disk membuatnya populer di antara pengguna yang ingin berbagi hasil file kompresi.

Hamster Zip Archiver hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.

Dukungan Format: zip, 7z, arj, bz2, tbz, gzip, deb, dmg, img, gz, tgz, hfs, lzh, rmp, pkg, z, taz, cab, iso, rar, tar, wim, swm and jar.

Harga: Gratis

Disaat anda akan memilih aplikasi kompresi file terbaik, anda harus mempertimbangkan beberapa poin seperti format file yang didukung, sistem operasi yang didukung dan tingkat dari hasil kompresi.

Selain dari aplikasi diatas, di internet terdapat beberapa layanan website yang dikhususkan dalam mengkompresi file dan folder, namun tidak disarankan apabila anda memiliki data-data penting atau pribadi.

Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.