90 Daftar Aplikasi Freeware Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui

Antusias Teknologi | 90 Daftar Aplikasi Freeware Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui – Sedang mencari referensi apa saja aplikasi freeware terbaik untuk anda install dan gunakan baik untuk PC ataupun Laptop, maka anda sudah tepat berada di halaman artikel ini.

Mungkin diantara anda sudah pernah menggunakan aplikasi yang ada pada daftar dibawah, atau bahkan belum pernah menggunakan-nya sama sekali.

Aplikasi Freeware Terbaik

Aplikasi freeware populer seperti antivirus, aplikasi kompress data, edit foto, browser, sampai aplikasi perkantoran bisa anda temukan dalam artikel ini. Masih banyak terdapat aplikasi bermanfaat lainnya yang mungkin belum anda ketahui.

Diantara daftar aplikasi dibawah mungkin tidak semuanya disebutkan dikarenakan keterbatasan saya, jika anda mengetahui aplikasi lain maka bisa menyebutkan-nya melalui kolom komentar. Bisa dipastikan daftar aplikasi dibawah aman dari spyware ataupun malware.

Daftar Isi sembunyikan
1 90 Daftar Aplikasi Freeware Terbaik

90 Daftar Aplikasi Freeware Terbaik

1. ZIP Archiver

1. Mungkin anda pernah menggunakan aplikasi kompress data seperti 7-zip, WinRAR, dan WinZip, namun tidak ada salahnya mencoba aplikasi freeware lainnya seperti ZIP Archiver atau PeaZip.

2. Notepad++

2. Sedang mencari pengganti notepad bawaan windows, maka aplikasi Notepad++ sangat bisa anda andalkan.

Notepad++

3. CCleaner

3. Apabila anda membutuhkan aplikasi perawatan dan pembersihan sistem secara rutin, maka BleachBit dan CCleaner bisa menjadi pilihan anda.

4. Pandora Recovery, Recuva

4. Tidak sengaja menghapus file penting? Anda dapat mencoba aplikasi Pandora Recovery untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus atau aplikasi lain seperti Recuva.

5. Pandora Recovery

5. Membicarakan aplikasi pengembalian file yang terhapus, Pandora Recovery juga bisa menjadi pilihan anda karena bisa memulihkan gambar dari kartu memori.

6. EncryptedRegView, CredentialsFileView, Dan VaultPasswordView

6. Lupa kata sandi akun atau WiFi? Jika ya, anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat mengungkapkan sandi dan rincian akun untuk berbagai aplikasi di Windows seperti EncryptedRegView, CredentialsFileView, dan VaultPasswordView.

7. Excel Password Remover

7. Membahas mengenai kata sandi, pernahkah suatu saat anda memerlukan untuk menghapus kata sandi pada dokumen spreadsheet Excel, maka anda bisa menggunakan aplikasi Excel Password Remover.

8. Audacity

8. Untuk mengedit file audio, anda bisa menggunakan aplikasi editing terbaik seperti Audacity.

9. LMMS

9. Membicarakan tentang audio dan musik, anda dapat menggunakan aplikasi LMMS untuk membuat trek musik.

10. WinCDEmu

10. Anda memiliki file ISO yang tidak bisa digunakan pada Windows versi lama, anda bisa mencoba WinCDEmu untuk membuat drive virtual dengan tanpa batasan.

WinCDEmu

11. KeePass Dan RoboForm

11. Organisasikan kata sandi dengan aplikasi pengelola kata sandi seperti KeePass atau RoboForm.

12. VLC Media Player, Kodi, Media Monkey, Dan GOM Player

12. Dalam kategori pemutar media player, anda bisa memilih aplikasi seperti VLC Media Player, Kodi, Media Monkey, dan GOM Player.

13. f.lux

13. Apabila anda sering menggunakan PC atau laptop dalam waktu yang lama, ada baiknya anda menggunakan aplikasi f.lux yang dapat mengubah warna layar agar tidak cepat melelahkan mata.

15. Windows Movie Maker, LightWorks, Dan HitFilm Express

14. Apabila anda memiliki banyak file video, anda dapat menggunakan aplikasi freeware seperti Windows Movie Maker untuk kebutuhan edit video, aplikasi lain yang bisa anda gunakan seperti LightWorks dan HitFilm Express.

15. HandBrake

15. Jika suatu saat anda perlu mengkonversi format video dari satu format ke yang lain, anda bisa memilih HandBrake.

HandBrake

16. Process Explorer

16. Gunakan aplikasi Process Explorer untuk membantu mendiagnosa masalah pada Windows seperti konsumsi CPU berlebihan dan masalah lainnya.

17. Foxit PDF, Nitro PDF Reader, Dan PDF XChange Editor

17. Ingin membuka file PDF, atau anda sedang mencari pembaca file PDF, anda bisa menggunakan Foxit, Nitro PDF Reader dan PDF XChange Editor.

18. CutePDF, PrimoPDF, Bullzip, Dan PDF Creator

18. Jika ingin membuat file PDF secara cepat, ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan diantaranya CutePDF, PrimoPDF, Bullzip, dan PDF Creator.

19. Todo Easeus Backup, Dan Paragon Backup

19. Untuk melakukan backup data secara rutin, terdapat beberapa aplikasi gratis yaitu Todo Easeus Backup yang fungsinya untuk membackup data dan membuat salinan data hard disk, aplikasi lainnya adalah Paragon Backup.

20. Google Drive

20. Apabila anda hanya menginginkan membuat cadangan data serta gambar tidak keseluruhan data pada hard disk, anda dapat menggunakan Google Backup and Sync untuk melakukan backup file dan folder ke dalam penyimpanan awan Google Drive.

21. Duplicate Cleaner

21. PC dan laptop yang digunakan secara rutin, kemungkinan besar akan terdapat file yang sama/duplikat, untuk mengatasi masalah ini anda dapat menggunakan Duplicate Cleaner untuk mencari dan menghapus file yang sama.

22. TreeSize, Space Sniffer, Dan WinDirStat

22. Anda ingin melihat data apa saja saat ini yang sering menghabiskan kapasitas ruang di hard disk, ada aplikasi yang dapat melakukannya yaitu TreeSize, Space Sniffer dan WinDirStat.

23. Autoruns

23. Ingin melihat aplikasi atau driver apa saja yang mengkonsumsi banyak memori terlalu tinggi saat Windows dimulai bisa menggunakan Autoruns, aplikasi gratis dari Microsoft.

24. GIMP, PhotoScape, Paint.NET, Fotor, Pixlr, Dan BeFunky

24. Sedang mencari pilihan edit foto, ada beberapa diantaranya yaitu GIMP, PhotoScape, Paint.NET, dan Fotor, sementara untuk mengedit foto secara online anda bisa menggunakan Pixlr dan BeFunky.

25. HWiNFO

25. Anda ingin mencari informasi secara rinci mengenai daftar perangkat keras komputer, gunakan aplikasi HWiNFO, aplikasi juga dapat menganalisa dan memonitor sistem.

26. Mozilla Thunderbird

26. Jika anda tidak menggunakan sistem operasi Windows 10 atau tidak menyukai aplikasi E-mail default di Windows, anda dapat menggunakan Mozilla Thunderbird untuk mengecek dan mengirim E-Mail.

27. WeTransfer, DropSend, Dan pCloud

27. Ingin mengirim file berukuran besar, akan tetapi aplikasi email anda tidak mengijinkan mengirim lebih besar dari 10 sampai 20 MB, anda dapat mencoba berbagi file besar (hingga berukuran 2 GB pada versi gratis) baik dengan teman dan keluarga menggunakan WeTransfer, DropSend dan pCloud.

28. Evernote, SimpleNote, Google Keep,Dan Zoho Notebook

28. Aplikasi populer untuk membuat catatan sejauh ini yang diketahui adalah Evernote, namun terdapat pilihan lainnya seperti SimpleNote, Google Keep dan Notebook.

29. WinSCP, FileZilla, Dan CyberDuck

29. Apabila anda memiliki server FTP atau website, maka anda memerlukan aplikasi FTP seperti WinSCP serta pilihan lainnya yaitu FileZilla dan CyberDuck.

30. VeraCrypt Dan AxCrypt

30. Jika anda ingin mengenkripsi data-data penting, maka anda bisa menggunakan VeraCrypt atau AxCrypt.

31. CoffeeCup, Visual Studio Express, Atom, Dan Sublime Text

31. Anda adalah seorang pembuat website atau programmer dan sedang mencari aplikasi editor HTML dan bahasa pemrograman lainnya, ada beberapa yang bisa anda gunakan seperti CoffeeCup, Visual Studio Express, Atom, dan Sublime Text.

32. WiFi Inspector, Dan Acrylic WiFi Analyzer

32. Ingin mempelajari lebih lanjut mengenai jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda, gunakan WiFi Inspector atau Acrylic WiFi Analyzer.

33. Legacy, Dan ScionPC

33. Ingin membuat silsilah keluarga, maka Legacy adalah Aplikasi pembuat silsilah secara gratis yang dapat anda gunakan untuk melacak keluarga dan kerabat, aplikasi lainnya adalah ScionPC.

34. Find and Run Robot

34. Jika anda sering menggunakan aplikasi yang sama setiap hari, anda bisa menggunakan aplikasi launcher seperti Find and Run Robot.

35. LibreOffice, Dan WPS Office

35. OpenOffice merupakan salah satu aplikasi perkantoran paling populer saat ini, tetapi masih ada aplikasi lain yang bisa anda coba yaitu LibreOffice dan WPS Office.

36. AutoHotKey

36. Pernahkah anda ingin mengotomatisasi tugas tertentu di Windows? Misalnya anda menginginkan komputer agar mati secara otomatis pada jam 10 malam, atau shortcut tertentu yang ingin direkam dan diulangi. Apapun kebutuhan anda, AutoHotKey adalah aplikasi yang dapat mengotomatisasi tugas tertentu di Windows.

37. CPU-Z

37. Aplikasi CPU-Z akan menampilkan informasi detail dari CPU dan motherboard anda.

CPU-Z

38. Prime95, Dan MSI Afterburner

38. Jika anda akan berencana untuk mengoverclock CPU, maka anda harus mengunduh aplikasi Prime95 untuk memastikan sistem tetap berjalan stabil. Dan apabila anda akan mengoverclock GPU bisa menggunakan MSI Afterburner.

39. TunnelBear

39. Sedang mencari VPN untuk keamanan saat menjelajah internet, pilihan gratis terbaik VPN saat ini adalah TunnelBear, pada versi gratisnya bandwith dibatasi sebanyak 500 MB per bulan.

40. Shotcut, VSDC video editor, Dan Avidemux

40. Jika anda mencari aplikasi untuk membuat video dengan mudah dan cepat, bisa menggunakan aplikasi Shotcut, VSDC video editor, dan Avidemux.

41. Qustodio, Dan Kidlogger

41. Mempunyai anak kecil yang menggunakan komputer dan membutuhkan aplikasi kontrol informasi, pilihan terbaik adalah Qustodio dan Kidlogger, pada versi gratis memiliki fitur yang terbatas.

42. Media Monkey, Dan MusicBee

42. Memiliki banyak koleksi musik, mungkin bisa dipertimbangkan aplikasi manajemen musik seperti Media Monkey, aplikasi lainnya adalah MusicBee.

43. Tor

43. Selain VPN, untuk alasan keamanan anda dapat menggunakan browser seperti Tor untuk menyembunyikan identitas saat berselancar di internet.

44. PC Decrapifier

44. Baru saja membeli komputer baru, anda dapat menggunakan aplikasi bernama PC Decrapifier untuk menguninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga memperlambat kinerja sistem operasi.

45. REVO Uninstaller

45. Setelah anda menggunakan komputer untuk tugas sehari-hari, akan ada aplikasi yang tidak anda gunakan lagi dan dapat dihapus. REVO Uninstaller dapat menghapus aplikasi yang masih dibutuhkan atau tidak.

46. Steam

46. Jika anda ingin bermain game untuk mengisi waktu luang, Steam memiliki banyak game gratis yang bisa anda mainkan, tidak hanya itu anda juga bisa membeli game populer seperti Grand Theft Auto, Tomb Raider, Sniper Elite, Call Of Duty, Counter Strike, Monster Hunter, dan lainnya disana.

47. dBan

47. Memiliki data sensitif pada komputer yang secara permanen dan aman dihapus dari hard disk, anda bisa menggunakan aplikasi bernama dBan.

48. Amazon Kindle

48. Sering melakukan aktifitas membaca buku digital, salah satu aplikasi untuk membaca terbaik di Windows adalah Amazon Kindle.

49. 4K Stogram

49. Anda menyukai sosial media Instagram, ingin mengunduh foto, video atau story dari Instagram, bisa menggunakan 4K Stogram.

50. Screenshot Captor

50. Mencari aplikasi untuk mengambil gambar pada layar monitor, salah satu aplikasi yang bisa anda coba yaitu Screenshot Captor.

51. Viber

51. Kita semua telah mengatehui Skype dan WhatsApp untuk berkomunikasi, namun apakah anda sudah mengetahui Viber, aplikasi lainnya yang dapat anda gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman dari seluruh dunia.

52. Balabolka, NaturalReader, Dan Panopreter

52. Pernah anda menginginkan komputer bisa berbicara apa yang telah ditulis melalui teks atau disebut Text to Speech, ada beberapa aplikasi yang bisa melakukannya diantaranya Balabolka, NaturalReader dan Panopreter.

53. Startup Delayer

53. Anda memiliki banyak aplikasi ketika Windows baru dimulai, sehingga diperlukan sampai beberapa menit untuk memulai agar bisa digunakan. Jika demikian bisa dicoba Startup Delayer, yang akan menunda aplikasi yang berjalan pada saat startup sehingga komputer anda bisa digunakan dengan lebih cepat.

54.

54. Tidak memiliki Powerpoint tetapi anda ingin membuat presentasi, jangan khawatir ada tool online yang bisa membantu anda yaitu Canva dan Prezi.

55. RSS RSSOwl

55. Tidak ingin ketinggalan berita dari website populer di dunia, gunakan aplikasi pembaca RSS RSSOwl.

56. Join.me

56. Mungkin anda pernah menggunakan aplikasi TeamViewer untuk remote komputer secara, selain aplikasi tersebut anda juga dapat menggunakan Join.me.

57. Total Commander

57. Ingin menggunakan tampilan Windows Explorer dengan tampilan antar yang berbeda dari standar, terdapat aplikasi Total Commander yang telah ada selama puluhan tahun.

58. memtest86

58. Apabila anda ingin memeriksa apakah memori/RAM yang terpasang pada PC atau laptop terdapat gejala kerusakan, anda dapat memeriksa memori dengan aplikasi memtest86.

memtest86

59. OBS Studio, Dan TinyTake

59. Ingin merekam layar monitor dan live streaming, OBS Studio adalah aplikasi gratis yang bisa melakukannya, selain itu juga ada pilihan lain seperti TinyTake, walaupun pada versi gratis memiliki fitur terbatas.

60. Darktable

60. Apakah anda seorang fotografer profesional yang membutuhkan aplikasi seperti Lightroom, tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya untuk berlangganan bulanan, maka anda bisa memilih Darktable, salah satu aplikasi fotografi open source.

61. Inkscape Dan Vectr

61. Apakah ada pengganti Adobe ilustrator untuk membuat vektor grafis, tentu saja ada diantaranya adalah Inkscape dan Vectr.

62. FocusWriter

62. Apakah anda termasuk seseorang yang ingin menulis sesuatu, akan tetapi sering mudah terganggu, anda bisa mencoba FocusWriter sehingga saat menulis bebas tanpa adanya gangguan.

FocusWriter

63. HijackThis Dan AdwCleaner

63. Salah satu kejadian terburuk yang tidak diinginkan dapat terjadi pada komputer anda adalah terinfeksi spyware atau malware. HijackThis merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk menemukan dan menghapus spyware serta malware, pilihan lainnya adalah AdwCleaner.

64. SUPERAntiSpyware, Adaware, Dan SpyBot

64. Pada kategori menghapus spyware dan malware, terdapat beberapa aplikasi freeware lainnya seperti SUPERAntiSpyware, Adaware, dan SpyBot.

65. TDSSKiller, Sophos Rootkit scanner, Dan Malwarebytes Anti-Rootkit

65. Selain spyware dan malware, juga terdapat aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menemukan rootkit seperti TDSSKiller, Sophos Rootkit scanner dan Malwarebytes Anti-Rootkit.

66. Windows Defender Offline

66. Jika anda tidak dapat menemukan virus atau malware apapun saat sedang menggunakan antivirus, cara lainnya adalah menggunakan aplikasi Windows Defender Offline.

67. BurnAware, CDBurnerXP, AVS Disc Creator

67. Apabila anda membutuhkan aplikasi untuk memburning media CD/DVD/Blu-ray, bisa menggunakan aplikasi BurnAware dan CDBurnerXP, aplikasi tersebut memiliki versi portabel sehingga dapat langsung dijalankan dari Flashdisk, pilihan lainnya adalah AVS Disc Creator.

68. ImgBurn

68. Apabila anda ingin memburning file image ISO bik ke CD atau DVD, maka anda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti ImgBurn.

69. HexChat

69. Apakah anda masih menggunakan IRC, jika jawabannya adalah ya maka aplikasi HexChat merupakan salah satu klien IRC.

70. Unlocker

70. Pernahkah mengalami masalah dimana anda mencoba untuk menghapus suatu file di Windows dan dikatakan bahwa file tersebut sedang digunakan dan tidak dapat dihapus, solusinya anda dapat menggunakan aplikasi Unlocker untuk menghapus file yang terkunci.

71. FreeMind

71. Apakah anda selalu memikirkan tentang ide atau gagasan baru, mungkin anda bisa menggunakan aplikasi pemetaan pikiran seperti FreeMind yang ditulis dengan bahasa JAVA. Wikipedia juga memiliki daftar aplikasi pemetaan pikiran.

72. GnattProject Dan Taiga.io

72. Anda perlu mengelola proyek kecil, akan tetapi memerlukan aplikasi manajemen proyek, anda bisa menggunakan GnattProject dan Taiga.io.

73. VirtualBox

73. Jika anda ingin menggunakan mesin virtual, silahkan unduh aplikasi VirtualBox dari Oracle, cara ini adalah yang paling aman untuk mencoba dan menguji aplikasi baru.

74. DriveImage XML, MacriumReflect, Dan Clonezilla

74. Pilihan backup data lain yang bisa anda coba adalah DriveImage XML yang dapat anda gunakan untuk membuat image dari hard disk, aplikasi backup hard disk lainnya yaitu MacriumReflect dan Clonezilla.

75. GNUCash

75. Perlu aplikasi akuntansi dan keuangan, akan tetapi anda tidak sepenuhnya mempercayai tool online seperti Mint dan Quickbooks, maka GNUCash adalah aplikasi akuntansi dan keuangan gratis.

76. Blender

76. Pernah mendengar Blender, dengan aplikasi ini anda bisa membuat dunia, animasi, dan game dalam bentuk 3 dimensi.

77. SketchUp

77. Jika Blender masih terlalu rumit dan kompleks bagi anda, pilihan lain untuk menggambar sketsa 3D adalah SketchUp.

78. FreeCAD

78. Pilihan aplikasi open source untuk membuat model 3 dimensi lainnya adalah FreeCAD.

79. Stellarium

79. Bagi anda yang menyukai melihat ruang angkasa pada PC atau laptop, salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Stellarium.

80. GParted, MiniTool partisi Wizard, Dan EaseUs Partition Master Free

80. Sedang mencari aplikasi untuk membuat partisi hard disk, maka GParted mungkin bisa anda coba, pilihan lainnya seperti MiniTool partisi Wizard dan EaseUs Partition Master Free.

81. Everything

81. Ingin mencari file di komputer anda, akan tetapi pencarian standar Windows tidak dapat diandalkan, anda dapat menggantinya dengan aplikasi Everything pencarian file Windows gratis terbaik.

82. ClipX, ArsClip, Dan Ditto clipboard

82. Ingin menyimpan lebih dari satu item di clipboard, anda bisa mencoba aplikasi manajer seperti ClipX, ArsClip dan Ditto clipboard.

83. DropIt

83. DropIt merupakan suatu aplikasi ringan yang memungkinkan anda untuk menyalin file ke dalam folder tertentu, tidak hanya itu anda juga bisa memindahkan, menkompress, mengubah nama, menghapus, membagi, menggabungkan, mengenkripsi, mencetak, mengunggah, membuat galeri, membuat shortcut dan masih banyak lagi fitur lainnya.

84. TightVNC Dan UltraVNC

84. Remote desktop pada Windows memungkinkan untuk mengontrol layar komputer lain dari jarak jauh, beberapa aplikasi untuk keperluan tersebut yaitu TightVNC atau UltraVNC.

85. FreeNAS

85. Memiliki backup data dengan beberapa tambahan media penyimpanan, anda dapat mengubahnya menjadi perangkat Network Attached Storage (NAS) dengan menggunakan aplikasi bernama FreeNAS.

86. Disk2VHD

86. Anda mungkin tertarik dengan Disk2VHD, aplikasi dari Microsoft yang akan membantu anda untuk mengubah PC menjadi mesin virtual yang kemudian dapat dimuat ke dalam Hyper-V.

87. Duolingo

87. Ingin mempelajari bahasa inggris, aplikasi terbaik untuk Windows adalah Duolingo, juga tersedia dalam versi online, android, dan ios.

88. GSplit

88. Apakah anda ingin membagi sebuah file besar menjadi beberapa bagian, jika ya maka GSplit sebuah tool untuk membagi dan menggabungkan kembali file.

89. WinMerge

89. Pernah berada dalam situasi dimana anda perlu membandingkan dua file dan melihat perbedaannya, WinMerge adalah aplikasi yang akan membantu membandingkan dan menggabungkan dua file. Walaupun belum diperbarui sejak tahun 2013, akan tetapi versi baru akan hadir tahun ini.

90. Telegram Messenger<

90. Perlu mengirim pesan yang sangat pribadi serta aman dari Windows, pilihan terbaik adalah /a>.

Itulah beberapa daftar kategori aplikasi freeware yang bisa membantu pekerjaan dan tugas kesehariaan anda saat menggunakan komputer. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.