10 Aplikasi Terbaik Pembaca Dokumen PDF Di Windows

Antusias Teknologi | Aplikasi Terbaik Pembaca Dokumen PDF Windows – File PDF saat ini sangatlah populer di internet sebagai file berukuran ringan dan bisa memiliki banyak halaman karena kemudahan dan kepraktisannya untuk disebarluaskan. File digital ebook yang ada di internet kebanyakan menggunakan file PDF dan harus dibuka dengan aplikasi pembaca PDF agar bisa dibaca.

Aplikasi Pembaca File PDF

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Di Windows khususnya pada windows 7 dan dibawahnya belum terdapat aplikasi bawaan untuk membuka file PDF, anda perlu mengunduh dan menginstall aplikasi pembaca PDF untuk membaca file berformat PDF, dan beberapa aplikasi populer diantaranya Adobe Acrobat Reader DC, SumatraPDF, Foxit Reader, dan lainnya.

Memilih aplikasi pembaca PDF untuk Windows sesuai dengan kebutuhan bukanlah sesuatu yang sulit, namun anda perlu mengetahui dan mempertimbangkan apa saja pilihan yang tersedia seperti fitur, kelebihan dan kekurangan.

Aplikasi Terbaik Pembaca Dokumen PDF Di Windows

1. Adobe Acrobat Reader DC

Adobe Acrobat Reader DC

Jika anda sedang mencari aplikasi yang dapat membaca berkas file PDF, maka aplikasi pertama ini termasuk ke dalam rekomendasi utama, meskipun aplikasi ini cenderung memiliki ukuran yang besar saat setelah selesai di instalasi.

Adobe Acrobat Reader DC merupakan solusi pembaca file PDF yang bisa anda jadikan pilihan utama dan tentunya nama besar perusahaan Adobe tidak perlu diragukan lagi.

Anda dapat menggunakannya untuk membaca PDF dalam mode yang berbeda dan memiliki banyak fitur seperti dapat menyoroti teks, menambahkan catatan, mengisi formulir, membuat tanda tangan digital, menambahkan perangko, dan lainnya.

Pembaca PDF gratis untuk Windows ini juga telah mendukung tampilan multi tab, sehingga anda dapat membuka beberapa file PDF secara bersamaan.

Apabila penggunaan dokumen PDF anda tidak sederhana dimana anda tidak hanya membaca file PDF saja, melainkan memerlukan fitur lainnya, maka mengunduh Adobe Acrobat Reader DC merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini termasuk pembaca PDF terbaik untuk membaca file besar dimana beberapa aplikasi ringan lain tidak dapat memproses sepenuhnya.

Tambahan: pada halaman unduhan dari Adobe Acrobat Reader DC, pilihan aplikasi ini telah di bundel dengan McAfee Security scan Plus dan True Key oleh Intel Security yang sudah tercentang, pastikan anda menghapus tanda centang untuk menghindari menginstall aplikasi lainnya yang tidak dibutuhkan.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

2. SumatraPDF

SumatraPDF

SumatraPDF merupakan aplikasi pembaca PDF sumber terbuka dan ringan yang dapat anda install dan gunakan di Windows. Berlisensi di bawah lisensi GPLv3, SumatraPDF mendukung format selain PDF seperti EPUB, MOBI, FB2, CHM, XPS, dan DjVu.

Aplikasi ini gratis dan berukuran sangat ringan, dan ukuran instalasi 64-bit hanya berukuran sekitar 5 MB. Jika anda sedang mencari aplikasi pembaca PDF yang dapat memberikan pengalaman membaca dengan kinerja cepat dan memiliki banyak fitur, SumatraPDF merupakan pembaca file PDF yang tepat untuk anda.

Namun aplikasi ini tidak memiliki fitur seperti anotasi, penandatanganan dokumen, dan pengisian formulir. Mendukung berbagai shortcut keyboard untuk membantu anda dalam menavigasi secara cepat dan meningkatkan pengalaman membaca file PDF.

Sumatra memiliki fitur untuk dapat melihat pratinjau dokumen LaTeX, dan anda dapat mengkonfigurasi aplikasi teks editor untuk mengintegrasikan dengan SumatraPDF.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

3. Browser Favorit Anda

Browser

Jika kebutuhan anda adalah hanya melihat file PDF dan tidak memerlukan fitur-fitur lainnya dari aplikasi pembaca PDF, maka anda tidak memerlukan aplikasi apapun. Cukup dengan menggunakan browser seperti Google Chrome, Firefox, Edge, atau Opera, yang sudah terintegrasi dengan pembaca file PDF.

Fitur tersebut merupakan bagian dari browser dan diperbarui secara teratur dengan fitur-fitur baru. Pada saat anda mengeklik tautan PDF, web browser akan memulai membuka berkas file PDF.

Semua browser keluaran terbaru saat ini telah memiliki fitur seperti ukuran teks yang dapat disesuaikan, rotasi teks, mengunduh berkas file PDF, dan pencetakan file PDF.

Jika anda ingin membuka file PDF yang disimpan pada harddisk dengan menggunakan browser, anda cukup menariknya ke browser yang telah terbuka untuk membuka file. Anda juga dapat mengklik kanan pada file untuk memilih browser yang digunakan dengan memilih pilihan Choose Another App.

Apabila anda jarang membuka atau melihat file PDF, browser anda merupakan pembuka file PDF terbaik yang bisa digunakan.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7

4. Nitro Reader

Nitro Reader

Nitro Reader merupakan aplikasi terkenal lainnya di dalam kategori aplikasi perkantoran dan produktivitas. Aplikasi Nitro juga memiliki pembaca file PDF dengan beragam fitur.

Nitro Reader telah dilengkapi dengan fitur QuickSign yang berguna untuk menandatangani dokumen digital, selain itu aplikasi ini juga dapat mengamankan dokumen dan memastikannya hanya dapat dibuka oleh orang yang menerima sertifikat digital dari pembuat dokumen.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

5. Foxit Reader

Foxit Reader

Apabila anda sedang mencari aplikasi pembaca PDF gratis untuk Windows 10 atau versi Microsoft Windows dibawahnya, anda bisa mencoba aplikasi Foxit Reader.

Sama seperti Adobe Acrobat Reader DC, Foxit merupakan nama populer di kategori pembaca dokumen PDF. Dibandingkan dengan aplikasi Adobe PDF, Foxit relatif lebih enteng.

Beberapa saat yang lalu, Foxit telah memperkenalkan fitur baru yaitu online ConnectedPDF Document Management System, dimana mode penampil teks dapat menghapus format yang kompleks dan menampilkan tampilan seperti file notepad.

Dengan fitur kolaborasi akan lebih meningkatkan pengalaman pembuatan dokumen PDF dengan bekerja secara online dan berbagi dengan rekan kerja atau orang lain. Foxit Reader adalah aplikasi dalam membaca file PDF yang memiliki banyak fitur sehingga dapat anda pertimbangkan.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

6. Google Drive

Google Drive

Sama halnya seperti browser, Google Drive merupakan cara lainnya untuk membuka file PDF tanpa tambahan aplikasi. Yang mereka tawarkan adalah pembaca PDF secara online sehingga koneksi internet menjadi suatu keharusan, bukan seperti aplikasi Windows lainnya yang harus di install terlebih dulu baru bisa digunakan.

Google drive juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data, yang menjadikannya salah satu tempat populer untuk menyimpan dokumen, melihat, dan membagikan-nya dengan orang yang telah dipilih.

Selain membuka PDF, anda juga dapat menghubungkan add-on Chrome eksternal ke pembaca PDF ini untuk menambahkan fungsionalitas ekstra. Selain itu, anda dapat memilih opsi untuk membuka file PDF melalui Google Docs dan mengkonversi file PDF ke format file Doc yang dapat diedit.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

7. Slim PDF

Slim PDF

Sama seperti aplikasi SumatraPDF, Slim PDF merupakan pembaca PDF ringan terbaik lainnya untuk sistem operasi Windows, menyebut dirinya sebagai pembaca file PDF desktop terkecil di dunia.

Ukuran unduhannya hanya sekitar 1.43 MB, sehingga apabila anda mencari pembaca PDF berukuran ekstra kecil atau mini untuk komputer lawas, maka Slim PDF bisa menjadi pilihan untuk di install pada sistem anda.

Aplikasi pembaca file PDF gratis ini hanya berfokus pada membaca, melihat, dan mencetak file PDF dan dimuat dengan sangat cepat. Slim PDF tidak mendukung banyak pintasan keyboard populer, selain itu anda juga tidak bisa menyorot teks.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

8. Expert PDF Reader

Expert PDF Reader

Expert PDF Reader adalah pembaca PDF gratis lainnya untuk Windows yang dapat anda unduh dan gunakan untuk melihat file PDF dengan mudah. Memiliki tampilan antarmuka yang baru dan semua fitur mendasar dari pembaca file PDF.

Anda dapat menambahkan catatan, menyoroti teks, dan membuat teks box. Anda juga akan mendapatkan fitur untuk dapat membuat perangko dan mengelolanya. Fitur tanda tangan digital juga telah disertakan dalam aplikasi Expert PDF Reader.

Rilis terbaru dari Expert PDF Reader Professional pada versi berbayar hadir dengan fitur untuk mengoptimalkan ukuran file PDF dan fungsi OCR.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

9. Javelin PDF Reader

Javelin PDF Reader

Urutan kedua terakhir pada daftar pembaca PDF terbaik yaitu Javelin PDF Reader. Tampilan antarmuka aplikasi ini secara keseluruhan terlihat bersih, dan anda dapat memilih mode membaca dari layar penuh atau fullscreen, bersambung, sampai dengan berdampingan / side by side.

Dibandingkan dengan Adobe Acrobat Reader DC dan Foxit Reader, ukuran Javelin cukup ringan. Jika ingin menggunakan aplikasi pembaca PDF ringan yang juga dapat membantu anda dengan melihat file PDF DRM-Secured, maka Javelin PDF Reader dengan ukuran unduhan sekitar 2 MB-nya bisa menjadi pilihan terbaik.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

10. PDF-XChange Editor

PDF-XChange Editor

PDF-XChange Lite merupakan pembaca PDF gratis untuk Windows yang telah dirubah dan disederhanakan. Aplikasi ini tidak memerlukan banyak waktu saat dijalankan dan memberikan pengalaman dalam membaca, mencetak, menganotasi, serta menyimpan gambar dan teks dari file PDF.

Sebelumnya, aplikasi ini disebut PDF-XChange Viewer, dan tidak memiliki fungsi pengeditan dasar yang tersedia secara gratis. Anda juga akan mendapatkan fitur seperti OCR dan tanda tangan digital.

Seperti yang dijelaskan oleh pembuatnya, pada versi gratis dari PDF-XChange editor telah mendapatkan lebih dari 60 persen fitur dibandingkan dengan versi berbayar-nya.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 7, XP

Penutup

Jadi, manakah yang terbaik dari aplikasi pembaca PDF gratis dari daftar diatas? Hal tersebut bergantung pada penggunaan dan kebutuhan anda masing-masing, anda pasti akan menemukan solusi yang sesuai pada daftar rekomendasi aplikasi diatas.

Mulai dari pembaca file PDF online seperti Google Drive, sampai dengan aplikasi berukuran ringan dan minimalis seperti Slim PDF. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.