9 Game Simulasi Terbaik Untuk Mengasah Skill Programming

Antusias Teknologi | Game Simulasi Terbaik Mengasah Skill Programming – Bahasa pemrograman bagi sebagian orang dianggap sulit dan begitu membosankan karena harus menghafalkan beberapa istilah, anda harus rajin latihan setiap harinya untuk menjadi mahir.

9 Game Simulasi Terbaik

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Namun jangan khawatir karena saat ini terobosan baru dalam mempelajari bahasa pemrograman melalui simulasi game telah tersedia mulai dari yang gratis sampai berbayar.

Dengan adanya simulasi game dalam bahasa pemrograman ini tentunya akan memudahkan dan membantu programmer pemula yang ingin mendalami bahasa pemrograman tertentu, dan diharapkan akan lebih cepat mengerti dan paham dengan cara bermain simulasi melalui media game.

9 Game Simulasi Terbaik Mengasah Skill Programming

1. Robocode

Robocode

Robocode merupakan simulasi game bahasa pemrograman kompleks di mana anda akan membuat robot tank untuk melawan musuh. Tugas anda adalah menulis kecerdasan buatan untuk mengendalikan robot agar berhasil memenangkan game ini dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, Scala, C#, dan masih banyak lagi.

Untuk memulainya, anda dapat membaca panduan dan tutorial game Robocode terlebih dulu pada halaman https://robowiki.net/wiki/Robocode_Basics.

Pada instalasi Robocode ikut menyertakan pengembangan aplikasi, editor robot terintegrasi, dan Java compiler. Anda sebenarnya dapat menulis kode secara langsung.

Meskipun telah dibuat pada tahun 2000 lalu, Robocode masih secara teratur diperbarui oleh pengembangnya, dan sangat membantu programmer dalam mempelajari bahasa pemrograman, Robocode merupakan aplikasi sumber terbuka yang langsung bisa anda unduh melalui website resminya.

2. Codingame

Codingame

Codingame merupakan aplikasi game berbasis web di mana anda harus memecahkan teka-teki dan tantangan dengan menulis kode. Lebih dari 25 bahasa pemrograman yang telah didukung aplikasi ini diantaranya Java, C#, Python, JavaScript, Lua, Go, Rust, dan lainnya

Setiap teka-teki atau tantangan memiliki tema tersendiri misalnya kode program pembuat tower untuk menembak jatuh pesawat musuh yang datang terlalu dekat.

3. Codecombat

Codecombat

Codecombat adalah aplikasi web lainnya untuk membuat teka-teki dan tantangan dalam bentuk game yang hanya dapat dipecahkan dengan menulis kode pemrograman.

Codecombat memiliki kelebihan dalam hal pendidikan dengan adanya fitur yang bernama Classroom Edition, dimana guru dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu para siswa dalam belajar menuliskan kode. Tiga cabang ilmu bisa dipelajari seperti ilmu komputer, pengembangan website, dan pengembangan game.

4. Codewars

Codewars

Codewars tidak begitu mirip seperti game karena merupakan cara yang sedikit sulit untuk berlatih koding dan memecahkan tantangan algoritma pemrograman. Anda akan mendapatkan poin setelah menyelesaikan teka-teki dan nilai poin yang akan ditentukan dengan seberapa efisien solusi yang anda berikan.

Codewars memungkinkan anda untuk melihat solusi yang diberikan oleh orang lain, sehingga anda dapat pelajari dan pergunakan.

5. Vim Adventures

Vim Adventures

Vim Adventures merupakan game dalam bentuk tutorial untuk belajar bagaimana menggunakan bahasa pemrograman vim, dengan memiliki editor teks yang unik yang biasa digunakan oleh programmer profesional.

Menguasai bahasa pemrograman vim dapat membantu anda menjadi coder yang lebih efisien.

6. TIS-100 (Berbayar)

TIS-100

TIS-100 merupakan suatu game namun tidak seperti yang lainnya, yang memaksa anda untuk belajar dan menggunakan versi mock tingkat rendah dalam pengkodean bahasa rakitan untuk memecahkan suatu teka-teki.

Game ini tidaklah terlalu sulit selama anda tidak mudah frustrasi dan bingung.

7. Shenzhen I/O (Berbayar)

Shenzhen I/O

Dari studio yang sama dengan pembuat game TIS-100, game simulasi ini bernama Shenzhen I/O, sebuah game puzzle di mana anda bertugas untuk menciptakan sirkuit yang telah disederhanakan dan menulis kode bahasa rakitan yang akan berjalan pada sirkuit.

Dibandingkan dengan game TIS-100, Shenzhen I/O lebih mudah untuk dimainkan dan lebih menyenangkan dengan bahasa program yang lebih kompleks.

8. Human Resource Machine (Berbayar)

Human Resource Machine

Di dalam game Human Resource Machine, anda akan bermain sebagai pekerja kantoran yang harus menyelesaikan tugas dengan menggabungkan berbagai instruksi secara bersama-sama.

Dalam artian game ini memiliki tema dalam memecahkan teka-teki melalui pemrograman secara visual, berkonsep seperti manajemen memori dengan penyajian yang mudah dicerna.

Game Human Resource Machine sangat baik untuk melatih otak seorang programmer, dan bahkan bisa membuat game koding yang juga bisa digunakan untuk anak-anak.

9. Screeps (Berbayar)

Screeps

Screeps adalah singkatan dari Scripted Creeps, dan merupakan salah satu game strategi MMO menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk membuat kode dalam game dan membangun suatu kerajaan.

Game ini telah dilengkapi dengan server pribadi di mana anda dapat bermain sendiri, ditambah 30 hari akses penuh ke server resmi gratis. Selanjutnya, anda dapat terus bermain di server resmi dengan kapasitas yang terbatas, dengan berlangganan bulanan anda dapat bermain di server resmi tanpa batasan.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.