6 Aplikasi Monitoring Temperatur Prosesor Terbaik Di Windows

Antusias Teknologi | Aplikasi Monitoring Temperatur Prosesor Terbaik Di Windows – Kebanyakan pengguna PC atau laptop belum menyadari betapa pentingnya memantau prosesor merupakan salah satu aspek yang penting. Pemantauan tersebut begitu banyak manfaatnya apabila kita melihat dalam waktu jangka panjang.

Salah satu manfaat-nya yaitu membuat PC atau laptop agar tetap bekerja secara optimal sebagaimana yang diharapkan serta menghindari dan meminimalisir kerusakan prosesor akibat panas berlebihan yang biasa terjadi.

Prosesor

Ada beberapa faktor yang perlu dilakukan pemantauan apabila kita ingin menginginkan laporan yang akurat dari kesehatan dan suhu prosesor. Beberapa faktor tersebut diantaranya seperti beban prosesor, kecepatan clock dan suhu, kecepatan kipas, tegangan, serta penggunaan memori/RAM.

Pada artikel ini, akan dirangkum beberapa aplikasi pemantau prosesor terbaik untuk sistem operasi Windows.

6 Aplikasi Monitoring Temperatur Prosesor Terbaik Di Windows

1. HWMonitor

HWMonitor

HWMonitor merupakan aplikasi yang sangat ringan, mudah, dan sederhana untuk menampilkan kinerja komputer anda. Aplikasi ini akan menampilkan statistik seperti suhu sistem, kecepatan kipas dan tegangan.

HWMonitor dikembangkan oleh CPUID, pembuat aplikasi CPU-Z dan PC Wizard. Oleh karenanya aplikasi tersebut sangat terpercaya dan aman digunakan. Aplikasi ini mengutamakan kesederhanaan.

Daftar sensor beserta hasil terdapat dalam satu jendela, dan dibagi menjadi beberapa bagian untuk kemudahan memahami tampilan tata letaknya, mirip dengan Device Manager yang ada pada Windows.

Apabila menginginkan-nya, anda juga dapat memeriksa suhu dan tegangan dari motherboard, suhu serta tegangan prosesor dan GPU. Selain itu, tiga nilai dari masing-masing komponen akan ditampilkan yaitu nilai saat ini, nilai minimum dan maksimum.

Alasan mengapa menempatkan aplikasi ini berada teratas adalah karena performa dan memiliki fitur yang banyak, serta gratis untuk digunakan.

Akan tetapi, kekurangan dari HWMonitor adalah tidak tersedianya beberapa fitur seperti kemampuan untuk menyimpan hasil pemantauan atau SMBus data ke dalam file teks, atau kemampuan untuk mengontrol kecepatan kipas dan pengaturan peringatan alarm.

Selain itu, jika anda hanya menginginkan aplikasi untuk memantau suhu prosesor secara cepat dan mudah, HWMonitor bisa menjadi salah satu pilihan.

2. AIDA64 Extreme

AIDA64 Extreme

AIDA64 Extreme merupakan salah satu tool analisa dan benchmark sistem. Terdapat beberapa fitur unggulan untuk pemantauan prosesor. Anda juga dapat memeriksa kinerja RAM dan GPU.

Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang mudah dipahami bahkan untuk pengguna biasa. Beberapa fitur dari AIDA64 Extreme adalah dapat melihat indikator aktivitas komponen prosesor, dan dapat melakukan tes pada semua komponen dalam berbagai kombinasi.

Satu-satunya kelemahan AIDA64 Extreme yaitu anda harus membeli untuk dapat menggunakan versi lengkap-nya. Walaupun begitu, anda dapat mencoba versi gratis terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi ini.

3. Rainmeter

Rainmeter

Rainmeter tidak hanya berfungsi sebagai pemantau suhu prosesor, bahkan lebih dari itu dikarenakan fleksibilitas yang dimiliki oleh aplikasi ini. Pada dasarnya, aplikasi Rainmeter merupakan tool gratis untuk menyesuaikan layar desktop.

Setelah terinstall Rainmeter akan menampilkan berbagai jenis data pada desktop seperti waktu, tanggal, cuaca, penggunaan prosesor dan RAM, suhu, penggunaan hard disk, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini yaitu adanya skin yang bisa diganti, skin dapat diunduh dari internet. Skin memiliki beberapa bagian informasi yang mungkin bisa berguna bagi anda. Saat selesai menginstall Rainmeter, hanya tersedia skin standar yang hanya menunjukkan penggunaan CPU dan RAM.

Selain itu, anda dapat mengeksplorasi fitur-fitur lainnya dan mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan dengan mengunduh skin tambahan. Beberapa website di mana anda dapat menemukan skin diantaranya yaitu DeviantArt, Customize.org, dan Rainmeter subreddit.

Setelah mengunduh skin (berupa file dengan ekstensi .rmskin), cukup dengan melakukan klik ganda untuk menginstall dan mengaktifkan. Anda bahkan dapat memilih fitur yang ingin ditampilkan pada desktop.

4. Real Temp

Real Temp

Real Temp merupakan aplikasi pemantauan suhu prosesor gratis yang dikembangkan khususnya untuk prosesor Intel. Apabila komputer anda menjalankan beberapa prosesor sekaligus, anda harus mencari pilihan aplikasi lainnya yang dijelaskan dalam artikel ini.

Real Temp telah sepenuhnya kompatibel dengan prosesor Intel, mulai dari single core, dual core, quad core, i5, dan i7. Real Temp akan menampilkan suhu prosesor secara real time. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan nilai minimum dan maksimum suhu prosesor saat pertama kali menghidupkan komputer.

Aplikasi ini juga memiliki fitur pengaturan alarm untuk suhu yang tinggi, sehingga menghilangkan risiko panas berlebihan. Real Temp termasuk ke dalam aplikasi portable sehingga anda tidak perlu menginstallnya, cukup dengan menjalankan-nya dan anda sudah mulai bisa melakukan pemantauan prosesor.

Karena kesederhanaan dan fitur aplikasi Real Temp mendapat tempat dalam daftar 6 aplikasi monitoring suhu prosesor terbaik.

5. Speedfan

Speedfan

SpeedFan adalah aplikasi yang paling populer dalam daftar pemantau suhu prosesor pada Windows. Aplikasi ini umurnya bahkan lebih lama daripada Windows XP.

SpeedFan menjadi salah satu yang paling dapat diandalkan untuk mengukur suhu prosesor. Bersamaan dengan kemampuan-nya untuk memantau suhu prosesor, kecepatan kipas dan tegangan, anda juga dapat mengontrol kecepatan kipas, misalnya berjalan terlalu lambat atau bising.

Anda juga dapat mengatur peringatan apabila suhu prosesor terlalu tinggi, atau mengirimkan laporan peringatan melalui pesan email.

6. CPU Thermometer

CPU Thermometer

Apabila anda suka dengan tampilan yang minimalis, anda mungkin akan menyukai aplikasi CPU Thermometer. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, menunjukkan suhu dan beban prosesor saat ini. Walaupun tidak memiliki banyak fitur namun sangat baik untuk melakukan pemantauan mendasar, seperti mengukur suhu prosesor.

Satu-satunya pilihan kustomisasi adalah kemampuan untuk mengubah nilai metrik antara Celsius dan Fahrenheit.

CPU Thermometer akan menampilkan suhu prosesor saat ini sebagai ikon tray yang di ada pada taskbar.

Pemantauan prosesor terutama suhu sangat penting dilakukan guna menghindari dan meminimaisir hal-hal yang tidak diinginkan. Daftar diatas adalah aplikasi pemantau suhu terbaik untuk Windows. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.