10 Aplikasi Backup Data Terbaik Android

Antusias Teknologi | 10 Aplikasi Backup Data Terbaik Android – Salah satu hal paling penting yang sering diaabaikan yaitu membackup data penting secara teratur, kemungkinan risiko kehilangan file akan selalu ada yang disebabkan oleh berbagai hal tida terduga seperti memori rusak, ponsel error, terserang virus dan malware, atau menghapus data secara tidak sengaja.

Backup Data

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Apabila anda adalah pengguna Android, ada beberapa aplikasi backup yang dapat menangani data-data penting dan menyimpannya secara offline atau penyimpanan awan dengan aman. Selain itu, dari beberapa aplikasi tersebut dapat berjalan secara terjadwal dan akan melakukan backup data tanpa adanya campur tangan dari pengguna.

10 Aplikasi Backup Data Terbaik Android

1. App Backup Restore Transfer

App Backup Restore Transfer

App Backup Restore Transfer memiliki berbagai fitur untuk melakukan cadangkan dan mengembalikan data. Anda dapat melakukan batch backup, restore, transfer, dan berbagi aplikasi dan data pribadi.

Anda dapat membuat backup file ke Google Drive atau mengedit path backup untuk menyimpan data pada kartu memori SD. Memiliki pilihan backup otomatis untuk membuat backup dari setiap instalasi aplikasi diperbarui secara otomatis.

Selain itu, aplikasi ini memiliki pemindai virus terintegrasi, pemindai file APK, mode malam, dan dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan dari ukuran/nama/tanggal. Namun kekurangannya, aplikasi tidak dapat melakukan backup, restore, atau transfer data serta pengaturan dari setiap aplikasi. Aplikasi ini gratis untuk digunakan.

2. G Cloud Backup

G Cloud Backup

G Cloud Backup merupakan aplikasi backup android di mana pengguna harus membuat akun untuk menyimpan hasil backup data. Menyediakan 1 GB ruang backup secara gratis sehingga anda untuk menyimpan SMS, catatan log panggilan, kontak, pengaturan sistem, foto, video, dan musik.

Anda dapat dengan mudah memindahkan file ke perangkat baru dan melindungi aplikasi pribadi dengan kata sandi. Aplikasi ini tidak membutuhkan hak akses root, dan memungkinkan untuk melakukan backup ke kartu SD eksternal.

Anda dapat menjadwalkan backup otomatis dan upload saat tersedia jaringan internet atau WiFi.

3. Super Backup And Restore

Super Backup And Restore

Super Backup And Restore mengklaim menjadi salah satu tercepat untuk membuat cadangan dan mengembalikan data untuk Android. Anda dapat membuat backup aplikasi, kontak, pesan, log panggilan, bookmark, dan kalender ke kartu SD atau Google Drive.

Anda juga dapat membuat backup dan restore data aplikasi. Namun untuk melakukan itu, sebelumnya anda memerlukan akses root dari perangkat. Selain itu, anda juga dapat menjadwalkan backup secara otomatis dan mengunggah backup otomatis ke Google Drive atau Gmail.

Tampilan antarmuka mudah untuk dioperasikan dan dapat disesuaikan dengan tema berwarna hitam atau putih.

4. Google Drive

Google Drive

Aplikasi ini merupakan layanan penyimpanan awan berkapasitas besar dari Google yang menyediakan penyimpanan sebesar 15 GB yang cukup banyak untuk menyimpan koleksi foto, file, dan dokumen lainnya. Anda dapat mengakses hard disk virtual dari Google ini dari perangkat multi platform dimanapun anda sedang berada.

Anda dapat melihat file dengan offline dengan menggunakan cara sederhana. Selain itu, anda dapat berbagi file dan folder dengan orang lain dan juga mengedit atau menambahkan komentar pada salah satu file.

Google Drive merupakan salah satu aplikasi backup Android terbaik yang dapat menyimpan informasi dengan aman di penyimpanan awan.

5. App Backup And Restore

App Backup And Restore

App Backup And Restore dapat dengan mudah melakukan backup dan restore data, anda dapat menyimpan, mengarsipkan atau menghapus backup secara langsung dari dalam aplikasi. Juga tersedia fitur batch backup dan restore data.

Memiliki scanner file APK dan virus scanner terintegrasi. Anda dapat memilih untuk melakukan backup otomatis aplikasi spesifik dari semua aplikasi. Selain itu, anda dapat berbagi aplikasi antar perangkat melalui WiFi dan Bluetooth.

Aplikasi ini hanya dapat membuat backup dan restore file APK, tidak termasuk data aplikasi.

6. Titanium Backup

Titanium Backup

Titanium backup merupakan aplikasi backup yang telah ada saat hadirnya versi awal sistem operasi Android. Ditujukan khusus untuk pengguna root dan mendukung hampir semua versi android. Aplikasi tersedia dalam versi gratis dan premium.

Pada versi gratis, anda dapat membackup dan restore aplikasi bersamaan dengan data aplikasi, SMS, dan kontak, serta mendukung backup untuk kartu memori SD. Versi premium tersedia dengan beberapa fitur tambahan seperti sinkronisasi ke penyimpanan awan, backup otomatis, batch restore, dan membekukan aplikasi.

7. Contacts Backup And Restore

Contacts Backup And Restore

Apabila anda sedang mencari aplikasi untuk backup kontak, Simpler backup adalah aplikasi yang bisa dicoba. Anda dapat dengan mudah membuat backup nomor kontak sebagai file VCF.

Anda dapat mengekspor hasil backup ke DropBox, Google Drive atau kartu SD. Anda juga dapat memindahkan data kontak di antara akun yang berbeda. Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, gratis tanpa adanya iklan atau pembelian di dalam aplikasi dan tersedia dalam 15 bahasa yang berbeda.

8. Google Photos

Google Photos

Google foto merupakan layanan berbagi dan penyimpanan foto dari Google. Menyediakan para penggunanya penyimpanan gratis tidak terbatas untuk foto berukuran hingga 16 megapiksel dan video untuk resolusi 1080 megapiksel.

Anda dapat mengaktifkannya secara otomatis untuk membuat backup dan mengatur foto. Layanan ini dapat menganalisa gambar, mengidentifikasi berbagai fitur dan subjek file, dan dapat anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan.

Memiliki editor lanjutan terintegrasi dan dukungan Chromecast. Selain itu, anda dapat berbagi foto secara langsung dari dalam aplikasi.

9. SMS Backup and Restore

SMS Backup and Restore

SMS Backup and Restore adalah aplikasi backup lainnya untuk membuat backup file SMS. SMS, MMS dan log panggilan akan disimpan ke dalam format file XML.

Anda dapat mentransfer data di antara dua ponsel melalui jaringan WiFi atau mengirimkannya melalui email. Aplikasi SMS Backup and Restore sangat mudah dikustomisasi, dan memiliki pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan iklan. Anda juga dapat memilih percakapan yang ingin di backup atau restore.

Selain itu, anda bisa melakukan unggah backup otomatis ke Google Drive atau Dropbox. Anda dapat mengkonversi file backup format XML ke format lainnya dan membukanya pada PC atau laptop.

10. Helium

Helium

Helium adalah salah satu aplikasi backup Android yang tidak memerlukan akses root. Anda bisa membuat backup aplikasi, data, kontak, pesan, dan log panggilan.

Untuk menggunakan aplikasi pada smartphone saat tersambung pada PC, pengguna yang belum melakukan root pada smartphone perlu menginstal aplikasi desktop Helium, sementara untuk ponsel yang telah di root dapat menjalankannya secara langsung.

Pada versi gratis anda dapat membuat backup dan restore ke kartu memori SD dan dari PC/laptop. Dalam versi premium terdapat adanya beberapa tambahan fitur seperti tidak adanya iklan, sinkronisasi dari Android ke Android, backup dan restore data dari penyimpanan awan.

Semoga daftar aplikasi diatas dapat membantu anda menemukan aplikasi backup terbaik di Android. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.