Sistem Operasi Linux Lakka 2.1 Ubah PC Anda Menjadi Konsol Game Jadul

Rilis stabil baru Lakka, sistem operasi berbasis open source Linux yang akan mengubah PC anda menjadi konsol game jadul, telah hadir dengan banyak perbaikan dan fitur yang baru.

Dibuat berdasarkan dari LibreELEC 8.2 terbaru dari sistem operasi Linux yang telah tertanam, Lakka 2.1 menggunakan kernel Linux 4.14 LTS yang baru saja dirilis untuk Allwinner dan kernel Linux 4.4.99 LTS untuk Rockchip. Telah Mendukung S812 Amlogic TV, peningkatan audio HDMI untuk sistem WeTek Play 2, dan perbaikan boot dari Odroid-XU3 dan Odroid-XU4.

Sistem Operasi Linux Lakka 2.1
Image Credit via lakka.tv

“Kami sekarang baru membangun untuk board Allwinner, berdasarkan kernel utama dan u-boot. Dengan proyek baru ini, kami dapat mendukung banyak board baru dengan sangat sedikit usaha. Berdasarkan pada kernel yang akan meningkatkan kompatibilitas dengan joypads dan dongles baru. Image baru ini akan menggantikan a10, a20, H3 dan Bananapi image,” dikutip dari pengumuman yang telah dirilis.

Untuk Raspberry Pi SBC dan PC, rilis baru ini juga memungkinkan kinerjanya akan meningkat dan kernel real-time secara default untuk menstabilkan framerate dan mengurangi lag. Selain itu, juga memiliki kemampuan untuk menggunakan Pi Raspberry sebagai Wi-Fi access point (AP). Firmware Raspberry Pi juga telah mendapatkan pembaruan, dan sekarang telah mendukung OpenSSL dan Samba 4.

Lakka 2.1 juga memperkenalkan dukungan audio untuk adaptor RGB Pi SCART, dukungan joypads kembar seperti Xin Mo, dukungan untuk board Rockchip termasuk dukungan ROCK64, ASUS TinkerBoard dan MiQi, dukungan U-boot 2017.11 stable pada semua board Allwinner dan Rockchip, serta meningkatkan deteksi untuk TV dan dukungan resolusi pada Odroid-XU4.

RetroArch 1.6.9 Juga Disertakan Dan Mendukung Game Baru

Dalam sisi permainan, Lakka 2.1 dibekali dengan RetroArch 1.6.9 open source frontend terbaru untuk emulator, yang telah menambahkan dukungan untuk beberapa core baru, seperti Citra (Nintendo 3DS), Dolphin (Nintendo GameCube dan Wii), OpenLara – Tomb Raider, Redream (Sega Dreamcast), MeowPC98 (PC98), MelonDS (Nintendo DS), SameBoy (Nintendo Game Boy dan Game Boy Color), MAME2003-Midway, dan px68k (Portable SHARP X68000).

RetroArch 1.6.9 memiliki paralel-N64 (Nintendo 64) dengan Angrylion multi-threaded, dengan tab baru “Favorites ROMs”, pemindaian untuk CD Gamecube, engine permainan baru yang disebut ChaiLove, serta pembaruan database game, metadata, shaders, core, konfigurasi otomatis joypad, animasi latar belakang, kumpulan ikon, serta terjemahan. Ada juga mode Kiosk baru yang mencegah pengguna dari mengakses pengaturan.

Anda bisa mendownload Lakka 2.1 langsung dari website resminya di http://www.lakka.tv/disclaimer/.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.