6 Aplikasi Manajemen Partisi Harddisk Terbaik

Antusias Teknologi – 6 Aplikasi Manajemen Partisi Harddisk Terbaik – Mengelola partisi hard disk secara efektif adalah aspek terpenting dari memiliki komputer, seperti memungkinkan untuk memisahkan data tertentu berdasarkan kategori.

Sebagai contohnya adalah anda dapat menyimpan file multimedia baik film atau musik ke dalam satu partisi tersendiri, partisi lainnya untuk pekerjaan, sementara aplikasi dapat diinstal pada partisi sistem yang umumnya berada pada partisi C di Windows.

6 Aplikasi Manajemen Partisi Harddisk Terbaik

Apabila anda termasuk seorang pengguna tingkat lanjutan dan menggunakan lebih dari satu sistem operasi, maka mustahil tanpa membagi hard disk menjadi partisi yang lebih kecil ukurannya.

Dalam masalah ini anda perlu memiliki aplikasi manajemen partisi hard disk baik versi gratis atau berbayar, berikut ini adalah daftar aplikasi manajemen partisi terbaik untuk Windows serta Linux untuk membantu anda dalam mengelola partisi hard disk secara lebih efektif.

6 Aplikasi Manajemen Partisi Harddisk Terbaik

1. EaseUS Partition Master

EaseUS Partition Master

EaseUS merupakan salah satu aplikasi partisi hard disk terbaik yang tersedia saat ini. Aplikasi ini memberikan sejumlah pilihan seperti membuat, memformat, mengubah ukuran, menggabungkan, menyalin, menghapus, mencek/memeriksa serta mengeksplorasi hard disk.

Alasan dari aplikasi ini menjadi nomor satu adalah karena tidak hanya bekerja persis seperti yang telah diiklankan oleh pembuatnya, akan tetapi telah mencakup sejumlah fitur tambahan seperti opsi pemulihan partisi yang dapat memulihkan partisi hilang atau terhapus.

Serta memungkinkan untuk mengkonversi file sistem dari FAT ke NTFS, mengubah tipe partisi dari primary ke logical atau sebaliknya. Bagian terbaiknya adalah fitur tersebut telah termasuk dalam versi gratis.

EaseUS Partition Master memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan bagi siapa saja dan telah menjadi rekomendasi aplikasi untuk melakukan partisi hard disk.

Versi gratis menawarkan beberapa fitur dasar, anda perlu untuk mengupgrade-nya ke versi Pro apabila ingin melakukan migrasi sistem operasi ke harddisk yang baru. Aplikasi ini tersedia hanya untuk Windows, dan telah kompatibel dengan setiap versi mulai dari Windows XP sampai Windows 10.

Harga: gratis, versi berbayar 39.95 dolar.
Platform: Windows

2. AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant tersedia untuk didownload secara gratis tanpa adanya batasan, berarti anda dapat menggunakannya untuk penggunaan pribadi maupun komersial.

Menawarkan berbagai fitur dan pilihan untuk para penggunanya, termasuk mengubah ukuran, menggabung, membuat, memformat, membagi, menyalin dan memulihkan partisi.

Anda juga dapat mengkonversi file sistem dari FAT ke NTFS atau sebaliknya tanpa kehilangan data pada volume partisi. Aplikasi ini juga memungkinkan membangun kembali Master Boot Record dari awal.

Seperti yang diharapkan pada sebagian besar aplikasi yang disebut Freemium (aplikasi gratis berfitur premium), ada beberapa fitur penting dari AOMEI Partition Assistant yang tersembunyi.

Diantaranya adalah fitur untuk migrasi sistem operasi ke hard disk atau SSD yang berbeda, serta mengkonversi partisi antara primary dan logical.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat bootable Windows atau flash disk yang disebut dengan Windows PE Builder, sehingga memungkinkan anda untuk mengatur partisi bahkan tanpa sistem operasi harus diinstal terlebih dulu.

Harga: gratis, versi berbayar 49.95 dolar
Platform: Windows

3. MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard adalah aplikasi manajemen partisi lainnya yang tersedia secara gratis namun terbatas dalam hal fitur.

Seperti yang anda harapkan dari sebagian besar aplikasi manajemen partisi, versi gratis dari MiniTool dapat membuat, mengubah ukuran, memindahkan, menghapus, memformat, menyembunyikan, membagi, menggabungkan, menyalin, menggandakan dan bahkan memulihkan partisi yang telah dihapus.

Fitur lainnya adalah aplikasi ini juga memungkinkan untuk membangun kembali tabel MBR dan mengkonversi file sistem dari FAT ke NTFS atau sebaliknya.

MiniTool merupakan salah satu aplikasi tercepat dalam kategori partisi hard disk, dan mendukung drive RAID, drive USB eksternal dan FireWire. Aplikasi ini juga telah kompatibel dengan file sistem Linux ext2/ext3.

Juga tersedia fitur “mode perlindungan data lanjutan” yang dapat anda aktifkan pada saat memodifikasi partisi hard disk untuk melindungi data partisi saat terjadi kegagalan daya selama dijalankan.

Seperti EaseUS, MiniTool juga menawarkan fitur migrasi sistem operasi, akan tetapi hanya dalam versi Pro yang berharga sekitar 39 dolar.

Harga: gratis, versi berbayar 39.00 dolar
Platform: Windows

4. Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager

Sama seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Paragon Partition Manager juga memungkinkan anda untuk membuat, memformat, mengubah ukuran, menghapus, menyembunyikan, dan menyalin partisi. Fitur lainnya yaitu mengkonversi tipe partisi dari MBR ke GPT atau sebaliknya.

Versi gratis dari Paragon Partition Master menawarkan fitur yang lengkap, anda mungkin perlu membeli versi Pro apabila menginginkan adanya fitur tambahan seperti menggabungkan partisi, mengkonversi file sistem NTFS ke FAT32, mengubah ukuran cluster dan mengkonversi partisi dari dinamis ke basic.

Paragon Partition Master telah mendukung konfigurasi GPT/UEFI, dan file sistem Apple HFS+. Versi gratis tidak memiliki banyak fitur, walaupun melakukan tugas yang akan dilakukan tetap cepat dan efektif.

Akan tetapi apabila anda bersedia membayar untuk versi premium, anda akan kehilangan beberapa fitur yang tidak akan didapatkan dalam aplikasi gratis lainnya.

Harga: gratis, versi berbayar 39.95 dolar
Platform: Windows

5. GParted

GParted

GParted merupakan aplikasi partisi hard disk open source (FOSS) untuk sistem berbasis Linux, akan tetapi juga dapat digunakan di Mac atau Windows dengan boot dari GParted Live.

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan anda untuk membuat, mengubah ukuran, menghapus, memindahkan dan menyalin partisi pada hard disk, tetapi juga untuk membuat tabel partisi serta mengaktifkan atau menonaktifkan partisi.

Seperti kebanyakan aplikasi lainnya di Linux, GParted mendukung file sistem ext2, ext3 dan ext4, NTFS, FAT16, FAT32 dan file sistem lainnya. Anda tidak perlu merasa khawatir apabila menggunakan aplikasi yang dimaksudkan untuk sistem berbasis Linux untuk mengelola partisi NTFS.

GParted bekerja sangat baik dengan NTFS karena driver file sistem Linux NTFS-3G yang memungkinkan aplikasi seperti GParted untuk bekerja dengan tipe partisi Windows tanpa harus kehilangan data. GParted termasuk ke dalam aplikasi FOSS sehingga sepenuhnya bebas untuk digunakan.

Harga: gratis
Platform: Linux

6. Macrorit Disk Partition Expert

Macrorit Disk Partition Expert

Macrorit Disk partisi Expert adalah aplikasi termudah untuk digunakan saat dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang berada pada daftar. Aplikasi menawarkan fitur-fitur yang diharapkan dari suatu manajemen partisi hard disk dengan dilengkapi dengan beberapa fitur yang unik.

Fitur pertama yaitu tersedia versi portabel, sehingga anda dapat menggunakannya tanpa perlu menginstalnya pada PC. Kedua, aplikasi akan mengijinkan anda untuk melakukan perubahan tugas pada hard disk secara virtual sampai anda menjalankannya.

Anda harus mengklik menu ‘Commit’ untuk melaksanakan tugas pada hard disk yang telah anda kerjakan sebelumnya.

Seperti MiniTool Partition Wizard, Macrorit juga memiliki perlindungan data dan pemulihan, fungsinya adalah untuk mencegah hilangnya data saat pemadaman listrik selama melakukan pengubahan partisi, menggabung, menghapus atau tugas lainnya.

Macrorit tidak memiliki beberapa fitur penting yang dapat ditemukan pada aplikasi yang disebutkan pada daftar. Salah satu fitur paling penting yang hilang dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk melakukan migrasi sistem operasi.

Meskipun anda tidak mencari fitur tersebut pada versi gratis (karena tidak ada aplikasi lain yang menawarkannya dalam versi gratis). Apabila anda ingin fitur lengkap dan bersedia untuk membelinya, ada aplikasi lainnya yang lebih kaya fitur yang tersedia.

Harga: gratis, versi berbayar 29.99 dolar
Platform: Windows

Windows Disk Management

Windows Disk Management

Kebanyakan orang yang tidak menyadari hal ini, di Windows sendiri sudah tersedia aplikasi manajemen hard disk yang disebut Disk Management.

Tool yang dapat diakses dengan menggunakan perintah diskmgmt.msc atau dengan mencari Disk Management melalui Start Menu, dengan fungsinya untuk memberikan beberapa pilihan untuk mengelola hard disk.

Anda dapat menginisialisasi disk, menciptakan volume, menetapkan huruf drive dan memformat drive dengan bantuan tool ini. Juga telah mendukung file sistem bertipe FAT dan NTFS, serta dapat memperpanjang, mengubah, menggabungkan atau bahkan menghapus partisi.

Microsoft pertama kali memperkenalkan tool Manajemen Hard Disk pada Windows 2000, dan dapat ditemukan dalam semua edisi Windows berikutnya sampai dengan Windows 10.

Pada versi awal rilis dari tool ini memiliki fitur yang sangat terbatas, dan Microsoft telah menambahkan beberapa fitur baru pada Windows Disk Management selama beberapa tahun terakhir, sekarang tool Manajemen Disk mampu untuk mengangani tugas-tugas dasar pada hard disk.

Walaupun masih terdapat banyak kekurangan fitur penting, tidak seperti aplikasi ketiga yang telah dilengkapi banyak fitur, akan tetapi apabila anda sedang mencari tool manajemen partisi yang benar-benar mendasar, maka Windows Disk Management bisa memenuhi kebutuhan anda.

Harga: gratis
Platform: Windows

Aplikasi Partisi Terbaik Untuk Komputer Anda

Seperti yang telah anda lihat dari daftar di atas, ada sejumlah aplikasi untuk mengelola partisi hard disk, dan kebanyakan dari aplikasi tersebut menawarkan fitur yang mirip. Versi berbayar hadir dengan tambahan fitur yang tidak terdapat pada versi gratis, dan versi gratis juga memiliki banyak fitur.

Jadi, apakah anda menggunakan salah satu aplikasi diatas untuk mengelola partisi HDD atau SSD, atau anda ingin menyarankan aplikasi lainnya yang menawarkan lebih banyak fitur pada versi gratis. Silahkan berbagi melalui kolom komentar.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.