7 Alternatif Aplikasi Excel Yang Bisa Digunakan Secara Gratis

Aplikasi Spreadhseet

Excel adalah salah satu aplikasi untuk membuat spreadsheet atau lembar kerja. Merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office populer, namun sebagian pengguna lebih memilih mencari alternatif Excel khususnya bagi perusahaan atau perkantoran besar.

Walaupun aplikasi ini telah direkomendasikan bagi sebagian besar penggunanya, penggunaannya bergantung dari paket berlangganan tahunan atau pembelian aplikasi yang harganya tidaklah murah.

Aplikasi Spreadhseet

Bagi pengguna yang mencari alternatif dengan fungsi serupa secara gratis maka dapat memilih aplikasi lainnya seperti Google Spreadsheet, Zoho Sheet atau FreeOffice PlanMaker.

Alternatif Aplikasi Excel Gratis

1. Google Spreadsheet

Google Spreadsheets

Google Spreadsheet bekerja secara online, dan yang Anda butuhkan adalah akses akun Google. Semua dokumen yang dibuat akan disimpan pada penyimpanan awan di server Google.

Mereka yang memilih aplikasi ini sebagai alternatif Excel dapat mengakses, membuat, atau bahkan mengedit spreadsheet melalui ponsel pintar, tablet, atau komputer bahkan saat tidak tersambung ke internet.

Aplikasi online ini juga memungkinkan lebih dari satu pengguna untuk mengerjakan lebih dari satu spreadsheet secara bersamaan. Selain itu, Google Spreadsheet telah kompatibel dengan Excel dan menawarkan add-on/pengaya untuk membuat pekerjaan lebih personal dan produktif.

2. Zoho Sheet / https://www.zoho.com/sheet/

Zoho Sheet

Sama seperti Google spreadsheet, Zoho Sheet berjalan secara online dan menyimpan semua spreadsheet yang dibuat pada penyimpanan awan, sehingga Anda dapat mengakses data tersebut kapanpun yang diinginkan. Fitur lainnya yaitu kolaborasi antar pengguna.

Tool ini juga telah kompatibel dengan file Excel dan format lain seperti .ods, .csv dan .tsv, dan memberikan fitur untuk mengunduh spreadsheet sebagai file .pdf dan .html atau untuk keperluan pencetakan.

3. FreeOffice PlanMaker / https://www.freeoffice.com/en/freeoffice-planmaker

FreeOffice PlanMaker

Dengan FreeOffice PlanMaker Anda dapat membuat lembar kerja dokumen spreadsheet dari sederhana sampai tingkat lanjut. Fitur desainnya seperti pengguna dapat menyisipkan gambar, clipart, bingkai/frame teks, atau grafik dalam 2D dan 3D ke dalam suatu tabel.

Selain menawarkan lebih dari 430 fungsi perhitungan matematis, aplikasi ini dapat menyimpan file Excel XLS dan XLSX, serta dapat mengekspor ke format PDF atau mencetaknya ke printer. FreeOffice PlanMaker telah tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux.

4. Hancom Office / https://office.hancom.com/

Hancom Office

Sebelumnya dikenal dengan nama ThinkFree sekarang bernama Hancom menawarkan paket aplikasi kantor, seperti White, Calc, dan Show. Bagi Anda yang ingin membuat spreadsheet, Calc merupakan aplikasi yang paling cocok karena sangat mirip fungsinya dengan Excel.

Aplikasi ini dapat dijalankan melalui ponsel pintar dan pengguna lainnya juga dapat berpartisipasi secara bersamaan.

5. BIRT / http://www.eclipse.org/birt/

BIRT

Dengan BIRT, Anda dapat membuat laporan untuk melihat data dan melakukan penghitungan seperti penjumlahan dan persentase. Aplikasi ini menawarkan kemampuan untuk membuat spreadsheet, grafik data otomatis, tabel pivot, dokumen, dan laporan.

Unduhan dapat dilakukan melalui website resminya, dan versi yang tersedia hanya dalam bahasa Inggris.

6. LibreOffice Calc / https://www.libreoffice.org/discover/calc/

LibreOffice Calc

Tool Calc LibreOffice berfungsi untuk melakukan analisis data, laporan, tabel, dan perhitungan. Meskipun aplikasi ini menyimpan lembar kerja dalam formatnya tersendiri yaitu format OpenDocument (.ods), aplikasi ini bisa membuka tabel Excel dan juga menyimpan dokumen dalam format yang kompatibel dengan Office.

Selain itu, lembar kerja yang dibuat bisa diintegrasikan dengan seseorang dan data baru hanya dengan beberapa klik saja. Fitur kolaborasi ini tentunya untuk menghindari konflik dalam pengeditan.

7. Numbers / https://www.apple.com/numbers/

Numbers

Numbers merupakan pilihan gratis untuk membuat spreadsheet bagi pengguna Apple. Fungsinya untuk analisis dan pelaporan data sangat mirip dengan Excel.

Poin menarik lainnya adalah dapat menyimpan lembar kerja pada Numbers sebagai file Excel untuk bekerja dengan pengguna lainnya yang juga memiliki aplikasi ini.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.