Aplikasi Pembersih Dan Optimizer Terbaik Di Android

Antusias Teknologi – Aplikasi Pembersih Dan Optimizer Terbaik Di Android – Apabila ponsel pintar anda memiliki file sampah atau banyaknya file duplikat, maka ini tentunya akan mempengaruhi kinerja dari smartphone tersebut. Selain itu, smartphone anda akan membutuhkan waktu lama untuk me-restart.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara membersihkan memori dan penyimpanan smartphone serta mengoptimalkan-nya langkah demi langkah dengan daftar aplikasi pilihan terbaik di android.

Aplikasi Pembersih Dan Optimizer Terbaik Di Android

Pada dasarnya memori android bergantung pada seberapa berapa banyak kontak dan pesan SMS yang tersimpan.

Kemudian foto, game, nada dering, dan aplikasi. Namun, setelah penyimpanan android hampir penuh bisa dipastikan akan mulai muncul beberapa masalah pada smartphone seperti layar sering hang, aplikasi menjadi lebih lambat saat akan dijalankan, atau yang paling parah data terhapus.

Sehingga pembersihan secara berkala file sampah, file temporary, file cache sangatlah penting untuk dilakukan. Dan untuk melakukan langkah-langkah tersebut anda membutuhkan aplikasi pembersih dan optimizer di android.

Apabila anda adalah seorang gamer atau suka mengambil foto beresolusi tinggi, maka anda dapat membeli memori penyimpanan yang besar 32 atau 64 GB.

Semakin sering anda menggunakan smartphone untuk beraktifitas sehari-hari, seperti browsing di internet, chatting, video call, dan aktifitas lainnya yang menggunakan memori untuk menyimpan data, sangat dianjurkan agar anda membersihkan file sampah yang ada di smartphone secara teratur.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu anda dalam membersihkan file sampah dari smartphone.

Aplikasi Pembersih Dan Optimizer Terbaik Di Android

1. Aplikasi Pembersih File Sampah Yang Tidak Diinginkan

Membersihkan file sampah/junk/cache bisa dilakukan setiap hari atau setidaknya sekali dalam seminggu. Memori smartphone biasanya diisi oleh cache web browser, jaringan sosial dan game online. Ada dua aplikasi paling populer yang bisa anda coba.

Clean Master

Clean Master

Merupakan aplikasi pembersih dan antivirus terbaik di android agar memori smartphone tetap bersih dari file-file sampah setelah penggunaan sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, ada fitur lain seperti bisa memeriksa suhu CPU dengan cara menutup aplikasi yang mengkonsumsi terlalu banyak penggunaan CPU dan menguras baterai.

Clean Master juga memiliki aplikasi manajer yang dapat melihat aplikasi mana saja yang mengkonsumsi lebih banyak ruang penyimpanan. Selain itu, aplikasi ini akan memberitahu aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi dan bisa menghapusnya tanpa jejak.

Optimasi CPU dan memori dalam mengoptimalkan game dan aplikasi antivirus akan memberikan notifikasi peringatan kepada anda setelah beberapa hari pengunaan smartphone tanpa adanya melakukan pembersihan.

CCleaner

CCleaner

CCleaner tidak perlu dikenalkan lagi karena aplikasi ini sangat populer untuk komputer desktop, kabar baiknya aplikasi ini juga tersedia untuk android. Cara kerja CCleaner sama seperti aplikasi sebelumnya.

Tujuan utamanya adalah untuk menghapus cache browser dan file sampah dan temporary pada memori dan penyimpanan ponsel, fitur lainnya yaitu dapat memantau status sumber daya ponsel seperti CPU dan RAM.

CCleaner mampu mendeteksi aplikasi yang tidak digunakan dan memberikan notifikasi agar smartphone tetap bersih disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut.

2. Restart Smartphone Yang Lebih Cepat

Sama halnya seperti PC, kecepatan dalam me-restart sistem operasi smartphone android memerlukan waktu tertentu bergantung pada sistem operasi, RAM dan jumlah aplikasi yang berjalan pada saat startup.

Apabila kita memiliki banyak aplikasi yang secara otomatis dijalankan saat setelah ponsel dihidupkan, ponsel anda membutuhkan waktu yang lama untuk mulai. Tentu saja kita tidak menginginkan masalah tersebut terjadi bukan.

Startup Manager

Startup Manager

Startup Manager merupakan aplikasi android manager startup terbaik. Aplikasi ini akan mendeteksi semua aplikasi yang dimulai saat menghidupkan ponsel, seperti aplikasi sistem dan pengguna.

Menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan akan memberikan tambahan kecepatan untuk proses startup agar lebih cepat. Tidak diperlukan akses root untuk menjalankan aplikasi Startup Manager.

Bagi anda yang ponsel-nya sudah di root akan mendapatkan lebih banyak kontrol atas aplikasi sistem. Meskipun kita harus tetap berhati-hati saat akan menghapus aplikasi sistem dan proses penting yang harus dimulai pada saat booting sistem.

3. Menghapus Riwayat Pada Smartphone

History Eraser Privacy Clean

History Eraser Privacy Clean

Menghapus riwayat data browser merupakan rutinitas yang harus dilakukan saat anda sering menjelajah dunia maya. Kita bisa saja menggunakan fitur penghapus riwayat data langsung dari browser, namun hanya dapat digunakan pada browser tertentu.

Aplikasi penghapus riwayat data akan membantu kita dalam menghapus semua riwayat pada semua aplikasi internet hanya dengan satu kali klik.

Aplikasi penghapus riwayat dapat menghapus data:

Riwayat Google Maps.
Riwayat Gmail.
File pada clipboard.
Pencarian dan riwayat video yang telah ditonton di YouTube.
Cache dari aplikasi.
Menghapus riwayat panggilan dan panggilan tidak terjawab.
Riwayat unduhan
Pesan SMS.

Anda bisa membersihkan semuanya dengan satu kali tap. Dapat digunakan tanpa harus melakukan root pada ponsel.

4. Kontak Dan File Duplikat Foto

Setelah beberapa waktu digunakan anda akan menemukan pada ponsel banyak dari daftar kontak dengan nama dan foto yang sama, menghapusnya satu persatu adalah tugas yang sulit karena akan memakan banyak waktu.

Aplikasi penghapus duplikat kontak ini bisa membantu anda untuk menyelesaikan masalah file ganda.

Duplicate Contact & Utilities

Duplicate Contact And Utilities

Duplicate Contact & Utilities merupakan aplikasi gratis yang sederhana dan mudah digunakan untuk membuat duplikat pencarian dalam daftar kontak dan menghapus nama dan nomor telepon secara berulang-ulang.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengimpor daftar kontak ponsel dengan ekstensi Excel CSV, atau mengekspor daftar file ke format PDF atau Excel.

Duplicate File Fixer

Duplicate File Fixer

Masalah duplikat file pada perangkat atau sistem apapun merupakan bagian yang tidak bisa dihindari. File duplikat ini akan terus bertambah pada perangkat anda disebabkan berbagai alasan seperti berbagi file, file download, data backup, dan lain-lain.

File yang tidak dibutuhkan ini tidak hanya menempati ruang penyimpanan akan tetapi juga mempengaruhi kecepatan dan kinerja dari sistem.

Dengan aplikasi Duplicate File Fixer, anda menemukan file duplikat pada smartphone. Anda dapat memilih folder tertentu seperti audio, video, gambar, dokumen dengan memindai atau menggunakan mode scan penuh.

Selain itu anda dapat mengambil backup dari file pada cloud server menggunakan pilihan menu “Backup Now”, anda juga dapat menghapus file duplikat secara langsung mentap menu “Delete Now”.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam meningkatkan kecepatan dan performa smartphone android. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *