7 Cara Perbaiki Steam Yang Tidak Bisa Dijalankan

Steam Logo

Steam merupakan salah satu platform game dan komunitas paling populer dan terbesar di dunia. Reputasi dari Steam sudah dikenal luas oleh para gamer di seluruh dunia selama bertahun-tahun karena penjualan game dalam bentuk digital-nya yang sangat banyak.

Kelebihan dari Steam yaitu terdapat adanya Achievement atau pencapaian yang akan didapatkan para gamer pada sebagian besar game yang ada di Steam, serta sistem pertemanan atau chat sangat mudah digunakan, serta komunitas dan dokumentasi game yang besar.

Steam Logo

Steam di install oleh sebagian besar gamer PC, namun dimana saat Steam tidak bisa dijalankan dan terdapat masalah, tentunya hal tersebut akan berdampak pada pengalaman gamer pada saat akan bermain suatu game.

Apabila Steam tidak bisa terbuka dan dijalankan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai dari yang termudah sampai paling sulit.

Cara Perbaiki Aplikasi Steam

Periksa Apakah Steam Sedang Mengalami Gangguan

Website Is Steam Down

Cara pertama yang harus Anda coba sebelum mencoba perbaikan lainnya adalah dengan mencari tau apakah server Steam saat ini sedang tidak bisa diakses.

Apabila layanannya sedang gangguan, tidak ada cara lainnya yang akan berhasil sehingga Anda harus menunggu sampai normal kembali. Anda dapat membuka website Is Steam Down untuk memantau perkembangan server-nya secara real time.

Website tersebut juga menyarankan platform game lainnya sebagai alternatif hiburan apabila Steam masih belum bisa diakses.

Anda juga dapat mencoba website Down Detector, yang tidak hanya akan menunjukkan layanan mereka dapat mengakses server Steam akan tetapi juga dapat memperlihatkan pengguna Steam lainnya mengalami hal yang sama.

Website Down Detector

Jalankan Steam Dengan Mode Administrator

Steam Dengan Mode Administrator

Saat Anda menjalankan aplikasi sebagai administrator, Anda akan memberi tau sistem bahwa aplikasi tersebut telah aman dan harus segera dijalankan terlepas dari pelanggaran keamanan seperti telah disusupi oleh malware atau virus.

Apabila terdapat aplikasi pada latar belakang atau firewall yang memblokir aplikasi saat dijalankan, menjalankannya sebagai administrator akan tetap mengijinkan aplikasi tersebut tetap bisa dibuka.

Pilih ikon Steam pada menu Start dan klik kanan, kemudian pilih Run as administrator atau Jalankan sebagai administrator. Cara tersebut akan mencegah aplikasi apapun yang akan mencoba memblokir Steam saat dijalankan.

Cara ini merupakan salah satu cara sederhana dan tidak selalu berhasil, namun merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba.

Jalankan Pembaruan Windows

Pembaruan Windows

Steam akan melakukan berbagai pemeriksaan keamanan untuk memastikan agar tidak ada malware atau virus yang berjalan. Steam klien desktop menggunakan versi bawaan dari browser Chromium, dan terkadang ditemukan kesalahan saat berjalan pada versi terbaru dari Windows.

Pastikan agar sistem operasi Windows Anda sudah menggunakan versi terbaru, install pembaruan jika telah tersedia. Cara ini tidak menjamin Steam bisa langsung dijalankan apabila terdapat kesalahan atau error, namun cara ini merupakan salah satu solusi dari masalah yang sering terjadi.

Mengakhiri Proses Aplikasi Steam Lewat Task Manager

Suatu waktu service atau layanan yang ada pada Windows bisa saja mengalami error. Pada situasi seperti ini, pastikan tidak ada tugas duplikat atau sama yang berjalan di Pengelola Tugas/Task Manager. Di Steam, ada dua proses yang harus dilihat.

Proses layanan pertama bernama Steam Client Boostrapper, merupakan proses asli dari Steam itu sendiri. Mengakhiri proses ini akan mematikan aplikasi Steam.

Proses lainnya yaitu Steam Client Webhelper, merupakan proses latar belakang yang terkadang bisa menyebabkan masalah saat pengguna mencoba menjalankan Steam.

Matikan kedua proses ini dan yang terkait yaitu proses apa pun terkait dengan Steam di latar belakang sebelum mencoba menjalankan Steam kembali.

Bersihkan Cache Aplikasi Steam

Cache Aplikasi Steam

Komputer Anda menyimpan aplikasi yang sering digunakan pada cache yang memungkinkan aplikasi tersebut untuk dijalankan/booting dengan lebih cepat saat kembali menggunakannya.

Cache ini biasanya bekerja secara normal tanpa adanya masalah berarti, namun ada kalanya cache menyimpan data yang salah dan menyebabkan error. Apabila cache Steam error, Steam mungkin tidak bisa dijalankan.

Buka File Explorer dan navigasi ke Local Disk (C:) \ Program Files (x86) \ Steam \ appcache. Copy seluruh folder appcache dan paste di folder lainnya apabila Anda membutuhkannya sebagai backup.

Setelah Anda melakukannya, hapus folder appcache dan jalankan kembali Steam. Folder kosong baru secara otomatis dibuat, dan mudah-mudahan dengan cara ini Steam kembali berfungsi secara normal.

Hapus Dan Install Kembali Steam

Hapus Aplikasi Steam

Apabila cara-cara diatas masih belum berhasil, hapus Steam dari PC atau Laptop Anda. Caranya yaitu buka pengaturan uninstall aplikasi di Settings \ Apps \ Apps and features sampai Anda menemukan aplikasi Steam. Klik ikon Steam dan klik tombol Uninstall untuk menghapus Steam dari PC atau laptop Anda.

Selanjutnya, bukalah website Steam di https://store.steampowered.com/. Pada bagian atas layar monitor Anda, klik ikon Install Steam.

Unduhlah Steam versi terbaru, install ulang, dan kemudian coba jalankan kembali. Cara ini akan menghapus semua data game ataupun pengaturan Steam yang disimpan dari komputer Anda.

Perlu diingat bahwa menghapus instalasi Steam juga akan menghapus semua data game Anda dan data penyimpanan yang tidak dicadangkan ke penyimpanan awan, lakukan backup data game sebelum Anda menghapus Steam dan memasangnya kembali.

Jalankan Sistem Restore

Sistem Restore Windows

Apabila semua cara masih gagal dan Steam masih belum bisa dijalankan, Anda dapat mencoba Pemulihan Sistem atau Sistem Restore ke poin sebelumnya dimana Steam masih bisa dijalankan.

Anda dapat melakukan Pemulihan Sistem untuk kembali ke versi sistem sebelumnya.

Ada dua cara utama untuk mengaksesnya. Pertama, bukalah Control Panel \ System and Security. Anda akan melihat dua menu yaitu Security and Maintenance. Di bawah keduanya adalah pilihan menu yang disebut Recovery.

Pilih Recovery kemudian System Restore, jendela System Restore Wizard akan terbuka. Ikuti petunjuk di layar untuk melanjutkan.

Selanjutnya pilih Next, Anda dapat memilih dari Restore Points yang telah dibuat sebelum melakukan pembaruan sistem. Anda juga dapat membuat Restore Point atau poin pemulihan secara manual.

Steam sudah ada sejak lama, dan selama ini ada berbagai bug yang dapat menyebabkan Steam tidak dapat terbuka.

Meskipun sebagian besar masalahnya dapat diselesaikan secara cepat, namun ada beberapa masalah yang membutuhkan sedikit waktu untuk memperbaikinya, kabar baiknya adalah cara-cara diatas sangat akan membantu Anda menyelesaikan hampir semua masalah yang ditemui di Steam.

Kini Anda telah mengetahui beberapa cara memperbaiki masalah yang ada di Steam, sehinnga Anda bisa kembali menjalankan aplikasi Steam, membuka library game Steam, dan menjalankan game favorit Anda.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Sumber foto: Dokumentasi Pribadi.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.