10 Penyebab Performa Komputer Menjadi Lebih Lambat

Antusias Teknologi | 10 Penyebab Performa Komputer Menjadi Lebih Lambat – Sebagian besar pengguna komputer biasanya menghadapi masalah mengenai mengapa performa komputer menjadi lambat. Kebanyakan dari pengguna komputer sering menanyakan pertanyaan di beberapa forum mengapa PC mereka semakin lambat. Mereka ingin mengetahui mengenai alasan mengapa kinerja komputer menjadi lambat.

10 Penyebab Performa Komputer Menjadi Lebih Lambat

Bisa dipastikan jika komputer yang lambat akan mengganggu akfititas sehari-hari bagi anda yang sering menggunakan komputer.

Kinerja komputer yang lambat akan mengakibatkan penurunan produktivitas kerja, sehingga dapat menyebabkan sambungan internet sudah berada pada kecepatan tertinggi namun browsing halaman website masih tetap saja lambat, membuka aplikasi sangat lama, proses shutdown lebih lambat dari biasanya, atau bahkan PC sering mengalami hang.

“Komputer menjadi lambat” adalah masalah yang umum bagi banyak pengguna Windows. Bagi pemula akan kesulitan apabila berada dalam situasi tersebut.

Agar performa PC tetap dalam kondisi yang prima, anda perlu merawatnya secara berkala. Sebelumnya, anda terlebih dulu harus menyadari mengenai penyebab yang membuat komputer berjalan lebih lambat.

10 Penyebab Performa Komputer Menjadi Lebih Lambat

1. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Pada Saat Bersamaan

Aplikasi Komputer

Sebagian besar pengguna komputer tidak menyadari mengenai aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada PC mereka. Sangat direkomendasikan untuk menjalankan hanya aplikasi yang dibutuhkan.

Seperti banyak pengguna yang memasang aplikasi untuk meningkatkan atau mengoptimalkan RAM, akan tetapi sebenarnya tidak banyak membantu. Malah justru sebaliknya, aplikasi tersebut akan mengkonsumsi penggunaan RAM dan CPU. Anda harus menghapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan.

2. CPU Kepanasan

CPU

Suhu yang terlalu panas pada sistem komputer merupakan penyebab utama dari kinerja komputer menjadi lebih lambat. Pada saat kita menggunakan komputer untuk waktu yang lama tanpa memberikan jeda istirahat, CPU di dalamnya akan menghasilkan panas.

Panas ini dapat menyebabkan komputer menjadi lebih lambat apabila tidak ada ventilasi/pembuangan udara yang cukup. Itulah sebabnya mengapa komputer yang berada di pusat data dan laboratorium sepenuhnya menggunakan pendingin ruangan (AC) untuk menjaga suhu agar tetap dingin.

3. Kurangnya Memori (RAM) Pada Komputer

RAM

RAM merupakan salah satu komponen perangkat keras utama yang menentukan kecepatan komputer. Apabila komputer anda memiliki RAM yang cukup untuk melengkapi kebutuhan aplikasi maka sistem akan berjalan pada kecepatan yang optimal.

Jika anda menjalankan banyak aplikasi pada saat bersamaan, maka akan mengkonsumsi lebih banyak memori (RAM) dan menyebabkan komputer menjadi lambat. Apabila anda ingin menjalankan aplikasi lainnya secara bersamaan, maka anda harus menambah dan meningkatkan ukuran RAM.

4. Infeksi Malware Dan Virus

Malware

Malware seperti virus, trojan dan worm yang secara signifikan dapat mempengaruhi kinerja komputer. Komputer anda akan berjalan sangat lambat apabila telah terinfeksi.

Dalam masalah ini, anda perlu memindai PC yang telah terinfeksi tersebut dan anda dapat menggunakan pemindai virus online untuk memindai PC dari serangan malware.

5. Hard Disk Yang Korup Atau Terfragmentasi

Hard Disk

Hard disk yang terfragmentasi atau korup juga menjadi penyebab utama dalam memperlambat kinerja sistem komputer. Banyak dari pengguna tidak mematikan komputer mereka dengan baik sehingga menyebabkan harddisk korup dalam waktu lama.

Fragmentasi data pada hard disk juga menyebabkan komputer menjadi lambat. Sebaiknya kita mendefrag hard disk secara teratur agar performa sistem tetap optimal.

6. Driver Dan Aplikasi Yang Sudah Lama

PC Driver

Sangat disarankan untuk memasang versi terbaru dari setiap driver perangkat keras dan perangkat lunak. Misalnya seperti apabila ada pembaruan driver kartu grafis, updatelah ke versi terbaru dan berlaku juga untuk semua driver lainnya.

Kebanyakan dari kita menggunakan banyak aplikasi pada PC secara reguler untuk keperluan pekerjaan seperti web browser, edit video, pemutar file multi media, teks editor, download manager, edit foto, utility, pengolah kata dan banyak lagi lainnya.

Kita harus tetap memperbarui aplikasi tersebut apabila telah tersedia. Versi terbaru dari setiap aplikasi berisi banyak perbaikan celah keamanan dan perbaikan-perbaikan lainnya dari pembuat-nya, sehingga dapat membuat aplikasi tersebut berjalan pada kecepatan dan kinerja yang lebih baik.

7. Aplikasi Bajakan

Aplikasi Bajakan

Banyak dari pengguna komputer saat ini menggunakan aplikasi bajakan. Aplikasi ini tidak berasal dari sumber yang terpercaya dan biasanya berisi malware bahkan virus. Akan lebih baik untuk menghapusnya karena dapat membahayakan kinerja PC.

Apabila anda ingin membeli aplikasi antivirus, silahkan membelinya dari penjual yang terkenal atau para pengecer lokal. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan sistem operasi yang asli atau gunakan sistem operasi open source seperti Linux.

8. Komputer Anda Sudah Terlalu Tua

Komputer Lama

Apabila komputer anda sudah tua seperti berumur lebih dari 5 sampai 6 tahun, ada kemungkinan komputer menjadi lambat. Teknologi web terbaru dan game saat ini akan berjalan sangat lambat pada PC lama Anda.

Banyak persyaratan aplikasi dan game saat ini telah meningkat dari waktu ke waktu.

9. Banyaknya File-File Sampah

File-File Sampah

File-file sampah juga merupakan salah satu alasan untuk memperlambat kinerja komputer. Pada saat kita browsing internet pada browser atau menjalankan aplikasi apapun, akan meninggalkan file sampah di dalam hard disk.

Ukuran file sampah akan meningkat dan bertambah seiring berjalannya waktu dan menyebabkan sistem menjadi lebih lambat. File-file sampah ini perlu dibersihkan secara teratur untuk mendapatkan kinerja yang optimal dari sistem.

10. Beberapa Alasan Lainnya

* Apabila anda menggunakan browser Google Chrome, akan dibutuhkan lebih banyak memori daripada Mozilla Firefox. Penggunaan memori yang sangat banyak akan mengarah ke lambatnya sistem yang berjalan.
* Banyak aplikasi yang berjalan pada saat start-up akan menyebabkan sistem menjadi lambat. Anda perlu mengkonfigurasi aplikasi yang hanya dibutuhkan saat start-up.
* Registry Windows akan bertambah ukurannya dengan data yang usang pada saat menggunakan komputer untuk waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan komputer berjalan lebih lambat.
* Animasi wallpaper pada desktop dan widget juga sering menjadi penyebab melambatnya sistem.
* Terlalu banyak add-on/pengaya yang dipasang di Browser juga menjadi penyebab melambatnya sistem.

Penutup

Mengapa kinerja komputer anda melambat.

Diatas merupakan beberapa alasan yang menjadi penyebab kinerja komputer menjadi lambat. Apabila anda saat ini sedang menghadapi masalah performa komputer yang lambat, anda perlu memeriksa kembali daftar ceklist diatas dan apakah cocok dengan sistem Anda saat ini. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.