Tips Mendapatkan Sertifikat Internasional Bidang Teknologi Informasi Secara Gratis

Antusias Teknologi – Tips Mendapatkan Sertifikat Internasional Bidang Teknologi Informasi Secara Gratis – Ditengah jaman informasi yang sangat cepat saat ini, pembelajaran dan pelatihan tidak hanya didominasi oleh pendidikan formal saja.

Hadirnya media online seperti internet juga sangat memudahkan kita untuk belajar secara otodidak kapan saja tidak terbatas oleh waktu dan tempat.

Sertifikat Dari Microsoft Virtual Academy

Biaya pelatihan dan sertifikasi internasional yang mahal membuat sebagian orang memilih cara alternatif untuk mendapatkan sertifikat bidang teknologi informasi.

Salah satunya adalah dengan mendapatkannya secara gratis melalui cara dibawah ini.

Mungkin sobat pernah mendengar atau mengetahui tentang Microsoft Virtual Academy, ini adalah website pelatihan atau e-learning secara online yang dimiliki oleh perusahaan pembuat sistem operasi Windows Microsoft.

Di website ini sobat dapat mengambil materi pelatihan tertentu di bidang teknologi informasi bertaraf internasional dari berbagai macam kategori yang materi pelatihannya didominasi dengan bahasa inggris.

Dikarenakan penggunaan bahasa inggris yang dominan, minimal sobat memiliki pengetahun dasar bahasa inggris dalam memahami materi yang disajikan, sehingga bisa mengerti mengenai pembelajaran yang sedang dipelajari.

Di negara kita ada website Ilmu Komputer yang menyajikan beragam materi pembelajaran secara gratis tentang dunia Informasi Teknologi yang didirikan oleh Bapak Romi Satria Wahono yang bisa sobat unduh e-booknya, di luar negeri salah satunya adalah Microsoft Virtual Academy atau yang disingkat MVA.

Materi pembelajaran di MVA terdiri dari slide presentasi, tautan referensi artikel dari materi yang sedang dipelajari, sampai dengan penjelasan melalui video streaming.

Setelah mendapatkan materi sobat akan diberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang sedang dipelajari. Setelah persentasi mencapai 100% sobat akan mendapatkan sertifikat yang bisa diunduh dalam bentuk file PDF melalui dashboard.

Tips Mendapatkan Sertifikat Internasional Bidang Teknologi Informasi Secara Gratis

Langkah pertama adalah dengan membuka website Microsoft Virtual Academy (MVA) yang ada di alamat ini: https://mva.microsoft.com/.

Microsoft Virtual Academy (MVA)

Diperlukan akun Microsoft untuk mendaftar, silahkan sobat buat akun Microsoft terlebih dulu disini (https://signup.live.com/signup.aspx)

Akun Microsoft

Setelah selesai membuat akun Microsoft kemudian login di website Microsoft Virtual Academy (MVA)

Halaman Login Akun Microsoft Virtual Academy

Kemudian pilihlah salah satu materi yang akan sobat pelajari. (https://mva.microsoft.com/search/SearchResults.aspx?ref=browseall)

Pilihan Materi Pembelajaran

Sebagai contohnya disini saya akan mempelajari materi SQL Database Fundamental (https://mva.microsoft.com/en-US/training-courses/sql-database-fundamentals-16944)

Materi Pembelajaran SQL Database Fundamental

Di sebelah kanan terdapat poin-poin materi pembelajaran beserta persayaratan untuk mendapatkan sertifikatnya.

Setelah proses pembelajaran mencapai 100% artinya sobat sudah lengkap dalam mempelajari materi ini, dan bisa mengunduh sertifikatnya melalui Dasboard.

Proses Pembelajaran Materi 100%

Proses Pembelajaran Materi 100% Di Dashboard

Sertifikat SQL

Nah itulah salah satu cara untuk mendapatkan sertifikat internasional secara gratis. Sertifikat tersebut bisa sobat gunakan dalam melangkapi CV untuk melamar pekerjaan, atau bagi yang sudah bekerja sertifikat tersebut bisa menambah referensi keahlian dalam bidang tertentu.

Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.