Membuat Dan Mengelola Berkas File RAR Di Android

WinRAR telah sejak lama menjadi tool kompresi paling populer untuk Windows dan juga merupakan alat dukungan kompresi dan dekompresi terbaik untuk format kompresi RAR dan ZIP di antara aplikasi serupa dengan fitur yang sama.

Aplikasi RAR Di AndroidAplikasi RAR Di Android

Salah satu fitur aplikasi WinRAR adalah dukungannya untuk kompresi file multi volume, sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih dan melakukan file kompresi berukuran besar ke dalam ukuran yang lebih kecil sehingga pemrosesan lebih mudah dan cepat.

Aplikasi RAR Di Android

RARLAB sebagai pengembang aplikasi WinRAR telah secara resmi merilis versi WinRAR di perangkat Android, yang disebut dengan RAR. Tidak seperti versi WinRAR di Windows yang berbayar atau shareware, versi Android disediakan sepenuhnya gratis untuk digunakan oleh para penggunanya.

RAR di Android memungkinkan pengguna untuk mengompres data file ke dalam format ZIP atau RAR. Selain itu, pengguna dapat mendekompresi file dalam format RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ.

RAR juga mendukung pilihan untuk memperbaiki file yang rusak dan pengguna dapat mengenkripsi dan mendekripsi file terkompresi. Waktu yang diperlukan untuk kompresi atau dekompresi akan bergantung pada kecepatan perangkat keras perangkat Anda.

Beberapa kelebihan format arsip RAR yaitu:

  • Merupakan format standar yang umum digunakan untuk kompresi dan lintas platform
  • File hasil kompresi bisa di ekstrak baik lewat PC atau laptop atau android
  • File arsip RAR hasil kompresi berukuran lebih kecil dari aslinya
  • Sangat mudah untuk menambahkan atau memperbarui file dalam berkas file RAR yang sudah ada
  • Kebanyakan distribusi file di internet menggunakan berkas arsip RAR.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, Anda bisa mengunduh aplikasi RAR di sistem Android secara gratis di Google Play atau melalui tautan yang telah Saya sediakan ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar&hl=in.

Tampilan Aplikasi RAR Di AndroidTampilan Aplikasi RAR Di Android

Membuat Berkas RAR Di Android

1. Jalankan aplikasi RAR di ponsel pintar Anda, kemudian tentukan direktori atau file yang ingin dikompresi.
2. Tap dan tahan file atau folder yang ingin Anda kompres, kemudian pilih Tambah ke [nama file atau folder] atau Tambah ke arsip…

Buat Berkas RARMembuat Berkas RAR

3. Tentukan jenis kompresi file yang di inginkan, bisa dalam bentuk RAR ataupun ZIP, maka file arsip RAR akan segera dibuat.

Tipe Buat Berkas RARTipe Buat Berkas RAR

3. Setelah berhasil diproses maka file berkas RAR telah selesai dibuat.

Buat Berkas RAR BerhasilMembuat Berkas RAR Berhasil

Mengekstraksi Berkas Arsip RAR

1. Jalankan aplikasi RAR di ponsel pintar, kemudian pilih salah satu berkas RAR yang ingin Anda Ekstrak isinya.

2. Tap dan tahan berkas RAR tersebut, kemudian pilih menu Ekstrak disini untuk mengekstrak berkas di direktori dimana berkas RAR tersebut berada, atau Anda bisa memilih Ekstrak Berkas… untuk memilih folder tertentu dari hasil ekstrak file di ponsel pintar Anda.

Ekstrak Berkas RAREkstrak Berkas RAR

Dengan segala kemudahan dan sudah menjadi standar aplikasi pembuat arsip berkas, aplikasi pengekstrak berkas seperti RAR sudah seharusnya terinstall di ponsel pintar Anda, terlebih lagi khususnya bagi Anda yang sering mengunduh file dari internet.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.