30 Daftar Aplikasi Terbaik Di Sistem Operasi Linux

Antusias Teknologi – 30 Daftar Aplikasi Terbaik Di Sistem Operasi Linux – Setiap pengguna Linux memiliki aplikasi favorit, pilihannya bergantung pada preferensi dari penggunaan, kebiasaan, dan distribusi Linux yang dipakai, karena tidak semua distribusi Linux memiliki aplikasi yang sama dari bawaan.

Android Smartphone

Mencoba dan menemukan aplikasi baru merupakan salah satu poin yang paling menarik saat anda menjadi pengguna Linux, hampir semua aplikasi di sistem operasi ini bisa digunakan secara gratis. Hal lainnya yang tidak kalah menarik adalah anda akan mendapatkan rekomendasi aplikasi dari pengguna Linux lainnya. Sehingga anda dapat mengumpulkan cukup ilmu dan informasi serta pengalaman untuk membuat daftar tersendiri mengenai aplikasi Linux terbaik.

Beberapa fitur seperti aplikasi yang paling populer bisa anda gunakan, dan beberapa orang lebih cenderung tertarik untuk mencoba aplikasi baru. Daftar aplikasi ini tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang kualitas dari suatu aplikasi Linux dengan tetap memberikan tambahan informasi terbaru dalam dunia Linux.

Apa saja 30 daftar aplikasi terbaik di sistem operasi di Linux, berikut adalah ulasannya:

Aplikasi Pengembangan Dan Pembuatan Website

1. Eclipse

Eclipse

Eclipse merupakan sebuah pengembangan aplikasi terintegrasi yang populer (IDE) yang bekerja pada sistem operasi Mac OS X dan Windows yang dibangun dari bahasa Java. Aplikasi ini bergantung pada plugin untuk menyediakan dukungan pada banyak bahasa pemrograman seperti Python, C ++, Ruby, Scala dan Clojure. Plugin ini membantu bagi para programmer untuk menyesuaikan Eclipse sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pada proyek yang sedang dikerjakan.

2. LightTable

LightTable

LightTable adalah aplikasi kode editor dengan lebih dari 100 plugin yang tersedia. Mendukung beberapa bahasa pemrograman dan scripting, serta fitur yang membedakannya dari aplikasi lain. Fitur umpan balik instan membantu anda untuk mengevaluasi kode saat sedang bekerja mengetik kode, sehingga lebih mudah dalam menganalisa kesalahan dan menemukan fungsi kode baru.

3. Code::Blocks

CodeBlocks

Code::Blocks merupakan aplikasi pemrograman untuk bahasa C, C++ dan Fortran. Lintas platform dan mendukung sejumlah compiler yang berbeda dan penyelesaian kode secara otomatis. Di antara fitur lainnya, Code::Blocks menawarkan sebuah tampilan antarmuka berbentuk tab, hex editor dan modul desain GUI yang bisa membantu anda dalam membuat antarmuka aplikasi.

4. Brackets

Brackets

Brackets adalah editor teks minimalis dan ringan yang digunakan untuk pembuatan skrip HTML dan CSS. Mendukung semua fitur yang dimiliki oleh teks editor modern saat ini seperti indentasi otomatis, tema dan plugin yang tidak terhitung jumlahnya. Fitur lainnya yaitu mode tampilan pratayang langsung untuk pengembangan web, anda bisa melihat perubahan pada website yang dibuat secara langsung melalui browser.

5. Aptana Studio

Aptana Studio

Aptana Studio dibuat berdasarkan dari Eclipse, namun difokuskan pada pengembangan aplikasi web. Dengan beberapa tambahan plugin, anda bisa membuat aplikasi Adobe AIR dan iPhone dengan Aptana. Memiliki fungsi kode, serta telah terintegrasi dengan Git untuk versi kontrol yang lebih baik.

Aplikasi Untuk Berkomunikasi

6. Pidgin

Pidgin

Pidgin merupakan instant messenger favorit bagi kebanyakan pengguna Linux. Dengan dukungan chatting populer seperti Gtalk, IRC, Yahoo, ICQ, XMPP, dan lainnya seperti Facebook juga tersedia melalui plugin resmi dan pihak ketiga. Memiliki banyak fitur seperti emoticon khusus, status pesan Now Playing, beberapa tipe notifikasi, dan pengelompokan dan penyaringan daftar teman.

7. Telegram

Telegram

Telegram merupakan aplikasi yang relatif baru pada kategori berkirim pesan instan, memiliki keuntungan dari Pidgin yang mendukung hampir semua platform seperti MAC OS X dan iOS, Android, Linux, Windows dan Windows Phones. Berfokus pada privasi dan keamanan, mengenkripsi semua pesan yang dikirim dan memungkinkan pengguna untuk menghapus secara otomatis pesan yang telah dikirim jika menginginkan-nya. Semua pesan chat disimpan melalui sinkroniasi antar perangkat, dan anda dapat menggunakan Telegram untuk mengirim file ke grup sampai 200 teman.

8. Claws Mail

Claws Mail

Claws adalah aplikasi email yang sempurna bagi pengguna yang sedang mencari kesederhanaan dan stabilitas. Dengan antarmuka yang rapi dan memiliki banyak fitur seperti dukungan untuk banyak akun, penyaringan email, folder dan label, percakapan, penjadwalan email, buku alamat, dan fitur anti-phishing. Claws merupakan alternatif dari Thunderbird yang banyak digunakan saat ini oleh pengguna Linux.

9. Choqok

Choqok

Tidak banyak aplikasi twitter klien untuk Linux, atau setidaknya tidak banyak yang bekerja dan memiliki banyak fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Aplikasi Choqok adalah salah satunya, mudah digunakan sebagai klien twitter dengan dukungan untuk beberapa akun, pemberitahuan, preview gambar dan video, penyingkat URL, dan filter untuk menyembunyikan cuitan/tweets dari timeline.

10. Jitsi

Jitsi

Jitsi merupakan salah satu bukti bahwa ada alternatif Skype untuk Linux. Aplikasi video call dengan mendukung Google Talk, Facebook chat, Yahoo, ICQ dan XMPP. Anda dapat menggunakan Jitsi untuk panggilan audio dan video, panggilan konferensi, desktop streaming dan grup chatting. Mendukung enkripsi percakapan, file transfer, panggilan rekaman, pemberitahuan dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi Untuk Internet

11. Firefox

Firefox

Firefox merupakan browser bawaan pada banyak distribusi Linux, dan ada ratusan ekstensi yang memungkinkan anda untuk mengubah penampilan dan fungsinya. Firefox adalah browser untuk semua jenis pengguna karena kemudahannya untuk dipersonalisasi. Meningkatnya jumlah pengguna-nya di seluruh dunia dalam setiap tahun akan meyakinkan anda agar mencoba browser populer ini.

12. SpiderOak

SpiderOak

Melakukan backup secara berkala sangatlah penting, namun kebanyakan orang sering menundanya dan menganggap sebagai suatu kerumitan. SpiderOak adalah cara yang aman untuk mengotomatisasi backup secara online. Akun gratis menyediakan penyimpanan awan sebesar 2 GB, dan anda dapat menginstall klien pada komputer serta perangkat mobile, dan semuanya akan selalu disinkronisasi.

Anda dapat membuat backup folder tertentu yang telah di pilih, menentukan jadwal backup, dan memberikan kata sandi pada file yang anda inginkan untuk berbagi dengan orang lain.

13. qBitTorrent

qBitTorrent

qBitTorrent bisa digunakan sebagai aplikasi alternatif Linux selain utorrent. Aplikasi ringan dengan tampilan antarmuka simple, memiliki semua fitur yang anda butuhkan seperti pencarian yang terintegrasi, dukungan untuk pertukaran DHT dan peer, enkripsi dan port forwarding untuk penjadwalan bandwidth, IP filtering dan antrian download.

14. TeamViewer

TeamViewer

TeamViewer bukan hanya aplikasi sumber terbuka melainkan aplikasi populer dalam kategori remote desktop lintas sistem operasi, masuk dalam daftar ini karena memiliki versi untuk Linux dan banyak pengguna baru Linux yang bergantung pada aplikasi teamviewer saat mereka sedang mengalami masalah dengan sistem operasi Linux.

TeamViewer merupakan aplikasi untuk mengontrol desktop secara jarak jauh yang memungkinkan pengguna lainnya mengakses dan mengelola sistem Linux Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk meeting secara online dan transfer file antar komputer.

15. uget

uget

Terkadang anda tidak bisa men-download semuanya hanya dari torrent, dan mungkin anda tidak menginginkan browser terbuka setiap saat. Maka anda membutuhkan aplikasi download manager, dan uget adalah aplikasi pilihan yang bisa anda coba di Linux, Android dan Windows. Dengan uget, anda bisa membuat antrian, jadwal dan kategori download, dan yang paling penting yaitu fitur untuk melanjutkan download file. Uget masih memiliki banyak fitur-fitur lainnya, ringan dan mudah digunakan.

Aplikasi Untuk Keamanan

16. Tor

Tor

Kita mungkin tidak peduli dengan berpikir tidak ada yang perlu disembunyikan, akan tetapi kenyataannya adalah bahwa privasi dan keamanan adalah hal yang sangat penting, dan menyembunyikan data-data pribadi tersebut saat berselancar di dunia maya adalah suatu yang wajib kita lakukan.

Tor membantu anda dalam tugas itu dengan memberikan browser yang memblokir pelacak dan mengaktifkan anonimitas saat berselancar di internet. Anda bisa melihat fungsi dan fitur lainnya melalui halaman resminya.

17. KeePass

KeePass

Kata Sandi anda perlu disimpan dengan aman dan sebaiknya dienkripsi, dan KeePass merupakan aplikasi yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini. Aplikasi ini dapat dijalankan sebagai aplikasi portabel, anda juga dapat mengimpor atau mengekspor kata sandi ke dalam beberapa format. KeePass juga dapat membantu anda mengelola kata sandi baru dengan kata sandi secara acak dan tersedia juga integrasi clipboard.

18. Tox

Tox

Walaupun Tox telah terdaftar pada kategori aplikasi untuk berkomunikasi, berfokus pada keamanan dan privasi mendapatkan tempat dalam kategori ini. Dengan Tox anda bisa berkirim pesan terenkripsi dengan teman anda dan membuat panggilan video secara gratis. Memiliki tampilan antarmuka yang elegan dan menarik yang cocok digunakan dalam lingkungan desktop jenis apapun.

19. Privoxy

Privoxy

Privoxy merupakan web filter yang dapat anda gunakan untuk memblok iklan, menghindari kode pelacak dari suatu website yang dapat mengakses komputer anda. Dibutuhkan beberapa langkah untuk mengkonfigurasi, aplikasi ini sangat diperlukan apabila anda peduli tentang masalah privasi.

20. Gufw

Gufw

Gufw merupakan aplikasi firewall yang sederhana dan sangat user friendly yang ada di Linux, dapat dikonfigurasi dengan mudah hanya dengan beberapa klik mouse. Memberikan perlindungan dasar, dan mendukung penyaringan aplikasi dan pengaturan khusus/rule. Anda juga dapat menggunakannya untuk melacak lalu lintas internet dan aktifitas tidak terlihat yang terjadi saat anda sedang menjelajahi halaman website.

Aplikasi Manipulasi Gambar

21. Krita

Krita

Krita merupakan aplikasi Linux yang ditujukan untuk seniman digital dan ilustrator. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menyesuaikan penampilannya sesuai dengan alur kerja, dan memiliki mode lukisan khusus yang menghilangkan semua gangguan dan fokus pada pembuatan karya seni digital. Anda dapat menggunakannya untuk membuat pola atau tekstur, memodifikasi dan impor kuas/brush, menerapkan filter dan efek, serta mengelola lapisan/layer.

22. Pinta

Pinta

Pinta terinspirasi oleh aplikasi Paint.NET dan menawarkan semua fitur mendasar dalam editing gambar. Aplikasi ini bisa dibilang versi lanjutan dari Microsoft Paint namun cukup sederhana dan mudah untuk digunakan, serta memiliki banyak fitur. Anda dapat menggunakan Pinta untuk menggambar berbagai bentuk objek, retouch foto dengan efek dan filter, serta mengelola layer foto.

23. Gimp

Gimp

Anda mungkin telah mengenal aplikasi yang satu ini, Gimp merupakan aplikasi editing gambar untuk Linux dan alternatif terbaik pengganti Photoshop. Apabila anda belum puas dengan apa yang di tawarkan oleh Gimp secara default, ada banyak plugin yang bisa menambahkan fungsi dan efek baru ke dalam aplikasi ini.

24. Darktable

Darktable

Darktable biasa digunakan oleh fotografer profesional, karena aplikasi ini telah mendukung editing file gambar mentah berformat RAW, yang merupakan salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini. Anda dapat menggunakannya untuk mentweak detail foto. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik dari darktable adalah banyaknya dokumentasi dan tutorial yang tersedia di website resminya dalam bentuk file dokumen PDF.

25. PhotoQt

PhotoQt

PhotoQt adalah aplikasi penampil gambar dan ringan untuk Linux yang menyembunyikan banyaknya fitur. Anda dapat melihat pratinjau gambar sebagai tampilan slide, mengatur wallpaper langsung dari PhotoQt, serta mengubah dan menghapus gambar, memutar dan memperbesar gambar, dan membuat shortcut keyboard untuk menjelajahi file gambar.

Aplikasi Untuk Hiburan

26. Atraci

Atraci

Atraci merupakan aplikasi lintas sistem operasi yang memungkinkan anda untuk mencari dan streaming musik langsung dari YouTube. Anda dapat mengatur musik favorit pada playlist, melihat video dalam layar penuh, dan menelusuri musik populer saat ini di YouTube langsung dari Atraci.

27. Miro

Miro

Miro yang sebelumnya disebut Democracy Player merupakan aplikasi multimedia yang fleksibel yang memungkinkan anda untuk memutar format file audio dan video, serta streaming musik online, menonton Internet TV dan mendownload video.

Aplikasi ini juga dapat mengkonversi beberapa format video, memiliki dukungan untuk torrent dan memudahkan anda dalam menjadwalkan video dan download. Pada dasarnya, Miro adalah aplikasi multimedia yang mirip dengan Kodi dan aplikasi hiburan lainnya.

28. Tomahawk

Tomahawk

Tomahawk adalah aplikasi inovatif Linux yang menggabungkan fitur musik dan media sosial. Dengan aplikasi ini anda bisa streaming musik dari berbagai layanan online seperti Last.fm, Soundcloud, Grooveshark, Jamendo, Deezer, Google Play, dan masih banyak lagi lainnya. Anda dapat menghubungkan akun sosial media dan mendapatkan statistik yang rinci dari musik yang telah diputar.

Dengan Tomahawk, sangat mudah untuk berbagi musik dan playlist dengan teman-teman anda dan mendapatkan rekomendasi musik yang telah disesuaikan dengan selera anda.

29. Clementine

Clementine

Clementine merupakan pemutar musik yang terinspirasi dari Amarok dan sangat mudah untuk digunakan. Memiliki banyak fitur dengan tampilan antarmuka seperti playlist, lirik, dan mengambil informasi artis dari sumber online yang tersedia, dukungan pencarian dan streaming untuk internet radio dan layanan seperti Spotify dan Grooveshark, download podcast, remote kontrol dari perangkat Android serta dukungan untuk menyalin musik ke iPod dan pemutar musik USB. Clementine adalah salah satu aplikasi yang anda butuhkan dalam menikmati dan mengelola koleksi musik pada sistem operasi Linux.

30. SMPlayer

SMPlayer

SMPlayer merupakan salah satu aplikasi multimedia yang paling praktis untuk Linux karena telah dilengkapi dengan built-in codec, siap untuk memainkan semua format file multimedia populer langsung dari tampilan antarmuka-nya.

Aplikasi ini juga dapat memutar video YouTube, download subtitle untuk film, dan mengingat pengaturan pada setiap file multimedia yang telah dimainkan. Pengguna lanjutan bisa menggunakan fitur seperti equalizer, filter video, posisi subtitle dan sinkronisasi.

Ada begitu banyak aplikasi Linux yang dapat dimasukkan dalam daftar terbaik diatas, namun tidak semuanya dimuat dalam artikel ini. Apa aplikasi favorit anda di Linux? Mungkin anda memiliki rekomendasi aplikasi lainnya di Linux yang bisa menambah referensi, silahkan tambahkan pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *