Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Perangkat Android

Saat ini anda akan membutuhkan lebih banyak ruang bagi aplikasi, photo, video, dan lainnya. Sebelum anda membeli kartu SD untuk smartphone android, ada beberapa poin penting yang perlu diingat.

Kartu Memori

Meskipun tidak mudah menemukan kartu memori yang sesuai dengan kapasitas yang diinginkan. Anda perlu memastikan bahwa kartu memori SD kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan beberapa aspek seperti kecepatan baca tulis dan kecepatan transfer data.

Perbedaan antara SDXC, MicroSD dan SDHC

Sebelum memutuskan memilih dari salah satu tiga tipe kartu SD ini, anda perlu memastikan bahwa smartphone telah mendukung. Selain itu, anda perlu memikirkan untuk apa nantinya kartu memori tersebut akan digunakan, apakah untuk bermain game, mengambil foto, atau hanya sekedar chatting dan browsing internet.

Misalnya anda hanya menginginkan ruang tambahan untuk gambar dan video, maka anda harus memilih tipe kartu SDHC MicroSD. Kartu ini dapat menyimpan file berukuran antara 2GB hingga 23GB.

Kartu memori SDXC (eXtended capacity) dapat digunakan menyimpan data antara 32GB sampai maksimum 2TB. Namun perlu diingat bahwa anda tidak dapat menggunakan kartu ini pada smartphone yang sudah lama karena hanya dibuat untuk smartphone keluaran baru.

Anda bisa menggunakan kartu memori bertipe MicroSD yang hanya mendukung maksimal hingga 2GB, akan tetapi sepertinya ini belum cukup untuk digunakan sebagai penyimpanan mengingat saat ini penggunaan penyimpanan cukup tinggi.

Bagaimana Memilih Kecepatan Kartu Memori SD Secara Tepat

Saat anda akan memilih kartu memori SD, pertimbangkan juga faktor yang penting seperti kecepatan. Saat membeli kartu SD akan terdapat pilihan Class seperti Class 2, Class 4, Class 6, dan Class 10. Kecepatan dari masing-masing kartu ini adalah sebagai berikut:

Class 2 – 2 MBps minimal
Class 4 – 4 MBps minimal
Class 6 – 6 MBps minimal
Class 10 – 10 MBps minimal

Kartu memori U1 UHS memiliki kecepatan minimal 10 MBps sedangkan kecepatan dari U3 sebesar 30 Mbps. Anda dapat melihat kecepatan dalam satuan megabyte per detik dan kecepatan berdasarkan pada ujicoba yang telah dilakukan oleh para ahli. Pastikan ponsel anda telah mendukung UHS-1 dan UH-3 karena tidak semua smartphone mendukung jenis memori tipe ini.

Ukuran Kartu Memori SD Yang Berbeda

Pastikan bahwa saat akan membeli kartu memori merupakan ukuran yang tepat untuk ponsel anda. Ada tiga ukuran berbeda yang bisa dipertimbangkan yaitu:

Ukuran Mikro – 11 x 15 mm
Ukuran Mini – 31.5 x 20 mm
Ukuran Standar – 32 mm x 24 mm

Sudah jelas bahwa ponsel android anda memerlukan ukuran kartu memori MicroSD. Periksalah terlebih dulu pada panduan manual ponsel untuk melihat kartu memori apa yang kompatibel dengan smartphone anda.

Kartu Apa Yang Harus Dipilih Bagi Anda Yang Suka Menonton Video

Has an SD card you purchased simply stopped working? If you buy cheap imitation cards, this is something that’s going to repeat itself.

Apabila satu-satunya alasan anda saat membeli kartu SD untuk membuat ruang penyimpanan sehingga lebih banyak, fokuslah pada ukuran penyimpanan kartu. Dan apabila anda ingin mengambil banyak photo dengan resolusi tinggi, kapasitas kartu memori adalah pilihan yang lebih baik bagi anda. Satu photo beresolusi tinggi berukuran sekitar 25MB.

Dengan membeli kartu berukuran 16GB, anda mampu menyimpan gambar sebanyak 650. Apabila anda akan mengambil photo lebih banyak, maka ukuran 16GB masih belum cukup.

Selalu Memilih Merek Kartu Memori Yang Sudah Dikenal

Dengan membeli merek yang telah dikenal dan populer, anda dapat memilih kartu memori yang tahan air atau tahan guncangan.

Bahkan yang lebih penting lagi adalah garansi, sehingga pada saat kartu memori tidak bisa digunakan lagi dalam masa garansi, anda bisa mendapatkan penggantian kartu yang baru.

Kesimpulan

Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah apa yang anda butuhkan dan jenis kartu memori apa yang didukung oleh ponsel anda. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.