5 Aplikasi Freeware Untuk Memonitor Penggunaan Bandwith Internet Di Windows

Antusias Teknologi | 5 Aplikasi Freeware Untuk Memonitor Penggunaan Bandwith Internet Di Windows – Saat anda menggunakan internet baik di rumah ataupun kantor, selalu ada batas penggunaan bandwith pemakaian internet.

Namun saat sedang online, anda terkadang bisa lupa dengan alokasi penggunaan bandwith seperti menonton video di YouTube, mendownload file aplikasi atau game berukuran besar yang menghabiskan sebagian besar bandwith atau kuota internet.

Jaringan Internet

Beberapa website modern menggunakan elemen-elemen yang menghabiskan banyak bandwith seperti video, untuk itu anda harus memantau penggunaan bandwith internet.

Berikut ini adalah 5 aplikasi freeware untuk Windows yang dapat membantu anda dalam memantau penggunaan bandwith internet. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membatasi penggunaan bandwith dengan kuota internet yang terbatas.

5 Aplikasi Freeware Memonitor Penggunaan Bandwith Internet

1. NetBalancer

NetBalancer

NetBalancer merupakan aplikasi yang powerfull untuk memonitor dan mengontrol lalu lintas internet. Anda dapat memantau seluruh sistem termasuk adapter jaringan dan proses serta layanan sistem, sehingga anda dapat memantau koneksi jaringan LAN dan Wi-Fi secara bersamaan baik alamat protokol IPv4 dan IPv6.

Fitur yang menarik di aplikasi ini yaitu dapat mengkonfigurasi prioritas dan batas kecepatan untuk proses namun sayangnya fitur tersebut termasuk ke dalam fitur premium. Anda juga dapat menetapkan batas pengendalian lalu lintas bandwith dengan menggunakan versi yang tidak terdaftar.

Selain itu, anda dapat memeriksa kecepatan jaringan, kecepatan koneksi saat ini dan analisis lalu lintas secara rinci untuk semua aplikasi dan layanan di windows.

NetBalancer dibuat untuk kemudahan dan otomatisasi, dapat memuat pengaturan lalu lintas data serta prioritas dan batas dari jaringan. Fitur berguna lainnya adalah anda dapat mengelompokkan jaringan komputer lokal dan mensinkronisasi konfigurasi lalu lintas jaringan tersebut.

NetBalancer akan menunjukkan kecepatan grafik dalam ikon tray dan dalam jendela mini.

2. Net Guard

Net Guard

Net Guard dari Cucusoft merupakan aplikasi freeware tidak seperti NetBalancer yang menawarkan banyak fitur. Aplikasi mencakup pemantauan bandwidth dan fitur tracking yang dapat membantu anda dalam mengawasi sistem bandwidth jaringan.

Anda dapat dengan mudah menetapkan batasan jaringan global dan mengetahui setiap aplikasi yang menggunakan banyak bandwidth.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah laporan penggunaan bandwidth yang interaktif, menggunakan grafik untuk membantu anda dalam memahami penggunaan bandwidth dari setiap program dan layanan windows.

Selain itu, ada fitur lain seperti memprediksi penggunaan bandwidth yang memperkirakan jumlah bandwidth yang anda butuhkan dalam satu bulan. Aplikasi ini juga memiliki tes kecepatan yang akan menghitung kecepatan jaringan internet.

Fitur lainnya adalah notifikasi pemberitahuan penggunaan bandwith, fungsinya akan memberitahu saat penggunaan bandwidth hampir habis dan membantu anda untuk menghindari pengeluaran tambahan secara berlebihan.

Seperti NetBalancer, Net Guard juga memiliki tampian grafik mini di tray ikon yang menunjukkan penggunaan data jaringan secara real time.

3. Bandwidth Monitor

Bandwidth Monitor

Bandwidth Monitor dari Rokario adalah aplikasi gratis lainnya untuk penggunaan monitoring bandwidth. Bandwith menitor menawarkan sejumlah fitur untuk penggunaan internet sehari-hari.

Dapat melacak kecepatan jaringan dan penggunaan bandwidth seperti 2 aplikasi diatas, akan tetapi kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat melacak proses atau layanan windows.

Bandwidth Monitor berukuran sangat ringan sehingga tidak menggunakan banyak kapasitas penyimpanan harddisk, aplikasi ini akan membuat log penggunaan bandwidth dengan dukungan beberapa adapter jaringan atau koneksi.

Terdapat mini windows yang dapat anda ubah, yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Misalnya anda dapat menyertakan teks atau grafik preferensi untuk melihat penggunaan jaringan.

Fitur menarik lainnya adalah fitur notifikasi yang memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana akan menerima notifikasi, misalnya anda dapat meminta untuk mendapatkan pemberitahuan saat penggunaan bandwidth berkisar 90% dari total telah digunakan.

Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia pada versi profesional.

4. NetTraffic

NetTraffic

NetTraffic merupakan aplikasi sederhana dalam daftar ini. Memiliki fitur untuk melacak data bandwidth pada beberapa adapter jaringan atau koneksi seperti koneksi LAN dan Wi-Fi. Aplikasi NetTraffic tidak melacak pengguna, aplikasi dan layanan, hanya bisa melacak penggunaan bandwidth pada sistem.

Tab statistik berisi rincian penggunaan bandwidth dalam bentuk grafis menunjukkan penggunaan data internet harian, bulanan dan tahunan. Sedangkan tab pada bagian rincian berisi penggunaan bandwith secara mendetail perkiraan kuota bandwidth yang anda gunakan dalam hari, bulan dan tahun.

NetTraffic bisa anda kustomisasi serta dapat menyesuaikan tampilan secara real time untuk menunjukkan rincian yang dibutuhkan, seperti aplikasi Bandwidth Monitor. Anda dapat mengubah warna, skala, jenis bagan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ikon yang terdapat di area notifikasi akan menjelaskan aktivitas jaringan serta aktifitas download dan upload saat ini.

5. NetworkUsageView

NetworkUsageView

NetworkUsageView, juga termasuk ke dalam aplikasi monitoring penggunaan jaringan. Karena Windows tidak mengumpulkan data penggunaan bandwidth pada versi yang lama, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada Windows 8 dan diatasnya. Aplikasi akan menunjukkan informasi penggunaan bandwidth yang diperlukan.

NetworkUsageView bisa anda coba karena ukurannya yang ringan. Isi dalam aplikasi menunjukkan informasi yang lengkap penggunaan bandwidth termasuk aplikasi dan layanan.

Anda dapat melihat setiap aktivitas penggunaan jaringan dan memutuskan langkah selanjutnya bila ditemukan aplikasi yang menggunakan banyak bandwith.

Menariknya, NetworkUsageView akan menunjukkan pengguna dan adapter jaringan ke dalam suatu catatan/record, sehingga dapat membantu anda untuk melacak pengguna yang terlalu banyak menggunakan bandwidth pada lingkungan banyak pengguna, termasuk penggunaan bandwidth pada remote komputer.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengekspor data penggunaan bandwidth kedalam format file CSV.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.