12 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Windows

Antusias Teknologi | Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Windows – Serangan virus komputer dapat mengakses informasi finansial atau mengganggu kinerja dari komputer anda. Sekarang anda membutuhkan aplikasi antivirus terbaik yang wajib ada pada komputer, dan kabar baiknya adalah beberapa dari aplikasi tersebut sepenuhnya gratis.

Antivirus

Kebanyakan dari perusahaan pembuat aplikasi antivirus menawarkan versi gratis bagi pengguna rumahan. Contohnya adalah Avast Free Antivirus, Avira Antivirus, AVG Anti-Virus Free, dan Microsoft Security Essentials (MSE), akan tetapi untuk lebih memastikan pilihan anda telah sesuai dengan kebutuhan bisa melihatnya melalui daftar aplikasi di bawah untuk menemukan aplikasi antivirus terbaik.

Daftar antivirus dibawah tidak menyertakan aplikasi dalam bantuk uji coba, demo atau berbayar, dan sepenuhnya gratis untuk digunakan.

12 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Windows

1. Adaware Antivirus Free

Adaware Antivirus Free

Aplikasi Lavasoft’s Adaware Antivirus free berbeda dengan “Ad-Aware”, anda mungkin sudah pernah mendengarnya. Aplikasi ini merupakan antivirus gratis, selalu aktif untuk melindungi anda dari serangan virus dan malware.

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu tidak tersedianya dukungan pemindaian untuk email. Namun, apabila anda menyukai produk gratis dari perusahaan Lavasoft, Adaware Antivirus Free adalah pilihan yang bisa anda coba.

AdAware Antivirus Free mendukung sistem operasi Windows 10, 8, 7, Vista dan XP.

2. Amiti Antivirus

Amiti Antivirus merupakan aplikasi antivirus gratis yang memiliki pemindaian secara realtime dan mendukung 4 jenis scan yang berbeda, salah satunya dapat memeriksa virus yang sedang berjalan pada memori.

Amiti Antivirus sangat mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Semua pengaturan dan pilihan menu terletak pada sisi kiri aplikasi sehingga dapat dengan mudah untuk dieksplorasi.

Dalam aplikasi Amiti Antivirus terdapat tool yang dapat digunakan untuk membersihkan sistem dan file browser untuk memperbesar ruang hard disk.

Amiti Antivirus dapat digunakan pada Windows 10, 8, 7, Vista dan XP.

3. Avast! Free Antivirus

Avast Free Antivirus

Avast! Free Antivirus sangat layak untuk berada dalam daftar aplikasi antivirus gratis. Avast! Free Antivirus sepenuhnya berfungsi sebagai antivirus dan antispyware yang dapat melindungi PC anda dari ancaman berbahaya di internet, file, dan email.

Salah satu alasan mengapa avast! Free Antivirus termasuk ke dalam aplikasi antivirus gratis terbaik yaitu memiliki “Heuristics Engine” yang dapat mendeteksi virus yang tidak pernah diketahui sebelumnya serta malware berbahaya lainnya.

Alasan lainnya karena perusahaan AVAST telah membuat produk antivirus dari sejak tahun 1988 dan sering direkomendasikan sebagai produk antivirus paling banyak diinstall.

Avast! Free Antivirus mendukung sistem operasi Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

4. AVG AntiVirus Free

AVG AntiVirus Free

AntiVirus gratis dari AVG ini merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik yang tersedia dan merupakan salah satu pilihan favorit bagi pengguna.

AVG AntiVirus Free adalah aplikasi antivirus sekaligus berfungsi sebagai antispyware, termasuk fungsi pemindaian, link scanner, pilihan penjadwalan scan secara berkala, pembaruan otomatis, dan banyak lagi fungsi lainnya. Anda tidak perlu membeli untuk menggunakan aplikasi antivirus ini, cukup dengan mengunduh dan menginstallnya.

Banyaknya fitur premium yang digratiskan serta frekuensi update rutin membuat AVG Antivirus bisa menjadi salah satu pilihan dari aplikasi antivirus terbaik saat ini.

AVG AntiVirus Free bekerja pada Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

5. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus dapat melindungi anda dari serangan virus, Trojan, worm, spyware, adware, dan berbagai jenis malware lainnya, sehingga menjadi aplikasi antivirus dengan banyak fungsi dan merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik.

Satu-satunya kekurangan dari Avira Free Antivirus adalah konfigurasi yang harus anda selesaikan setelah selesai tahapan instalasi yang mungkin akan merepotkan apabila anda seorang pemula dalam komputer.

Antivirus gratis dari Avira ini bisa digunakan untuk Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Avira juga dapat digunakan pada komputer Mac dan Linux.

6. Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edition

BitDefender Antivirus Free Edition sangat mudah untuk dikonfigurasi, dan hanya menggunakan sedikit dari sumber daya sistem sehingga tidak akan memperlambat kinerja komputer anda, serta tidak secara terus-menerus menyarankan anda untuk melakukan upgrade ke versi premium/berbayar.

Kesederhanaan dari Bitdefender Antivirus Free Edition baik selama instalasi dan penggunaan, membuatnya masuk menjadi salah satu dari aplikasi antivirus gratis terbaik.

Antivirus edisi gratis dari Bitdefender telah sepenuhnya mendukung Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

7. Comodo Antivirus

Comodo Antivirus

Comodo Antivirus dari Solusi Keamanan Comodo merupakan pilihan aplikasi antivirus lainnya, salah satu yang terbaik dari antivirus gratis terbaik. Comodo Antivirus dapat melindungi anda dari beberapa sumber ancaman yang berbahaya sama seperti sebagian besar aplikasi antivirus gratis lainnya dalam artikel ini.

Comodo Antivirus memiliki peringkat sebagai antivirus gratis terbaik karena memiliki fitur teknologi perlindungan realtime secara default, menganggap file yang tidak diketahui sebagai ancaman untuk alasan keamanan.

Mungkin fitur tersebut nantinya akan menyebabkan beberapa masalah yang muncul tetapi Comodo Antivirus memanfaatkan beberapa teknologi lainnya untuk membuat seluruh proses secara diam-diam dan sangat efektif.

Comodo Antivirus mendukung Windows 10, Windows 8, Windows 7 dan Windows Vista.

8. FortiClient

FortiClient

FortiClient merupakan antivirus, penyaring halaman website, firewall, kontrol bagi orangtua untuk anak, optimasi, dan beberapa fungsi lain untuk kebutuhan penggunaan bisnis. Lebih tepatnya aplikasi ini bisa disebut sebagai aplikasi manajemen ancaman multi fungsi.

FortiClient sangat mudah untuk dikonfigurasi dan secara otomatis akan mengupdate file definisi virus, anda bisa mengatur agar sistem akan di pindai sekali dalam seminggu.

FortiClient mendukung Windows XP dan sistem operasi Windows yang lebih baru, seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7 dan Windows Vista. Juga dapat dijalankan pada macOS, Chromebook dan perangkat mobile.

9. Immunet

Immunet

Immunet melindungi komputer anda dari serangan bot, worm, virus, trojans, keylogger, dan spyware. Immunet merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik dengan beberapa alasan yaitu anda tidak perlu repot mengupdate-nya.

Serta memiliki dukungan berbasis telepon secara gratis dan dapat dijalankan bersamaan dengan beberapa aplikasi antivirus terbaik dalam artikel ini, yang pada akhirnya akan meningkatkan perlindungan dan keamanan bagi komputer.

Immunet dapat dijalankan mulai dari Windows XP sampai Windows 10.

10. Microsoft Security Essentials (MSE)

Microsoft Security Essentials (MSE)

Security Essentials dari Microsoft termasuk salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik yang tersedia saat ini. Microsoft masih terbilang baru dalam produk antivirus namun anda tidak perlu khawatir karena sudah teruji.

Security Essentials merupakan aplikasi antivirus yang memiliki banyak keunggulan sehingga dapat melindungi anda dari semua jenis serangan virus dan malware, update secara otomatis serta mudah digunakan.

Dua alasan terbesar Microsoft Security Essentials masuk dalam daftar aplikasi antivirus gratis terbaik karena tersedia secara langsung dari Microsoft dan juga sangat mudah untuk melihat apakah komputer anda telah aman dari ancaman hama digital.

Apabila ikon berwarna hijau, maka sistem komputer anda berarti aman dan sebaliknya jika berwarna merah, ada sesuatu yang perlu di benahi.

Microsoft Security Essentials mendukung Windows 7 dan Windows Vista. Perlindungan anti-malware di MSE adalah bagian dari Windows Defender yang terintegrasi pada Windows 8 dan 10, sementara untuk Windows XP tidak lagi mendapat dukungan.

11. Panda Dome

Panda Dome

Panda Dome yang sebelumnya dikenal sebagai Panda Antivirus dapat melindungi komputer anda dari beberapa jenis ancaman malware, virus, worm, trojan, adware, sama seperti semua aplikasi antivirus gratis lainnya dalam artikel ini.

Yang membuat Panda Dome menjadi salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik adalah bisa melakukan pekerjaan dari “Cloud/Awan” yang artinya kebanyakan antivirus biasanya memperlambat komputer, tapi tidak dengan aplikasi antivirus ini sehingga membantu meringankan kinerja komputer anda dan melindungi dari serangan malware yang lebih baik.

Panda Dome mendukung Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

12. ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall merupakan kombinasi dari antivirus dan firewall. Check Point Software, pembuat aplikasi ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall, telah sejak lama berada dalam bisnis penjualan aplikasi firewall. Mereka membuat aplikasi keamanan terbaik salah satunya adalah ZoneAlarm.

Mungkin performa dari antivirus tidak ada yang spesial, namun dengan antivirus dan firewall yang terintegrasi memiliki banyak manfaat dan kelebihan.

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall bisa digunakan pada semua versi terbaru dari Windows.

Aplikasi Antivirus Terbaik Dari Yang Terbaik

Seperti yang telah anda ketahui dari daftar aplikasi antivirus di atas, ada beberapa pilihan antivirus gratis yang bisa anda pilih, akan tetapi mana dari aplikasi tersebut yang terbaik untuk mencegah komputer menjadi target serangan virus dan malware.

Beruntungnya, perusahaan bernama AV-TEST bisa menjadi acuan referensi yang secara independen telah meneliti sejumlah aplikasi antivirus gratis dan berbayar beserta dengan peringkatnya untuk perlindungan, kinerja, serta kegunaan-nya.

Anda bisa melihat laporan tesnya dengan lebih rinci untuk melihat daftar peringkat antivirus terbaik. Pembuat antivirus secara teratur memperbarui aplikasi mereka sehingga AV-TEST menerbitkan hasil tes yang telah diperbarui dalam setiap bulannya dalam jumlah banyak.

Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.