Organisasikan Koleksi Film Dengan Aplikasi Eric’s Movie Database

Antusias Teknologi | Organisasi Koleksi Film Dengan Aplikasi EMDB – Aplikasi Eric’s Movie Database (EMDb) merupakan solusi cepat dan sederhana bagi anda yang sedang membuat daftar film favorit, mencari, mengatur, mengelola koleksi film, serta memperbaharui media DVD, blueray, atau berbagai jenis media digital lainnya khususnya untuk film. Aplikasi ringan ini menawarkan banyak fitur yang dapat anda coba dan ekplorasi.

Menggunakan database Internet Movie Database (IMDB) sebagai pengumpulan sumber data, mencari dan mengambil informasi film. Hanya Dibutuhkan waktu sekitar 15 detik mulai dari mencari judul film di IDMb sampai menambahkannya ke dalam koleksi database.

Aplikasi Eric's Movie Database

Anda cukup mengetik nama atau judul film, kemudian klik konfirmasi, dan anda sudah mendapatkan standar informasi dari film seperti sinopsis, tahun rilis, negara asal, studio, sutradara, penghargaan, sertifikasi, composer musik, durasi, rating IMDB, aktor, skor dari metascore serta bahasa. Lamanya pengumpulan data informasi film dari IMDB bergantung pada koneksi internet anda.

Terdapat fungsi pencarian dalam berbagai kategori untuk mencari koleksi film dalam database, dan tombol untuk melacak koleksi film yang dimiliki sedang dipinjam oleh teman anda.

Tampilan Sinopsis Film

Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin menunjukkan daftar koleksi film favorit ke teman-teman anda tanpa harus terhubung ke internet, dan EMDb menjadi solusi cepat yang dapat menghemat waktu. Eric Movie Database merupakan aplikasi organisasi koleksi film gratis yang tersedia untuk Windows.

Sebelum melengkah lebih jauh lagi, pertama anda dapat mengunduh aplikasi EMDB gratis di alamat http://www.emdb.eu/.

Mengelola Daftar Koleksi Film Pada Aplikasi EMDB

Menambahkan Koleksi Film Ke Dalam Database Aplikasi EMDB

Setelah terinstall jalankan aplikasi EMDB, aturlah terlebih dulu bahasa menjadi Bahasa Indonesia melalui tombol Options > General > Language: pilih Bahasa Indonesia dari daftar pilihan bahasa yang tersedia, klik OK untuk merubahnya.

Menu Pengaturan Bahasa

Dari menu utama kemudian klik Tambah Manual untuk menambahkan daftar koleksi film ke dalam database, misalnya saya akan menambahkan film kong skull island klik Cari Di IMDB untuk mulai mencari judul film tersebut, aplikasi akan mulai mencari film dan jika ditemukan kecocokan film akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Menu Tambah Film

Menu Tambah Film2

Klik OK untuk menambahkannya ke dalam kolom informasi film, tunggulah sampai impor film selesai dilakukan.

Informasi film telah berhasil ditambahkan ke dalam masing-masing kolom informasi, namun belum masuk ke dalam database jika anda mengklik tombol Batal atau Hapus Semua Bidang, untuk menambahkannya ke dalam database klik OK atau Tambah Lanjutkan untuk menambahkan daftar film lainnya.

Menu Tambah Film3

Kini film Kong: Skull Island telah berhasil ditambahkan dalam database koleksi film anda.

Menu Tambah Film4

Menambahkan Koleksi Serial TV Ke Dalam Database Aplikasi EMDB

Tidak hanya film yang bisa ditambahkan ke dalam database, anda juga bisa menambahkan serial TV. Misalnya disini saya akan menambahkan serial tv The Pacific ke dalam database, caranya sama dengan menambahkan film, bedanya hanya terletak pada tambahan menu season dan episode yang akan diambil dari database website TVDB.

Tambah Serial TV

Tambah Serial TV2

Melakukan Backup Pada Database Koleksi Film Pada Aplikasi EMDB

Apabila suatu saat anda ingin memindahkan daftar koleksi film ke pc atau laptop baru atau hanya sekedar melakukan backup database koleksi film untuk berjaga-jaga, anda bisa melakukannya pada menu Pengaturan > Database.

Pengaturan Menu Backup Database

Caranya adalah dengan mengklik tombol Buat, kemudian tentukan folder penyimpanan dari database film yang akan dibackup, maka aplikasi EMDB akan melakukan tugasnya melakukan backup, dan jika selesai akan ada pemberitahuan informasi database film telah berhasil dibackup.

Pengaturan Menu Backup Database2

Pengaturan Menu Backup Database3

Pengaturan Menu Backup Database4

Anda bisa melihat hasil backup dengan membuka folder yang telah diatur sebelumnya.

Folder Hasil Backup Database

Selain itu anda juga dapat mengatur backup secara otomatis dengan memilih mulai dari harian, mingguan atau bulanan.

Menu Statistik Koleksi Film

Pada menu ini anda dapat melihat jumlah total film beserta kategorinya dalam persentase dan dalam bentuk grafik.

Menu Statistik Film

Dengan adanya aplikasi ini tentunya sangat membantu kita yang suka nonton film untuk mengelola daftar film favorit baik untuk diri sendiri atau diperlihatkan sebagai referensi ke teman-teman kita. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.