20 Daftar Aplikasi Android Terbaik Gratis Di 2018

Antusias Teknologi | 20 Daftar Aplikasi Android Terbaik Gratis Di 2018 – Jumlah total dari aplikasi pada Google Play Store telah berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun, ada sekitar 3.3 juta lebih aplikasi per bulan Maret 2018 dan terdapat beberapa aplikasi dengan fungsionalitas yang sama.

Anda tidak harus mencoba semuanya secara sekaligus, dengan daftar kompilasi aplikasi android dibawah akan menghemat banyak waktu berharga anda.

20 Daftar Aplikasi Android Terbaik

Didalamnya sudah termasuk beberapa aplikasi penting yang harus anda miliki pada perangkat smartphone di tahun 2018 ini.

Daftar ini berdasarkan dari peringkat pengguna, banyaknya fitur aplikasi serta popularitas. Anda bebas menentukan aplikasi alternatif lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

20 Daftar Aplikasi Android Terbaik Gratis Di 2018

1. Aplikasi Launcher:Nova Launcher

Nova Launcher

Nova Launcher merupakan salah satu launcher Android terbaik yang telah ada pada Play Store selama bertahun-tahun. Launcher yang ringan dengan banyaknya kustomisasi. Berbagai paket ikon tersedia di Play Store untuk mengubah penampilannya.

Nova Launcher mendukung banyak kustomisasi seperti memiliki dock yang bisa digulir, notifikasi, folder dan ikon kustomisasi, dan beberapa paket dari gerakan untuk kemudahan penggunaan. Gratis untuk diunduh, dalam versi premium dapat membuka lebih banyak fitur lainnya termasuk beberapa gerakan yang masih terkunci.

2. Aplikasi Asisten Pribadi:Google Assistant

Google Assistant

Google Assistant merupakan aplikasi asisten pribadi yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi, berkomunikasi, dan mendapatkan banyak hal yang ingin dilakukan atau dikerjakan.

Anda dapat menggunakan Google Assistant pada perangkat Android atau iOS untuk menjalankan aplikasi, mengajukan pertanyaan, bermain game, membuat rencana, termasuk menggunakan 30 perintah suara. Tersedia untuk semua jenis smartphone Android yang menjalankan Marshmallow, Nougat, Oreo dan Smartwatches.

3. Aplikasi Keyboard:Swiftkey

Swiftkey

Aplikasi SwiftKey keyboard telah dipercaya oleh lebih dari 250 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan sehingga memungkinkan untuk mempelajari dan memprediksi apa yang ingin anda ketik.

Swiftkey memiliki koreksi dan gerakan secara otomatis untuk masukan yang lebih cepat. Selain itu, terdapat mesin pencari terintegrasi, berbagai macam tema dan keyboard yang sangat baik untuk penggunaan multi bahasa.

Kelebihan lainnya Swiftkey tidak menyimpan informasi dari kata sandi dan informasi yang sensitif seperti nomor kartu kredit. Secara keseluruhan, Swiftkey akan meningkatkan pengalaman anda dalam mengetik dan termasuk aplikasi yang harus dimiliki pada perangkat android anda.

4. Aplikasi Panggilan Video:Google Duo

Google Duo

Google Duo merupakan salah satu aplikasi terbaik panggilan video untuk Android dengan tampilan antarmuka yang sederhana. Sangat mudah untuk membuat akun dan memverifikasi nomor ponsel anda, serta dapat membuat panggilan video dengan cepat seperti halnya membuat panggilan telepon pada umumnya.

Memiliki fitur yang unik yaitu “Knock Knock” sehingga anda bisa melihat secara langsung pemanggil sebelum anda menerima panggilan. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Android dan iOS.

5. Aplikasi Pembuat Catatan:Evernote

Evernote

Evernote merupakan aplikasi lintas platform untuk membuat catatan ke dalam berbagai format seperti teks, foto, audio, video, sketsa dan lainnya. Salah satu aplikasi yang anda butuhkan dalam kesibukan sehari-hari.

Evernote dapat mensinkronisasi catatan pada semua perangkat anda. Evernote juga memiliki layar widget untuk akses cepat ke dalam catatan. Sehingga Evernote merupakan salah satu aplikasi Android yang penting bagi setiap pengguna.

6. Aplikasi Perkantoran:WPS Office + PDF

WPS Office + PDF

WPS Office adalah salah satu aplikasi perkantoran dengan beragam fitur menjadi satu. Sepenuhnya telah kompatibel dengan Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan integrasi format PDF, presentasi, spreadsheet, memo, Google dokumen, dan lainnya.

Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan konverter, pembaca, editor PDF, serta fitur untuk berbagi file, mendukung mode multi windows dan enkripsi data.

WPS Office sangat mudah digunakan dan anda dapat menghubungkan ke layanan penyimpanan awan yang secara otomatis akan menyimpan dokumen. Secara keseluruhan, WPS Office adalah salah satu aplikasi perkantoran terbaik di android.

Sementara aplikasi Mobile Foxit PDF juga salah satu aplikasi terbaik untuk pembaca file PDF untuk Android. Memiliki ukuran yang ringan sehingga anda bisa membuka file PDF, memberi anotasi dan melindungi file PDF pada perangkat Android.

Anda dapat langsung berbagi dokumen yang telah diedit ke jaringan sosial media seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, anda juga dapat berbagi file PDF, berbagi komentar dan diskusi pada dokumen PDF dan melacak siapa yang membaca atau mengedit file PDF anda.

7. Aplikasi Update Berita Terbaru:Google News

Google News

Aplikasi Google News telah dikenal dalam memberikan berita yang paling relevan dengan menggunakan bantuan teknik kecerdasan buatan. Sehingga tidak mengherankan aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi berita terbaik yang harus digunakan.

Google News menawarkan tab for you yang akan menunjukkan personalisasi berita dan full coverage yang akan menampilkan berita sejenis dengan sumber yang berbeda.

8. Aplikasi Manajemen File:ES File Explorer

ES File Explorer

ES File Explorer menjadi salah satu aplikasi manajer file Android paling populer dengan banyaknya fitur. Terdapat fitur analyzer untuk membantu anda dalam membebaskan kapasitas penyimpanan pada perangkat smartphone.

Berbagi file multimedia dengan ES File Explorer kepada pengguna lainnya melalui jaringan WiFi sangatlah mudah. ES File Explorer telah dilengkapi dengan aplikasi manager dimana anda dapat menghapus atau membuat backup applikasi. Anda dapat menghapus aplikasi sistem dengan hak akses root.

Es File Explorer disebut sebagai aplikasi Root Explorer yang akan membuka banyak fungsi untuk perangkat yang telah di root. Namun kekurangannya, aplikasi terdapat banyak iklan yang mengganggu.

Bagi pengguna yang tidak memiliki akses root sehingga tidak memerlukan fitur-fitur tertentu, maka aplikasi manajer file terbaik ini pasti akan banyak membantu anda.

9. Aplikasi Penyimpanan Awan:Google Drive

Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan awan populer yang memberikan banyak ruang untuk menyimpan dan mengakses file-file anda secara online. Anda dapat menelusuri dan mencari semua file serta folder yang telah disimpan dalam Drive.

Selain itu anda dapat berbagi, memindahkan, mengunduh, mengubah nama atau mencetak file langsung dari google drive. Layanan ini meliputi Google Docs, spreadsheet dan slide, dimana anda dapat dengan mudah mengedit dokumen, membuat spreadsheet, formulir, presentasi, dan menyimpannya ke dalam Drive.

Pengguna akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB dari Google Drive, Gmail dan Google foto. Aplikasi android penting ini akan sangat membantu anda untuk menyimpan file-file berharga dengan penyimpanan awan.

10. Aplikasi Berkirim Pesan:WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan instan gratis dimana pengguna dapat berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan layanan internet. Anda dapat mengirim pesan teks, pesan suara, berbagi tautan, foto dan lokasi, atau membuat panggilan video kepada pengguna lainnya di seluruh dunia.

WhatsApp termasuk salah satu aplikasi android untuk berkirim pesan dengan aman dan dapat diakses dengan PC atau desktop.

11. Aplikasi Browser:Google Chrome

Google Chrome

Google Chrome merupakan aplikasi browser lintas platform. Memiliki banyak fitur seperti tab tidak terbatas, dukungan HTML5, sinkronisasi desktop, tautan cepat ke website favorit, pencarian terintegrasi Google dan Google terjemahan.

Selain itu Google Chrome sangat mudah untuk digunakan bagi pemula, cepat dan memberikan pengalaman dalam menjelajahi internet yang aman dengan banyak opsi pilihan kustomisasi. Google Chrome merupakan salah satu browser Android terbaik.

12. Aplikasi Berbagi File:Xender

Xender

Xender adalah salah satu aplikasi Android penting yang harus anda miliki. Aplikasi ini akan membantu anda dari kerumitan dari membawa kabel data USB untuk bertukar file dengan PC dalam mengirim atau menerima file.

Selain itu, kecepatan transfer file Xender seratus kali lebih cepat daripada Bluetooth kerena menggunakan jaringan WIFI untuk mentransfer file antar perangkat.

13. Aplikasi Pemutar Video: MX Player

MX Player

Pemutar video untuk Android ini mendukung hampir semua format file video dan audio. Memiliki banyak fitur termasuk mengedit subtitle, mempercepat video dan gerakan untuk mengatur volume kontrol suara, gerakan untuk memperbesar dan memperkecil video, pengunci layar dan masih banyak lagi fitur lainnya.

MX Player tersedia secara gratis dengan adanya iklan dan dengan beberapa plugin untuk fungsionalitas tambahan.

14. Google Maps

Google Maps

Google Maps merupakan layanan web pemetaan navigasi GPS secara real-time, lalu lintas, dan transit. Aplikasi ini menawarkan peta jalan, citra satelit, informasi lalu lintas real-time, dan rute jalan pintas.

Aplikasi mencakup peta akurat dari lebih dari 200 negara dan wilayah. Dengan bantuan layanan peta Google, anda dapat menavigasi tempat yang tidak diketahui dengan mudah sehingga Google Maps termasuk salah satu aplikasi Android yang penting.

Apabila anda sedang mengalami masalah dengan Map seperti aplikasi lambat dibuka atau kesulitan dalam penggunaan, maka anda dapat mencoba Auto Android, aplikasi navigasi Google lainnya yang secara otomatis akan mengoptimalkan perangkat untuk mengurangi gangguan saat mengemudi.

15. Aplikasi Edit Foto:PicsArt

PicsArt

Dengan lebih dari 100 juta unduhan, PicsArt merupakan salah satu aplikasi edit foto favorit untuk Android. Anda akan dibuat pusing dengan banyaknya pilihan fitur yang ada untuk mengkustomisasi foto. Aplikasi ini memiliki jaringan sosial tersendiri untuk berbagi foto.

Memiliki berbagai macam fitur seperti kolase, menggambar pada foto, frame, stiker, crop foto, clone tool, dan tilt-shift. Aplikasi tersedia gratis dengan beberapa pembelian di dalam aplikasi dan terdapat adanya iklan.

16. Aplikasi Remote Kontrol:Unified Remote

Unified Remote

Unified Remote merupakan salah satu aplikasi untuk mengontrol PC anda dari perangkat Android. Dengan menggunakan koneksi Bluetooth atau Wifi untuk remote control PC dan hadir dengan dukungan untuk lebih dari 90 aplikasi populer. Mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan Mac, dan memerlukan aplikasi server yang harus diinstall.

Dengan aplikasi Unified Remote, anda secara jarak jauh bisa menghidupkan komputer dari mode sleep dengan menggunakan fitur Wake on LAN. Memiliki fitur seperti layar mirroring, penggunaan keyboard dan mouse, kontrol media player telah tersedia dalam aplikasi ini.

Anda dapat menggunakannya untuk mengendalikan Raspberry Pi atau Arduino Yun. Versi berbayar akan membuka banyak fitur seperti kustom remote dan beberapa fungsi untuk Android.

17. Aplikasi Pembaca RSS:Feedly

Feedly

Feedly termasuk dalam salah satu aplikasi Android terbaik. Dengan fungsi untuk mengatur semua informasi dan berita untuk anda ke dalam satu tempat seperti majalah online, blog, saluran video Youtube, dan lebih dari 40 juta feed telah tersedia dalam aplikasi pembaca RSS gratis ini.

Banyak para profesional menggunakannya agar tetap terdepan dalam mendapatkan informasi terbaru yang membantu dalam menganalisis pesaing dan tren saat ini.

Feedly menawarkan integrasi dengan Facebook, Twitter, Evernote Pinterest, LinkedIn sehingga anda dapat dengan mudah berbagi cerita dengan jaringan dan rekan kerja.

18. Aplikasi Manajer Kata Sandi:LastPass

LastPass

LastPass merupakan aplikasi manajer untuk menyimpan kata sandi pribadi secara aman yang dapat mengunci kata sandi dan informasi pribadi. Memiliki kemampuan untuk login otomatis pada browser serta aplikasi dan dapat menghasilkan kata sandi baru yang aman secara instan.

Dengan LastPass, anda hanya perlu mengingat satu kata sandi master tanpa harus menghafal banyak kata sandi. Selain itu, anda juga dapat menyinkronkan kata sandi dan data pada semua perangkat.

19. Aplikasi Scan Dokumen:Tiny Scanner

Tiny Scanner

Tiny Scanner adalah aplikasi scanner yang dapat memindai setiap jenis dokumen dan menyimpannya sebagai file gambar atau PDF. Anda dapat memberi nama dan mengatur file hasil scan dan membagikannya melalui email, menyimpan ke layanan penyimpanan awan seperti DropBox atau Google Drive.

Hadir dengan banyak fitur seperti scan berwarna, grayscale dan scan warna hitam dan putih, penghapusan tepi halaman, menyesuaikan ukuran halaman, pengurutan scan berdasarkan tanggal dan waktu. Aplikasi telah dioptimalkan untuk berjalan secara cepat, dan anda dapat melindungi dokumen dengan kata sandi sehingga lebih aman.

20. Aplikasi Jam Alarm:Alarmy (Sleep If U Can)

Alarmy

Apabila anda memiliki kebiasaan susah bangun tidur saat tiba di pagi hari, maka aplikasi Android ini harus dimiliki. Alarmy memiliki cara yang unik untuk membangunkan tidur dengan meletakkan teka-teki dan tantangan sebelum anda dapat menunda atau mematikan alarm/musik yang berbunyi.

Tidak hanya itu, anda dapat mengatur tingkat tantangan ini sesuai dengan keinginan.

Alarmy memiliki mode foto di mana anda dapat mematikan alarm dengan mengklik snapshot dari tempat yang telah ditentukan, alarmy bisa disebut sebagai aplikasi yang paling menjengkelkan, aplikasi alarm bisa menjadi bagian dari kebutuhan bagi anda yang susah bangun tidur.

Sekarang apakah anda sudah menentukan pilihan aplikasi apa saja dari daftar diatas sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.