5 Aplikasi Download Manager Terbaik Di Android

Antusias Teknologi | 5 Aplikasi Download Manager Terbaik Di Android – Aplikasi download manager bukanlah hal pertama yang terlintas di dalam pikiran anda pada saat mempunyai ponsel pintar Android baru.

Namun, jika Anda adalah seseorang yang suka mengunduh banyak file di internet, anda akan menyadari betapa pentingnya aplikasi tersebut. Kebanyakan dari kita sudah biasa menggunakan aplikasi download manajer di perangkat PC, dan cenderung mengabaikan aplikasi tersebut pada perangkat Android.

5 Aplikasi Download Manager Terbaik Di Android

Tidak adanya aplikasi download manager bisa menyebabkan file gagal pada saat proses download sedang berlangsung, apalagi anda memiliki kecepatan internet yang baik sehingga bisa mengunduh beberapa file secara sekaligus.

Kelebihan dari aplikasi download manager pada Android yaitu aplikasi akan mengambil alih semua proses download, mencegah gagalnya proses download file, serta meningkatkan kecepatan dalam download file.

Untuk memastikan agar download file lengkap tanpa masalah apapun, di bawah ini merupakan daftar 5 aplikasi download manager terbaik yang tersedia di Google Play Store secara gratis yang bisa anda unduh:

5 Aplikasi Download Manager Terbaik Di Android

1. Advanced Download Manager

Advanced Download Manager

Advanced Download Manager merupakan salah satu aplikasi paling populer, berfungsi sebagai download manager yang tersedia di Play Store.

Aplikasi ini mampu men-download sampai tiga file secara bersamaan, meningkatkan kecepatan download menggunakan multi threading dan bisa mendeteksi tautan download secara langsung baik dari browser seperti chrome ataupun clipboard.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur otomatis seperti kemampuannya untuk menghentikan download file pada saat daya baterai ponsel akan habis/lemah.

Secara otomatis melanjutkan download setelah berhenti, dan menyelesaikan beberapa masalah yang mungkin muncul akibat dari koneksi, bisa mematikan modul Wi-Fi dan keluar dari aplikasi setelah selesai mendownload file.

Anda juga dapat memilih untuk men-download file hanya melalui Wi-Fi dan juga bisa mengatur download file secara sekaligus dalam mode antrian.

Advanced Download Manager juga dapat dengan mudah men-download file dengan ukuran yang lebih besar dari 2 gigabyte, ini menjadi nilai lebih mengingat aplikasinya hanya berukuran kecil.

2. Download Manager

Download Manager

Seperti namanya Download Manager, aplikasi ini bertugas melakukan hal-hal yang sederhana dengan berfokus hanya pada kemampuannya dalam mendownload file.

Anda dapat dengan mudah mengunduh file dengan menambahkan tautan pada aplikasi ini, dapat men-download semua jenis file seperti musik, video, foto, dan software, bahkan dengan ukuran lebih dari 2 gigabyte.

Download Manager juga secara otomatis mendeteksi tautan yang disalin dari browser.

Walaupun antarmuka aplikasi belum memiliki tampilan yang modern, tetapi pembuat aplikasi telah membuat yakin pengguna aplikasi ini untuk tetap menjaga agar terlihat sederhana.

Download Manager memungkinkan anda untuk mengubah jumlah file yang didownload sampai maksimum 10 beserta ukuran buffer untuk mengoptimalkan download file. Apabila anda hanya menginginkan tampilan download manager yang sederhana, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini.

3. Turbo Download Manager

Turbo Download Manager

Turbo Download Manager adalah aplikasi lainnya yang secara substansial dapat meningkatkan kecepatan download, sementara itu aplikasi ini dapat mengelola download file sekaligus banyak.

Antarmuka aplikasi cukup sederhana dan mudah digunakan serta memungkinkan anda men-download beberapa file sekaligus, mengambil tautan dari browser secara langsung, mengoptimalkan ukuran buffer download, serta pause/resume download.

Pada perangkat Android 5.0 atau lebih tinggi, file dapat disimpan langsung ke kartu memori.

4. Download Manager for Android

Download Manager for Android

Download Manager untuk Android atau Downloader seperti itulah nama dari aplikasi ini, telah didownload lebih dari 10 juta kali pada Play Store, sehingga populer di kalangan para pengguna.

Aplikasi ini mampu men-download file yang berbeda jenis seperti APK, RAR, ZIP, MP3, DOC, dan XLS dengan peningkatan kecepatan sebanyak 3 kali.

Aplikasi ini telah memiliki browser web tersendiri, yang berfungsi seperti web browser lainnya sehingga membuat seluruh proses menjadi lebih sederhana.

Anda dapat mencari file dengan menggunakan browser yang terintegrasi atau masukkan tautan apabila anda telah memilikinya. Download Manager untuk Android juga mendukung download file secara paralel pada saat bersamaan.

Selain fungsinya sebagai download manager, aplikasi ini juga berfungsi sebagai file manajer dan pemutar musik. Jadi, apabila anda ingin sebuah aplikasi yang dapat mengelola file yang telah anda download, dan anda juga dapat membuka file yang telah didownload dalam aplikasi, maka aplikasi ini sesuai untuk anda.

5. Download All Files

Download All Files

Terakhir dalam daftar aplikasi download manager terbaik untuk android adalah Download All Files. Aplikasi ini merupakan salah satu yang paling dapat diandalkan dan berfungsi sebagai download manager yang ada di Play Store.

Aplikasi ini mampu meningkatkan kecepatan download dan anda dapat juga memprioritaskan unduhan file ke dalam antrian.

Memiliki fitur seperti untuk mempause/resume download file, dan memiliki kemampuan untuk melanjutkan download yang dihentikan serta memiliki visualisasi grafik yang menarik pada saat sedang mendownload file.

Penutup

Itulah daftar 5 aplikasi download manager terbaik untuk android, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta kesederhanaan dalam mengelola file download.

Dengan ponsel pintar Android yang terus semakin canggih, kita tentu akan men-download banyak file-file berukuran besar, aplikasi download manajer sudah semestinya memiliki manfaat untuk anda.

Aplikasi download manager memiliki keunggulan serta kemampuan pada saat anda sedang mengunduh file sesuai dengan keinginan, dan aplikasi tersebut juga memiliki fitur seperti jadwal dan antrian untuk fasilitas download.

Anda pasti memiliki banyak keinginan untuk mendownload file-file dari internet baik aplikasi, musik, video, dan dokumen sudah seharusnya memiliki aplikasi download manager.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *